Advertisement

iklan

Sistem Trading Mechanical Dan Discretionary

128799

Selain dibedakan menjadi analisa teknikal dan fundamental, sistem trading bisa juga dibagi menjadi trading mechanical dan discretionary.

FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

Jika Anda trading menggunakan software yang otomatis bisa entry dan exit, atau menggunakan software robot, maka sistem trading Anda disebut mechanical. Demikian pula jika Anda menerapkan berbagai indikator teknikal, atau kombinasi antara indikator dan price action yang menghasilkan sinyal trading. Sebaliknya jika Anda mengandalkan feeling atau intuisi untuk entry atau exit, berarti Anda trading dengan sistem discretionary. Trading dengan sistem discretionary lebih didasarkan pada pengalaman dan tidak terlalu mengandalkan indikator teknikal. Trading berdasarkan berita fundamental bisa dikatakan discretionary. Diantara kedua sistem trading tersebut manakah yang lebih menguntungkan?

Sistem Trading Mechanical Dan

Sistem trading mechanical

Keuntungan sistem trading mechanical adalah:

  • Bisa dilakukan backtest terhadap sistem trading, baik yang kompleks dan sudah diprogram dalam bentuk software jadi maupun yang sederhana. Dari hasil backtest dapat diketahui probabilitas profit dan loss, atau angka harapan profit.
  • Anda tidak perlu pusing melakukan analisa yang rumit. Sinyal trading pada sistem Anda akan langsung memberi tahu Anda kapan mesti entry atau exit, lengkap dengan level stop loss dan target tergantung dari setting parameter risk/reward ratio.
  • Sistem trading mechanical tidak melibatkan emosi Anda pada saat trading.
  • Jika sibuk dengan pekerjaan lainnya Anda tidak harus sering memonitor pasar, cukup atur parameter software atau indikator, dan tinggalkan pasar. Sistem Anda akan bekerja dengan sendirinya.


Kekurangan sistem trading mechanical:

  • Hasil backtest yang dihasilkan tidak selalu akan akurat untuk kondisi pasar saat ini. Pasar selalu berubah dengan komponen yang acak (random). Pola pergerakan harga pasar bisa mirip, tetapi tidak persis sama. Angka harapan profit adalah sebuah probabilitas dan tidak pasti. Sebuah software trading atau sistem mechanical yang sebelumnya berjalan baik belum tentu bisa profitable bila diterapkan pada kondisi pasar saat ini.


Sistem trading discretionary

Keuntungan sistem trading discretionary:

  • Sangat mudah untuk beradaptasi dengan keadaan pasar saat ini. Jika Anda sudah terbiasa dengan berbagai pola pergerakan harga dan trend, maka Anda akan bisa melakukan analisa instan, dan dengan mudah bisa menyesuaikan keadaan tanpa harus pusing mencari-cari indikator yang paling cocok.
  • Karena ditunjang oleh pengalaman, secara psikologis Anda akan puas dengan keputusan yang Anda ambil, terlepas dari hasil yang akan Anda peroleh.
  • Anda bisa belajar dari waktu ke waktu sambil menambah pengalaman dan wawasan Anda dalam trading, seperti misalnya sinyal trading mana yang probabilitasnya paling tinggi dan lain sebagainya.


Kekurangan sistem trading discretionary:

  • Diperlukan waktu cukup lama untuk belajar dan membangun pengalaman guna mengetahui kondisi pasar dengan instan dan akurat.
  • Bagi trader pemula sistem trading ini bisa berbahaya. Jika pengetahuan mereka masih minim, maka akan lebih menjurus ke perjudian (gambling).

Sistem mana yang lebih menguntungkan, tergantung dari personality dan karakter Anda. Jika Anda masih sering takut, serakah atau emosional, maka sebaiknya Anda menggunakan sistem mechanical. Sebaliknya jika bisa mengendalikan emosi, dan pengalaman Anda telah memadai tentu Anda akan lebih percaya diri dengan sistem discretionary. Apapun sistem tradingnya, Anda mesti disiplin dan punya rencana trading yang jelas.

Martin Singgih memulai trading sejak 2006. Pernah menjadi scalper dan trader harian, tetapi sekarang cenderung beraktivitas sebagai trader jangka menengah-panjang dengan fokus pada faktor fundamental dan Money Management. Strategi trading yang digunakan berdasarkan sinyal dari Price Action dengan konfirmasi indikator teknikal.


Dagdigdug
tapi menurut saya yang paling the best sistem tradingnya adalah yang discretionary, mereka yang memiliki kemampuan membaca pola chart dan hanya membaca supply dan demand dari pasar, that is the real trader. bukan yang cuman ngliat garis cross sana cross sini. XD
Yussuf_pradhita
saya kurang setuju sama diskripsi sistim trading mechanical yang mengatakan kalau itu tidak perlu melakukan analisa yang rumit. kenyataannya justru cara trading ini yang paling rumit karena mulai dari pemilahan indikator sampe penentuan level sl dan tp itu membutuhkan pengamatan dan perhitungan yang ga sembarangan. beda sama sistim trading satunya yang bisa dapat hasil analisa secara instan, pastinya akan lebih simpel dari cara yang digunakan pemula
Rajo Saja
kalo itu menurut saya juga g bisa dipaksakan mana yg lebih rumit atau lebih "mudah",  sekali lagi kan tadi sudah dijelaskan bahwa sistem diskresionasi itu murni subyektif, jadi antara satu trader dengan trader lain pasti akan berbeda-beda daya serap dan disiplinnya. Nah sedangkan analisa mekanikal menggunakan formulasi atau robot memiliki jenjang yg relatif lebih objektif, tapi toh ujung2nya yg pakai juga manusia, skali lagi keputusan terakhir ada di penggunanya. Mau robot lagi jalan tapi kalo penggunanya ketar-ketir (karena sifat pasar2 yg kadang2 juga irasional dan acak) yah bisa jadi akhirnya posisi trading di-overtake secara manual lagi. Tidak ada yg absolut selama itu diciptakan dan diperuntukkan untuk manusia.
Faizza
Tambahan jg nih, mslh ktrlibatan emosi tu, mgkn bnr kl trdngx pakai ea ato robot trdng, tp slm kt sndiri yg msh manage sistem trdng, emosi tu msh trus berpotensi mempengaruhi proses trdng tu sndr, kcuali yg udh bnyk pnglmn dn bnr2 ykn sm sistem trdngx, ane ragu kl sistem trdng mechanic ni bs ngamanin trdr dr pengaruh emosi....
Fx Nubi
Apa naked trading bisa dikatakan sistem trading discretionary jg?
Hari Santoso
Naked trading bisa digolongkan sebagai sistem discretionary kalau dalam metodenya trader benar2 hanya mengamati pola pergerakan harga tanpa indikator apapun atau hanya mengandalkan sumber fundamental saja.

Tapi dalam prakteknya pengamatan pola candlestick juga termasuk naked trading, dan karena ada juga yang menggolongkan cara ini sebagai analisa teknikal, mungkin naked trading bisa digolongkan juga ke dalam sistem mechanical.

Terutama kalau pada kenyataannya trader lebih mengandalkan tradingnya dari pembacaan pola2 candlestick daripada pengamatan pola harga secara keseluruhan atau memperhitungkan berita fundamental.
Faizza
Kl lht dr knds skrg si, naked trading udh lbh pantes dianggep discretionary trdng, soalx yg udh g mau repot2 pake indi biasax jg g mau ribet2 ngamatin pola candle....