Siapa Yang Menentukan Harga Emas Dunia?

266115

Jika bicara tentang harga emas dunia, maka ada banyak pasar dimana emas diperdagangkan. Ada pasar berjangka, pasar spot, pasar London, New York. Jadi, siapa yang menentukan harga emas dunia?

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Sebagaimana umumnya harga barang di pasar riil maupun di pasar finansial, harga emas merupakan hasil dari kekuatan buyer dan seller di pasar bebas. Namun demikian, jika kita secara khusus bicara tentang harga emas dunia, maka ada banyak sekali pasar dimana komoditas ini diperdagangkan. Ada pasar berjangka, pasar spot. Ada pasar London, ada pasar New York. Jadi, siapa yang menentukan harga emas dunia? Arkadiusz Sieron, seorang penasehat investasi bersertifikat, memaparkan panjang lebar di kolomnya pada situs Resource Investor.

Harga Emas - ilustrasi

 

London Dan New York Tidak Dominan

Sieron membahas beberapa studi ilmiah yang menelaah topik mengenai siapa yang menentukan harga emas dunia. Salah satunya, Lucey et al. (2012) memantau harga minyak dari London A.M. Fixing dan harga penutupan COMEX New York sejak Januari 1986 hingga akhir Juli 2012, tetapi menemukan bahwa diantara keduanya tak ada yang mendominasi di pasar.

London dan New York, menurut istilah Sieron, adalah dunia bipolar dan harganya saling ketergantungan satu sama lain. Menariknya, para peneliti juga menemukan bahwa porsi kontribusi kedua pasar pada harga pun tidak stabil, tergantung pada situasi. Saat runtuhnya Uni Soviet, krisis nilai tukar tahun 1992 dan insiden Lehman brothers, London adalah pasar yang dominan. Namun saat krisis mata uang Rubel dan serangan 9/11, New York cenderung menguasai.

Baca juga: Bullion, Comex, dan Istilah Lain Dalam Perdagangan Emas 

 

Pasar Berjangka Berkuasa

Sementara itu, Hauptfleisch et al. (2015) menggunakan data harga emas intraday di London, pasar OTC, dan pasar berjangka AS dari 1997 hingga 2014. Mereka mendapati bahwa meski volume emas yang diperdagangkan di New York kurang dari volume trading spot di London, tetapi pasar berjangka cenderung memainkan peran yang lebih penting dalam nilai emas. Dominasi COMEX makin menguat pada 2016 ketika platform perdagangan 24-jam Globex yang sepenuhnya elektronik mulai dipergunakan. Sejak saat itu, COMEX selalu memimpin harga emas sepanjang hari, tak peduli pada perdagangan jam berapa.

Disini dapat disimpulkan bahwa sekedar volume trading saja tidak sepenting struktur pasar. Pasar berjangka memberikan manfaat serupa pasar spot bagi investor, spekulator, dan pelaku hedging. Pasar berjangka lebih transparan, sangat likuid, dan memungkinkan partisipan untuk bertransaksi lebih cepat, baik dengan leverage maupun option, tanpa melibatkan pengiriman barang fisik.

Karenanya, pasar berjangka bereaksi lebih cepat terhadap kemunculan informasi dan langsung memasukkannya dalam harga emas. Efektivitasnya begitu tinggi hingga harga emas spot sejatinya diturunkan dari harga emas berjangka, meskipun secara teoritis ini harga emas futures semestinya ditentukan dari harga spot, tingkat risiko, maturitas kontrak, dan faktor-faktor lain seperti biaya penyimpanan. Pada prakteknya, harga spot malah justru ditentukan oleh harga kontrak berjangka bulan terdekat dengan volume tertinggi.

Baca juga: 7 Mitos Penentu Pergerakan Harga Emas 

 

Harga Emas Spot Bukan Harga Fisik Saat Ini

Perlu ditekankan disini: "harga emas spot" bukanlah harga yang dikutip pada transaksi fisik terakhir maupun harga emas fisik saat ini, juga bukan harga emas acuan London Bullion Market Association (LBMA). Harga emas spot adalah nilai netto sekarang (net present value) dari harga emas futures pada bulan terdekat, sedangkan harga emas LBMA adalah gambaran dari harga emas yang dikutip para trader di pasar spot OTC London pada transaksi borongan.

Lebih lanjut lagi, "harga spot sesungguhnya", yakni harga yang ditawarkan oleh para penjual emas bullion (batangan dan koin) pun berbeda dengan harga spot COMEX maupun London Fix. Penjual emas bullion biasanya menampilkan harga yang lebih tinggi, karena mereka menanggung biaya lebih besar ketimbang pedagang borongan, dan kemudian me-markup harga tersebut untuk mendapatkan profit.

 

 

Kesimpulan

Pada akhirnya, Sieron menyimpulkan, meski pasar secara teoritis telah mengglobal, tetapi pada prakteknya tetap bipolar dengan pasar berjangka AS berada dalam posisi dominan pada proses pembentukan harga emas. Itu bukan menunjukkan adanya manipulasi, melainkan merupakan bukti dari tingginya efisiensi publik dan sentralisasi pasar berjangka disana ketimbang pasar OTC yang terdesentralisasi dan tak transparan.

Beginilah realitanya: harga emas terutama ditentukan di New York. Dan siapa yang menentukan harga emas dunia disini? para partisipan COMEX dan posisi trading mereka lah yang menentukan harga emas.

Alumnus Fakultas Ekonomi yang telah mengenal dunia trading sejak tahun 2011. Seorang News-junkie yang menyukai analisa fundamental, biasa trading forex dan saham menggunakan Moving Averages dan Fibonacci. Kini menulis topik seputar Currency, Stocks, Commodity, dan Personal Finance dalam bentuk berita maupun artikel sembari trading di sela jam kerja.

19 Agustus 2019 06:35

1,510.21 ( 0.15%)

Support : 1,503.38
Pivot : 1,515.05
Resistance : 1,524.16

100% Buy 100% Buy 100% Buy

100% Buy
Selengkapnya

Cici
Jadi sekarang penentu harga emas di pasaran lokal siapa donk..kak? apakah di pasaran lokal ada juga pemain yang menggerakkan harga? Bagaiman peran BUMN seperti Antam?
A. Muttaqiena
Pemain di pasar lokal Indonesia tidak punya kekuatan untuk menggerakkan harga emas dunia. Malah sebaliknya, ketika Antam akan menentukan harga emas mereka, misalnya, maka akan menggunakan harga emas dunia sebagai salah satu bahan acuan.