Outlook Teknikal Emas: Kembali Terdorong Oleh Ketegangan Geopolitik

280510

Komentar Trump dikhawatirkan akan membuat ketegangan antara Korea Utara dan Amerika Serikat semakin memburuk dan memicu konflik lebih lanjut.

acy

iklan

FirewoodFX

iklan

General Overview

Logam mulia emas merangkak naik kembali pasca NFP Jumat lalu dan terus bergerak naik secara perlahan pada perdagangan Senin kemarin. Logam kuning ini naik pada perdagangan Senin kemarin selain disebabkan oleh buruknya data payroll AS tapi juga karena para investor kembali mencari aset safe haven.

Kembali diliriknya emas sebagai aset safe haven oleh para investor disebabkan karena kembali memanasnya ketegangan geopolitik antara Korea Utara dan Amerika Serikat. Selain itu, dolar AS yang lebih lemah juga membantu memicu permintaan emas.

Para investor mencermati komentar presiden Donald Trump pada pekan lalu. Presiden yang aktif di media sosial Twitter itu menyebutkan bahwa upaya yang sudah dilakukan selama bertahun-tahun dalam menuntaskan kesepakatan dengan Korea Utara mengenai nuklirnya telah terbukti sia-sia, dan "hanya ada satu hal yang bisa dilakukan" kepada negara komunis itu.

Komentar tersebut dikhawatirkan akan membuat ketegangan antara Korea Utara dan Amerika Serikat semakin memburuk dan memicu kekhawatiran lebih lanjut.

Sementara itu, dalam sebuah pidato pada Komite Sentral Korea Utara, pemimpin negara Kim Jong Un merujuk pada program senjata nuklirnya sebagai "pedang berharga" yang melindungi kemerdekaan negara tersebut, media pemerintah melaporkan. Komentar tersebut dilaporkan dibuat beberapa jam sebelum ucapan Trump di Twitter pada hari Sabtu terkait Korea Utara.

XAUUSD Daily

Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga emas pada saat analisa ini ditulis sedang berada di area 1282. Meskipun sempat menguat hingga mempenetrasi level 1281.15, namun logam ini masih berada pada jalur merah mingguannya.

XAUUSD H1

Faktor pendorong naik harga emas yang terjadi kemarin adalah karena lemahnya dollar sesaat dan juga karena kembali memanasnya ketegangan geopolitik saat ini. Namun dalam kaleidoskop yang luas, emas masih berhadapan dengan prospek kenaikan suku bunga The Fed yang tentu akan berdampak buruk pada logam haven ini.

Sehingga dengan demikian, terdapat bias ganda untuk saat ini yang menyebabkan logam kuning ini belum mampu bergerak naik lebih jauh dan juga belum siap untuk dapat melanjutkan pergerakan turunnya. Hal ini terlihat pada grafik perjam-an yang terjadi kemarin. Meskipun level 1281.15 berhasil dipenetrasi, namun upaya penetrasi tersebut tidaklah cukup kuat sehingga membentuk pola acak di sekitar area 1281. Dengan demikian, logam ini masih memungkinkan untuk kembali menguji level tersebut. Oleh karena itu, sebelum adanya sinyal dan pergerakan yang jelas maka bias hari ini adalah NETRAL.

Namun, ada beberapa skenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry point adalah sebagai berikut.

  1. Skenario utama hari ini adalah masih mencoba posisi Buy. Berada di atas level penting 1281.15 menjadikan logam ini bersentimen beli untuk bias intraday. Untuk beberapa saat kedepan mungkin akan terjadi pergerakan acak atau sideways. Oleh karena itu, perhatikan level resisten 1289.32 yang akan dijadikan entry point kali ini. Jika level tersebut mampu ditembus dan terkonfirmasi, maka posisi Buy dapat dibuka dengan aman. Tunggu level tersebut terbuka terlebih dahulu agar terhindar dari market sideways (ranging) yang cenderung menghasilkan false signal. Oleh karena itu, posisi Buy dapat dibuka setelah menerima konfirmasi dan validitas dari skenario ini. Jika breakout ini valid dan terkonfirmasi, maka sejatinya pair ini akan terus naik menguji level 1294.87. Stop Loss dapat diletakkan di bawah swing low terdekat.
  2. Sebagai alternatif, waspadai jika level 1281.15 yang justru tertembus. Pasalnya, logam ini kini sedang berusaha menguji level tersebut. Dan jika seller mampu menekan kembali sehingga level ini tertembus dan terkonfirmasi, maka logam ini akan kembali tertekan. Jika level ini terbuka, maka posisi Sell dapat dibuka dengan target pendek hingga 1274.72. Dengan kata lain, posisi Sell hanya dapat dibuka di bawah level 1281.15. Stop Loss dapat diletakkan di atas swing high terdekat.

Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3 : 1300
R2 : 1294.87
R1 : 1289.32
Pivot : 1281.15
S1 : 1274.72
S2 : 1267.83
S3 : 1263.14

*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. 

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.


Yopie Andreas
Mantap bos.. Skenario Buy kemarin yg dihold sampai skrg dan skenario hari ini Buy, dua posisi hit TP semua.. Panen boss