Retail Sales Kanada Bulan Oktober Melonjak, Inflasi Tumbuh Moderat

Penjualan Ritel Kanada bulan Oktober naik 1.5 persen menjadi $49.9 Milyar, sektor otomotif menjadi penyumbang terbesar kenaikan data Retail Sales.

Xm

iklan

FirewoodFX

iklan

Departemen Stastistik Kanada pada hari Kamis (21/12) mempublikasikan data Penjualan Ritel periode Oktober yang mencatatkan lonjakan cukup signifikan. Disamping itu, Inflasi di tingkat Konsumen atau CPI bulan November tumbuh secara moderat.

Retail Sales Kanada Bulan Oktober

Penjualan Ritel Kanada bulan Oktober naik 1.5 persen menjadi $49.9 Milyar, sektor otomotif menjadi penyumbang terbesar kenaikan data Retail Sales. Sementara itu diluar otomotif atau sering disebut dengan Core Retial Sales mencatatkan pertumbuhan 0.8 persen di bulan yang sama. Penjualan tercatat mengalami kenaikan di tujuh dari sebelas kategori.

Dealer Otomotif yang menjual kendaraan seperti mobil menjadi penyumbang terbesar pendongkrak Retail Sales Kanada. Penjualan Mobil dan suku cadang naik 3.3 persen menjadi kenaikan paling besar dari keseluruhan subsektor/ kategori. Selain itu penjualan di toko makanan dan minuman juga mengalami kenaikan sebesar 1.1 persen, terutama pada toko yang menjual bir dan wine yang mencatatkan kenaikan 3.7 persen.

Setelah mengalami penurunan, penjualan pada “general merchandise stores” berhasil membukukan kenaikan 1.8 persen di bulan Oktober. Kondisi serupa juga terjadi pada toko elektronik yang pada periode sebelumnya terjadi penurunan 1.4 persen, rebound di bulan Oktober dengan kenaikan 1.4 persen.

Berdasarkan cakupan wilayah, Retail Sales Kanada bulan Oktober dilaporkan naik untuk semua wilayah. Kawasan yang mencatatkan pertumbuhan terbesar seperti Ontario, Quebec dan British Columbia yang menyumbang sebagian besar kenaikan.

 

CPI Kanada November Tumbuh Moderat

Departemen terkait juga merilis data Consumer Price Index atau Inflasi Kanada bulan November naik sebesar 0.3 persen setelah naik 0.1 persen di bulan Oktober, sekaligus melewati estimasi ekonom untuk  kenaikan 0.2 persen. Dengan demikian CPI Kanada tumbuh 2.1 persen YoY hingga bulan November.

Harga naik di tujuh dari delapan komponen Indeks Harga Konsumen, dengan Indeks Transportasi dan Shelter (Penampungan) memberi kontribusi terbesar terhadap kenaikan data CPI Kanada bulan November. Indeks Makanan dalam basis tahunan juga tercatat mengalami peningkatan sebesar 1.6 persen YoY.

281610

Pandawa punya minat besar terhadap dunia kepenulisan dan sejak tahun 2010 aktif mengikuti perkembangan ekonomi dunia. Penulis juga seorang Trader Forex yang berpengalaman lebih dari 5 tahun dan hingga kini terus belajar untuk menjadi lebih baik.


18 Jul 2019

15 Jul 2019