New Home Sales AS Agustus Turun, Kepercayaan Konsumen Meredup

Data New Home Sales yang dirilis malam ini menunjukan terjadi penurunan sebesar 3.4 persen, bertolak belakang dengan ekspektasi ekonom sebelumnya.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Penjualan rumah AS secara mengejutkan turun selama bulan Agustus menurut data yang dipublikasikan oleh Departemen Perdagangan pada hari Selasa (26/9), menandakan bahwa pasar perumahan melambat. Data New Home Sales yang dirilis malam ini menunjukan terjadi penurunan sebesar 3.4 persen penjualan bulan Agustus menjadi 560,000 unit rumah, bertolak belakang dengan ekspektasi ekonom sebelumnya yang memprediksi akan naik menjadi 585,000 dari angka penjualan 580,000 pada periode sebelumnya.

New Home Sales AS Agustus Turun,

Departemen terkait mengatakan bahwa Badai Harvey dan Irma yang menerjang kawasan Texas berdampak negatif terhadap angka penjualan rumah yang telah tercatat -1.2 persen YoY hingga bulan lalu.

Kondisi pasar perumahan AS yang melambat diperparah oleh terjangan badai Harvey akhir Agustus lalu dan kemudian dilanjutkan Badai Irma pada bulan September, sehingga diprediksi akan berpengaruh negatif terhadap rilis data perumahan bulan September juga.

Ekonom berpendapat kondisi pasar perumahan yang cukup suram akan membebani pertumbuhan ekonomi AS periode Juli-September. Berdasarkan cakupan wilayah, penjualan rumah tercatat mengalami penurunan di kawasan Timur Laut, Selatan dan Barat. Sedangkan untuk kawasan Midwest tidak berubah.


Kepercayaan Konsumen AS September Sedikit Turun

Dalam laporan terpisah juga dirilis data Kepercayaan Konsumen AS bulan September oleh Conference Board yang mencatatkan sedikit penurunan dibandingkan periode Agustus. Consumer Confidence bulan ini berada di level 119.8, atau berada di bawah rekor bulan lalu pada 120.4.

"Kepercayaan Konsumen sedikit turun pada bulan September setelah mengalami peningkatan marjinal pada bulan Agustus", ucap Lynn Franco, Direktur Indikator Ekonomi Conference Board. Lanjutnya,"Kepercayaan konsumen di Texas dan Florida mengalami penurunan tajam atas dampak Badai, namun secara keseluruhan penilaian konsumen terhadap kondisi saat ini masih cukup baik.

Pada pukul 21:47 WIB, Greenback terpantau menguat versus major currency seperti Euro, Sterling dan Yen. Investor tengah menanti pidato ketua Fed, Janet Yellen yang akan berbicara mengenai kebijakan moneter saat menghadiri acara pertemuan tahunan National Association for Business Economics di Cleveland.

280379

Pandawa punya minat besar terhadap dunia kepenulisan dan sejak tahun 2010 aktif mengikuti perkembangan ekonomi dunia. Penulis juga seorang Trader Forex yang berpengalaman lebih dari 5 tahun dan hingga kini terus belajar untuk menjadi lebih baik.