7 Penyedia Dompet Bitcoin Terbaik

283320

Ingin memulai investasi tapi masih bingung memilih Dompet Bitcoin? Berikut kami sajikan pilihan wallet Bitcoin yang bisa Anda pertimbangkan.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Bitcoin Wallet atau Dompet Bitcoin adalah salah satu faktor penting yang harus dimiliki seseorang dalam kegiatannya berinvestasi maupun berdagang Bitcoin. Kita bisa menggunakan Wallet tersebut untuk mengirim, menerima, dan menyimpan nilai Bitcoin. Saat ini ada beragam penyedia Wallet Bitcoin yang bisa Anda pilih, tapi manakah opsi Dompet Bitcoin terbaik?

 

wallet coin terbaik

 

 

Beberapa tipe Dompet yang paling populer saat ini yaitu :

  • Offline (Hardware Wallet): Dompet yang berbentuk hardware (perangkat keras), bisa menyimpan detail seperti Address Wallet dan Private Key. Modelnya secara umum berbentuk Flashdisk atau Memory. Contoh: Nano S, Trezor, dll.
  • Online (Web Wallet): Dompet yang bisa diakses pengguna melalui jaringan internet. Contoh: blockchain.info, Coinbase, dll.
  • Sofware Wallet (Desktop Wallet): Dompet yang berupa aplikasi unduhan dan dapat dipasang di berbagai device seperti PC, Laptop, Smartphone, atau Tablet.

 

Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Dompet Bitcoin

Karena kita menyimpan koin BTC yang memiliki nilai, tentu saja kita harus sangat berhati-hati dalam memilih penyedia Wallet. Rasa waspada ini akan menjaga dana yang kita simpan selalu aman. Karena itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih penyedia Dompet Bitcoin.

  • Keamanan

Poin pertama dan yang paling penting adalah faktor keamanan. Dalam hal ini, jenis Dompet Bitcoin yang paling rentan adalah Online Wallet. Hal ini disebabkan karena data Private Key bisa saja disimpan di server penyedia layanan. Untuk itu, dalam memilih segi keamanan, hanya pilih penyedia Wallet yang menerapkan sistem keamanan 2 Arah, baik melalui pengiriman kode verifikasi di seluler ataupun Google Authenticator.

Untuk kerentanan yang dimiliki oleh Hardware Wallet dan Desktop Wallet hampir tidak ada. Kecuali terjadi sesuatu yang berhubungan dengan kesalahan pemilik Wallet, maka keamanan 2 jenis Dompet Bitcoin itu masih bisa diandalkan.

 

  • Kredibilitas dan Transparansi

Poin kedua yang juga harus diperhatikan adalah kredibilitas dan transparansi penyedia Dompet Bitcoin. Segala informasi tentang background penyedia (identitas), bagaimana cara beroperasi, sifat kode Wallet, dan detail lainnya harus diketahui secara jelas.

Selain itu, Anda bisa memastikan krebilitas dari penyedia layanan melalui berbagai forum Bitcoin atau ulasan blog, website, Youtube, dll. Dengan menyimak berbagai pengalaman dari para pengguna lain, tentu kita bisa mengetahui apakah penyedia Dompet Bitcoin benar-benar kredibel atau tidak.

 

  • Fitur Backup

Tak kalah penting dari kedua pertimbangan di atas, sebaiknya pilih Wallet kripto yang memiliki fitur backup dengan enkripsi yang baik, serta kemudahan restorasi dari klien pemilik Dompet Bitcoin. Tidak ada salahnya kita mempersiapkan keamanan penuh untuk penyimpanan Bitcoin, mengingat banyaknya kasus hacking, phising, dan hijacking yang menjangkiti dunia kripto.

 

Contoh Penyedia Dompet Bitcoin Terbaik

Dari ratusan penyedia Dompet Bitcoin yang bisa kita pilih, berikut adalah 7 contoh yang bisa menyediakan fasilitas penyimpanan Bitcoin secara mudah, cepat, dan aman.

 

1. Ledger Nano S (Hardware Wallet)

Ledger Nano S merupakan salah satu Hardware Wallet yang paling populer di pasaran. Jenis Dompet Bitcoin ini juga mendukung mata uang kripto Litecoin, Ethereum, Ripple, Dash, Dogecoin, Neo, dan Zcash.

Semua transaksi dengan Ledger Nano S memerlukan input manual dari kode PIN 4 digit. Sehingga, Dompet Bitcoin ini bisa menjadi yang teraman, baik dari serangan malware maupun jenis peretasan lainnya.

 

ledger nano

 

 

Selain support aplikasi dari pihak pertama Nano S, perangkat ini juga mendukung berbagai Software Wallet seperti Copay dan Electrum. Artinya, Dompet Ledger Nano S memungkinkan penambahan lapisan keamanan untuk transaksi Anda. Semua akun pada Ledger Nano S juga memiliki backup tersendiri. Restorasi Wallet-pun bisa dilakukan dengan mudah jika sewaktu-waktu perangkat Anda hilang.

Ukuran Dompet Bitcoin ini hanya sekitar 60 mm dan berbentuk seperti Flashdisk. Di Indonesia, harga satu perangkat Ledger Nano S berkisar antara Rp1,750,000 hingga Rp2,250,000.

 

2. TREZOR (Hardware Wallet)

Penyedia Dompet Bitcoin terbaik berikutnya adalah TREZOR, yang juga menyediakan Hardware Wallet seperti Ledger Nano S.

