Outlook Teknikal Emas: Kembali Lanjutkan Kerugian Di Awal Pekan

280695

Pergerakan yang dihasilkan pada Jumat kemarin membuat logam kuning semakin merugi dan menetap pada jalur merah mingguannya, sehingga bias hari ini masih bearish.

Advertisement

iklan

FirewoodFX

iklan

General Overview

Harga emas kembali menurun pada hari Jumat kemarin seiring dengan kelanjutan aksi sell-off di saat penguatan dolar, karena berita bahwa Senat AS yang dikendalikan oleh Partai Republik telah mengeluarkan cetak biru anggaran. Dengan demikian, logam tersebut mengalami kinerja mingguan terburuknya dalam sebulan terakhir.

Harga emas pada hari Jumat berakhir di level terendah dua minggu, dengan kerugian mingguan terburuk sebanyak 1.9% dalam waktu sekitar satu bulan. Penguatan dalam dolar AS dan ekuitas, setelah persetujuan Senat mengenai proposal anggaran untuk tahun fiskal berikutnya, memberikan tekanan pada harga logam mulia yang berdenominasi dolar.

Sementara itu, performa indeks AS yang menjadi tolok ukur greenback dan menjadi penentu pergerakan logam mulia emas yang dinilai dengan dollar, naik pada hari Jumat untuk ditutup pada rekor tinggi setelah Senat mengadopsi anggaran federal untuk tahun depan, sebuah langkah kunci dalam perjalanan menuju pemotongan pajak.

Dow Jones Industrial Average menguat 164 poin ke level 23,326, dan naik 2.0% untuk minggu ini. Nasdaq Composite Index bertambah 24 poin di level 6,629. S & P 500 ditutup 13 poin lebih tinggi di level 2,575, naik 0.9% untuk minggu ini.

Dow dan S&P 500 menjalani kenaikan mingguan keenam mereka berturut-turut, sementara Nasdaq membukukan kenaikan mingguan keempat beruntun. Ini merupakan rentetan terpanjang dari kenaikan mingguan untuk Dow sejak rally tujuh pekan mereka yang berakhir pada bulan Desember silam.

XAU Daily

Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga emas pada saat analisa ini ditulis sedang berada di area 1275. Pergerakan yang dihasilkan pada Jumat kemarin membuat logam kuning semakin merugi dan menetap pada jalur merah mingguannya.

XAU H1

Hingga saat ini, harga sedang berada di dekat level support 1274.72. Kemungkinan untuk logam kuning ini mempenetrasi level ini sangatlah kuat, mengingat dari segi keadaan global yang cenderung memiliki sentimen negatif untuk pair XAU/USD dan dari sisi teknikal yang juga menunjukkan pelemahan.

Oleh karena itu, melihat peluang yang ada maka skenario yang dapat dijadikan acuan trade untuk hari ini adalah SELL.

Adapun skenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry point adalah sebagai berikut:

  1. Perhatikan harga saat ini pada area 1275 yang sedang berdekatan dengan level support 1274.72. Peluang Sell berikutnya dapat dicoba pada sekitar level support tersebut. Sehingga untuk eksekusi Sell, sebaiknya tunggu harga telah berada di bawah level 1274.72 dan terkonfirmasi. Oleh karena itu, posisi Sell dapat dibuka setelah level tersebut dilalui dengan diiringi konfirmasi dari indikator teknikal dan price action yang ada. Jika breakout ini valid dan terkonfirmasi, maka sejatinya pair ini akan menguji level selanjutnya pada 1267.83. Stop Lloss dapat diletakkan di atas swing high terdekat.
  2. Sebagai rencana alternatif, perhatikan juga level resisten pada 1277.88. Jika ternyata terdapat dorongan hingga ke atas level tersebut, maka ada indikasi bahwa logam ini akan menguji kembali level resisten sebelumnya dan menunjukkan rebound tipis. Jika buyer mampu mendorong kembali sehingga level ini tertembus dan terkonfirmasi sehingga membuat logam ini naik, maka posisi Buy dapat dibuka. Dengan kata lain, posisi Buy bisa dibuka demi mengikuti koreksi sesaat pasca mendapat konfirmasi breakout level 1277.88. Stop Loss dapat diletakkan di bawah swing low terdekat dengan Take Profit pendek dapat diletakkan pada level 1283.24.

Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3 : 1300
R2 : 1294.87
R1 : 1288
Pivot : 1283.24
S1 : 1277.88
S2 : 1274.72
S3 : 1267.83

*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal.

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.