Outlook Teknikal Emas Masih Stabil Di Atas Level 1300

280081

Pada saat analisa ini ditulis, harga emas sempat turun ke level support 1304-an. Namun secara global, pair XAU/USD sedang dalam kondisi kuat beli selama level kunci 1300 masih terjaga.

Advertisement

iklan

FirewoodFX

iklan

General Overview

Emas masih optimis untuk tetap bertahan di atas level 1300. Pasalnya, belum ada factor yang dapat menekan harga emas saat ini. Yang ada justru faktor yang dapat mendongkrak emas lebih tinggi lagi. Hubungan antara Korea Utara dan Amerika, misalnya. Belum juga reda pertikaian antara kedua Negara ini, Korea Utara lagi-lagi membuat ulah yang menggegerkan dunia internasional dan pasar modal, saham, dan komoditi.

Peluncuran rudal yang melintas di wilayah udara Jepang yang dilakukan Korea Utara membuat indeks S&P 500 berada di jalur merah. Sementara itu, aset save haven seperti emas justru membukukan kenaikan yang pesat sepanjang tahun ini. Harga logam mulia ini semakin meningkat seiring investor dan pelaku pasar beralih ke asset haven karena merespon peluncuran nuklir yang dilakukan Korea Utara, sehingga membuat ketegangan di kawasan tersebut.

Saham AS juga tergelincir seiring respon atas memanasnya hubungan geo-politik tersebut, disamping badai Harvey melanda kilang minyak. Pergerakan emas yang memukau ini sebelumnya juga terdorong oleh kondisi hubungan antara Amerika dan Korea Utara yang memanas, kondisi internal politik Donald Trump, dan juga statement Janet Yellen pada symposium Jackson Hole pekan lalu yang ternyata tidak memberikan petunjuk mengenai kebijakan keuangan dari The Fed.

Secara keseluruhan, emas masih dalam keadaan yang solid untuk tetap dapat terus bersinar. Baik didukung dari segi teknikal maupun keadaan geo-politik gobal, logam ini belum menemukan faktor-faktor yang dapat membuat emas memudar. Bahkan para analis berani memperkirakan bahwa logam kuning ini mampu ke level 1375 di tahun ini, selama level 1300 dapat terjaga dengan baik.

XAUUSD Weekly

 

Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga emas sedang koreksi. Pada saat analisa ini ditulis, harga di kisaran 1309 sempat turun ke level support 1304-an. Namun secara global, pair XAU/USD sedang dalam kondisi kuat beli selama level kunci 1300 masih terjaga.

XAUUSD H1

Pergerakan korektif sementara ini juga disebabkan oleh tingginya kepercayaan konsumen AS. Maka sewajarnya bila terjadi koreksi, selain dikarenakan fundamental AS yang bersifat sementara, juga pasca penetrasi yang cukup tinggi yang telah dicapai pada perdagangan Senin kemarin. Oleh karena itu, melihat kondisi global dan peluang yang ada, maka keputusan yang dapat diambil untuk trade kali ini adalah BUY.

Beberapa skenario dan acuan yang dapat digunakan sebagai entry point adalah sebagai berikut.

  1. Perhatikan harga saat ini kisaran 1309. Perhatikan level 1315.86 yang menjadi acuan entry kali ini. Jika logam ini kembali naik melewati level tersebut dan terkonfirmasi, maka posisi Buy dapat dibuka dengan target hingga 1325.87. Dengan melewati level tersebut, maka logam ini akan mencari resisten selanjutnya sebagai pemberhentian berikutnya. Level stop dapat diletakkan beberapa poin di bawah swing low terdekat.
  2. Jika ternyata logam ini turun hingga 1304.43, maka posisi Buy masih dapat dibuka namun dengan persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Perhatikan level area sekitar 1304.43! Jika harga berada dekat dengan level tersebut dan tertahan di sana sehingga tidak mampu mempenetrasi lebih jauh lagi, maka posisi Buy dapat diambil ketika harga terpantul keatas kembali dari level 1304.43. Pastikan bila harga benar-benar tidak mampu menembus level tersebut. Penggunaan indikator teknikal dapat membantu mengkonfirmasi validitas dari skenario ini. Jika skenario ini valid, maka emas akan terpantul ke atas kembali, setidaknya ke level 1315.86. Penempatan stop dapat dilakukan di area sekitar 1300 atau untuk anda yang mencari posisi aman dengan mempertimbangkan risk/reward minimal 1:1, maka stop juga bisa diletakkan di area 1296.03.
  3. Namun, waspadai jika terjadi pergerakan ekstrim. Waspada jika level 1300 pecah! Jika logam ini mendapat tekanan sehingga membuat level 1300 tertembus dan terkonfirmasi sehingga stabil bergerak di bawah level tersebut, maka anda dapat beralih posisi menjadi Sell. Sell Area yang berlaku hanya di bawah level 1300. Pasalnya jika melewati level tersebut, maka logam ini akan terkoreksi lebih dalam lagi hingga 1296.03 atau bahkan lebih. Stop bisa diletakkan di atas swing high terdekat.

Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3 : 1344.83
R2 : 1334.46
R1 : 1325.87
Pivot : 1315.86
S1 : 1304.43
S2 : 1296.03
S3 : 1287.96

*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. 

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.


Rois
Tks Mr. Erik Tri Cahyo sgt membantu ulasan ini untuk open di xauusd