Trezor mendukung Bitcoin, Litecoin, Ethereum, Dash, Dogecoin, Zcash dan beberapa Altcoins lainnya. Trezor saat ini juga memungkinkan penambahan keamanan dan integrasi pada Software Wallet pihak ketiga seperti Electrum dan Copay.

 

trezor

 

 

Transaksi yang dibuat dengan dompet TREZOR memerlukan konfirmasi melalui tombol perangkat keras, dan ada dukungan untuk sistem keamanan 2 arah sebagai lapisan keamanan ekstra. Dompet TREZOR dibandrol dengan harga sekitar Rp1,700,000 hingga Rp2,500,000 per unit.

 

3. Blockchain.info (Web Wallet)

Blockchain.info adalah Online Wallet yang unggul karena kemudahan aksesnya. Kelebihan utama yang dimiliki penyedia Dompet Bitcoin ini adalah fleksibilitas dan transparansinya dalam menunjukkan detail transaksi. Seluruh detail tentang transaksi yang Anda lakukan bisa dilihat jelas dalam ledger Blockchain.

Selain itu, ada fitur Quick Send (Pengiriman Cepat) yang tentu saja disertai dengan biaya tambahan, sehingga transaksi kita akan memiliki prioritas lebih tinggi untuk konfirmasi. Meski berjenis Web Wallet, Blockchain.info tetap memprioritaskan keamanan Wallet pengguna. Dompet Bitcoin ini dapat me-restore Private Key dan Private Address secara Offline, sehingga kemungkinan Wallet diretas sangat kecil.

 

4. Coinbase (Web Dan Software Wallet)

Coinbase adalah layanan marketplace yang sangat populer sebagai tempat jual beli Bitcoin, Litecoin, Ethereum, dan Bitcoin Cash. Meski bisa berfungsi sebagai bursa, tak sedikit orang yang tertarik untuk menggunakan Coinbase sebagai penyimpan mata uang kripto. Dalam menawarkan jasanya sebapai penyedia Dompet Bitcoin, Coinbase muncu dalam 2 format sekaligus, yakni Web dan Software Wallet.

 

coinbase

 

 

Untuk Wallet berbasis Web, kita bisa langsung Generate Address Bitcoin Wallet dari User Interface yang disediakan. Sedangkan untuk yang berbasis Software dikhususkan pada perangkat iOS dan Android. Software tersebut memungkinkan pengguna untuk masuk ke Wallet Coinbase dari perangkat Mobile.

Coinbase sering dianggap sebagai pilihan Dompet Bitcoin terbaik bagi mereka yang masih awam di dunia kripto. Untuk kredibilitas, Coinbase sudah tidak perlu diragukan lagi, karena saat ini sudah ada lebih dari 10 juta pelanggan aktif yang berasal dari 32 negara di dunia.

 

5. Exodus (Software Wallet)

Exodus adalah Wallet berbasis Software yang berjalan di komputer Windows dan Mac. Selain mendukung penyimpanan Bitcoin secara aman, Exodus juga mendukung penyimpanan sebagian besar Altcoins terkemuka.

 

exodus

 

 

Dengan fitur dan desain visual bersih yang mudah dipahami, Exodus dapat menampilkan transaksi dan seluruh portofolio mata uang kripto yang dimiliki penggunanya.

Salah satu fitur terbaik dari Exodus adalah ShapeShift Built-in yang memungkinkan pengguna untuk menukarkan satu kripto ke kripto lain secara instan, sehingga tidak perlu menggunakan jasa Exchanger dalam menukarkan satuan nilai dari koin yang dimiliki.

 

6. Electrum (Software Wallet)

Wallet Electrum merupakan salah satu Dompet Bitcoin berbasis Software tertua. Electrolum sendiri sudah ada sejak tahun 2011, dan tersedia untuk diunduh secara gratis di komputer Windows, Mac, dan Linux. Ada juga aplikasi Electrum Android yang dapat diunduh dari Google Play Store untuk Smartphone dan Tablet Android.

Dompet perangkat lunak ini hanya terbatas pada Bitcoin saja, tapi untuk masalah keamanan dan kenyamanan pengguna tetap diprioritaskan.

 

7. Jaxx (Software Wallet)

Jaxx merupakan penyedia Dompet Bitcoin yang telah berdiri sejak tahun 2014. Jaxx didirikan oleh salah satu Co-Founder Ethereum, Anthony Diiorio. 

 

jaxx

 

 

Jaxx merupakan Wallet berbasis Software (Perangkat Lunak) yang dapat digunakan untuk penyimpanan Bitcoin dan Altcoins. Saat ini, ada sekitar 13 koin kripto yang sudah di-support oleh Wallet ini.

Jaxx menyediakan UI (User Interface) yang mulus dan mudah digunakan. Tidak diperlukan verifikasi email, tidak ada onboarding, dan tidak ada nama pengguna ataupun kata sandi untuk dapat mulai menggunakan Jaxx. Karena sifatnya adalah Software, Private Address dan Private Key akan di simpan di dalam perangkat pengguna.

Saat ini Jaxx sudah mendukung berbagai OS seperti iOS, Android, Windows, Mac, OS X, dan Linux.

 

Bagaimana? Sudah mulai tertarik untuk mulai trading atau investasi di mata uang kripto? Jika sudah, Anda bisa memulainya dengan membaca panduan tentang investasi Bitcoin berikut ini. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan pada panduan analisa Bitcoin. Jika ada yang belum dimengerti, Anda bisa langsung meninggalkan komentar di bawah ini atau langsung bertanya pada forum tanya jawab kami berikut.

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.