OctaFx

iklan

Sentimen Politik Eropa Dongkrak Kembali Harga Emas

281640

Emas didorong naik oleh sentimen politik Eropa, sehingga menguat sampai menembus Resisten Area 1281.

FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

General Overview

Harga emas kembali mencatatkan kenaikan pada hari Selasa kemarin hingga 1284 pasca libur Natal. Emas memperpanjang kenaikan dua minggunya seiring investor menimbang kekhawatiran dan sentimen politik di Eropa terkait dengan hasil pemilihan Catalan. Di samping itu Indeks Dollar juga sedang bertahan dengan penurunan dalam dua pekan terakhir.

Akhir pekan Natal yang panjang telah memperpendek waktu perdagangan, dan volume mungkin tetap rendah karena banyak pelaku pasar dan trader yang lebih memilih tidak memasuki pasar menjelang tahun baru.

Sementara itu dari tinjauan teknikal, seperti yang tampak dari grafik harian berikut, emas kini telah melewati dua resisten sebelumnya (kini support). Indikator teknikal RSI dan OsMA juga menunjukkan pembacaan Bullish yang mulai menguat, sementara harga telah bergerak di atas garis tengah Bollinger Band yang mengkonfirmasi keadaan Bullish ini. Sehingga dengan demikian, emas tinggal satu langkah lagi untuk menuju resisten kunci dan terakhir (1300) untuk dapat membuat pergerakan Bullish yang utuh.

XAUUSD Daily


Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga emas pada saat analisa ini ditulis sedang berada di area 1281. Emas kembali menguat hingga area 1284 pada perdagangan kemarin.

XAUUSD H1

 

Secara teknikal, emas kembali menunjukkan penguatan pada perdagangan kemarin, sehingga kini emas sedang berkonsolidasi atau sedang berisitirahat sejenak. Indikator Bollinger Band dan RSI pada grafik hourly di atas masih menggambarkan sentiment bullish, sementara indikator momentum OsMA menunjukkan keadaan bearish yang berarti pasar sedang beristirahat sejenak pasca rally-nya kemarin. Dengan demikian, melihat peluang yang ada, maka skenario yang dapat dijadikan acuan trade kali ini adalah BUY.

Adapun skenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry poin adalah sebagai berikut:

  1. Skenario untuk peluang Buy berada pada level resisten terdekat 1288. Jika harga kembali naik hingga berada di sekitar atau menembus level area tersebut dan diiringi konfirmasi dari indikator teknikal dan price action, maka cari peluang Buy di sekitar area tersebut. Sehingga, peluang BUY dapat diambil sesaat setelah mendapat peluang entry yang terkonfirmasi. Jika skenario breakout ini valid, maka logam ini akan kembali menguat hingga 1295.17 atau bahkan 1300. Stop Loss dapat diletakkan di bawah swing low terdekat.
  2. Sedangkan untuk skenario alternatif Sell, level support 1281.15 masih bekerja sebagai support untuk trade kali ini dan dapat dicoba untuk peluang Sell. Level support kuat pada time frame daily tersebut berpeluang untuk membawa emas melemah jika mampu ditembus dan terkonfirmasi sehingga bergerak stabil di bawahnya. Sehingga peluang Sell dapat diambil pasca sinyal dari konfirmator breakout tersebut. Dengan begitu, peluang SELL hanya berlaku jika breakout level tersebut terkonfirmasi. Pasalnya, menembus level tersebut akan membawa logam ini melemah tipis setidaknya hingga 1271.20. Stop Loss dapat diletakkan di atas swing high terdekat.

Selalu ingat dan pahami resiko dan money management Anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3    : 1300
R2    : 1295.17
R1    : 1288
Pivot    : 1281.15
S1    : 1277.84
S2    : 1271.20
S3    : 1267.72

*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Apabila ingin menyampaikan pertanyaan atau berdiskusi dengan Erik, Anda dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini atau mengunjungi halaman Tanya Jawab berikut.

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.


Efi Hanum
Hari ini tgl 27 des 2017 saya sell gold di 1281.90. amankah ...?
Andy
gold arahnya msh up nga ? aku ada sell di 1284.50 apakah aman ?
Erik Tri Cahyo
Untuk Efi Hanum dan Andy,
Secara teknikal saat ini memang keadaan pasar cenderung Bullish. Akan tetapi peluang Bearish masih bisa diambil dengan syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi terlebih dahulu tentunya.

Syarat untuk peluang Bearish adalah dengan menembus level support 1281.15. Level tersebut adalah level support daily yang tentu mempunyai peranan penting untuk pergerakan emas.

Perhatikan chart daily pada ulasan analisa diatas. Jika anda perhatikan dengan seksama, maka tampak bahwa level 1281.15 telah tertembus dan ditutup diatasnya pada perdagangan Selasa kemarin yang mengisyaratkan pergerakan Bullish.

Perlu diperhatikan pula bahwa penutupan candle Selasa kemarin sebagai initial break masih perlu dikonfirmasi untuk dapat melanjutkan pergerakan Bullishnya. Candle konfirmatornya adalah candle perdagangan hari ini atau bahkan besok hingga breakout benar-benar valid. Sehingga untuk saat ini masih memungkinkan untuk terjadi retest atau bahkan pull-back yang terjadi pada level sekitar 1281.15.

Oleh karena itu, anda perlu wasapada jika close candle hari ini berada diatas level 1281.15 tersebut sehingga menyebabkan peluang kevalidan breakout semakin besar.

Pertanyaan anda berdua, saudara Efi dan Andy, apakah aman mempunyai posisi Sell untuk saat ini? Posisi sell dapat dikatakan aman jika telah memenuhi syarat untuk mengambil posisi Sell. Namun karena anda telah terlanjur mempunyai posisi Sell, saran saya adalah Gunakan Stop Loss.

Anda dapat menentukan level stop loss pada level acuan entry buy pada analisa hari ini, yakni disekitar level resisten 1288-1293. Atau anda juga bisa menutup posisi Sell sesaat setelah breakout level 1288 terkonfirmasi dan mengganti posisi menjadi Buy.

Semoga bisa membantu,Terima Kasih.