10 Desember 2015: Menutup Loss Posisi Buy AUDUSD

Hello traders! Sudahkah Anda membaca peluang trading saya kemarin? Well, di catatan tersebut saya menuliskan tentang peluang buy AUDUSD. Sempat terkena stop loss di trade pertama, saya memutuskan untuk open buy lagi setelah mendapat konfirmasi sinyal. Untungnya, trade kedua in berhasil ditutup dengan profit dan sanggup menutup kerugian dari posisi pertama.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Hello traders! Sudahkah Anda membaca peluang trading saya kemarin? Well, di catatan tersebut saya menuliskan tentang peluang buy AUDUSD. Saya membuka posisi buy pada pair ini ketika harga menyentuh trendline naik. Inilah yang dinamakan dengan entry "buy on the dips". Mari kita lihat chart-nya:

jurnal trading buy audusd
Anda dapat melihat sendiri bahwa harga telah menyentuh trendline (garis tren berwarna merah) dan saya memprediksi harga akan segera bounce. Untuk itu, saya trading dengan detail sebagai berikut:

Waktu trading: Rabu, 9 Desember 2015. Jam 9 pagi
Pair: AUDUSD
Posisi: BUY
Alasan trading: "Buy on the dips"
SL & TP: 48 pip & 119 pip
Lot yang digunakan: 0.08
Hasil trading: Terkena stop loss (-53.81AUD)

jurnal trading buy audusd 2
Posisi trading ini terkena stop loss! Setelah saya cek lagi, ternyata bullish divergence baru terbantuk pada chart H4, tepat setelah stop loss saya kena. Karena harga masih berada dekat trendline naik dan bergerak dekat area trendline inti yang menurun (garis hijau), saya tahu masih ada peluang entry lagi dari pair ini. Akhirnya, saya putuskan untuk menunggu konfirmasi di time frame yang lebih rendah untuk open buy lagi.

Waktu trading: Rabu, 9 Desember 2015. 6:27 sore
Pair: AUDUSD
Posisi: BUY
Alasan trading: Bullish divergence (untuk entry trade lagi)
SL & TP: 40 pip & 120 pip
Lot yang digunakan: 0.09
Hasil trading: Saya tutup posisi ini tadi pagi dengan profit +111.59AUD

Munculnya kembali pola candle Bullish Engulfing telah menambah keyakinan saya untuk entry buy lagi. Rilis data tenaga kerja Australia pagi ini pukul 7:30 juga mampu mengungkit pergerakan harga. Nilai AUDUSD bertambah hanya dalam beberapa detik setelah rilis berita! Tak ayal, posisi buy saya semakin terdukung, dan trade ini akhirnya bisa ditutup dengan profit.

Dengan demikian, saya telah berhasil mengganti kerugian dari trading pertama sekaligus memperoleh profit. Ini bisa terjadi karena saya menerapkan rasio risk reward yang lebih tinggi (1:3) di trade kedua. Secara keseluruhan, saya berhasil membukukan keuntungan sebesar 57.78AUD dari 2 trade di atas.

Semoga jurnal ini dapat bermanfaat bagi Anda! See you next time!
RICO FY

Rico FY mengidolakan Yeo Keong Hee dan aktif sebagai full-time trader sejak tahun 2012, meskipun memiliki latar belakang pendidikan sama sekali berbeda. Strategi trading forex utama yang digunakan adalah Divergence.