OctaFx

iklan

Libra Facebook Akan Diluncurkan Pada 2020 Mendatang

Setelah cukup lama menjadi kontroversi, Libra Facebook dikonfirmasi akan rilis pada tahun depan, terlepas dari banyaknya keraguan yang masih menghantuinya.

FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

Kepala Organisasi Non Profit "Libra Association" yang selama ini berada di balik pengembangan mata uang kripto Facebook, Bertrand Perez, menyatakan bahwa peluncuran token tersebut ditargetkan berlangsung pada semester kedua tahun 2020. Namun sebelum rencana peluncuran ini terlaksana, Perez dkk. ingin menuntaskan masalah regulasi terlebih dulu.

Peluncuran Libra

Konfirmasi ini muncul tak lama setelah salah seorang menteri Prancis mengungkapkan bahwa negaranya akan menolak penggunaan Libra. Tak jauh berbeda dari laporan sebelumnya yang mengabarkan pro kontra Libra, kekhawatiran terhadap stabilitas finansial menjadi hal yang mendorong penolakan terhadap mata uang kripto ini. Bruno Le Maire, Menteri Ekonomi dan Finansial Prancis yang menyatakan penolakannya, bahkan menginginkan Uni Eropa ikut bersikap antipati terhadap Libra.

Merespon keresahan tersebut, Bertrand Perez mengklaim bahwa Facebook tidak berniat menciptakan pasokan baru melalui token Libra. Mereka tidak ingin beroperasi dan berkompetisi dalam pasar yang sama dengan BlacRock, perusahaan asset management terbesar di dunia yang juga dikenal sebagai "shadow bank" (institusi yang bertindak sebagai bank komersial tanpa regulasi).

"Kami tidak ingin menjadi BlackRock. Itulah mengapa kami tidak sependapat dengan kekhawatiran akan efek stabilitas yang bisa ditimbulkan oleh mata uang kami terhadap aset-aset fiat bank sentral...," tutur Perez.

Libra Facebook nantinya akan terikat dengan beberapa mata uang mayor terpilih, kecuali Yuan China. Hal ini kemungkinan terkait dengan upaya pemerintah China yang sedang berupaya menciptakan mata uang digitalnya sendiri, dan ketidaksetujuan terhadap Libra dari para pejabat Bank Sentral-nya.

Terlepas dari keraguan-keraguan dari figur otoritas di banyak negara, Bertrand Perez optimis jika segala masalah yang berkenaan dengan regulasi akan terselesaikan sebelum peluncuran resmi Libra Facebook. "Periode setahun sebelum rilis Libra akan memberikan ruang bagi kami untuk menuntaskan segala masalah yang masih mengganjal," ujar Perez.

290075

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.