Advertisement

iklan

Punya pertanyaan tentang forex?
Silahkan kirimkan pertanyaan Anda disini, tim kami akan berusaha memberikan jawaban yang terbaik.


Kirim Pertanyaan Baru

acy

iklan

FirewoodFX

iklan

Alasan USD Melemah Terhadap Yen

Analisa Fundamental

12 Mei 2017
New USD 11 Mei 2017 Pukul : 19.30 WIB Hasil PPI m/m, Unemployment Claims, Core PPI m/m semua bagus mengapa terhadap Yen melemah. Faktor apakah yang mempengaruhi. Terimakasih
16 Mei 2017

@ Ghufron:

Jika ingin trade by news AS (USD), untuk data tenaga kerja, inflasi dan kepercayaan konsumen trader biasanya masuk di EUR/USD, sedang untuk FOMC bisa di USD/JPY, EUR/USD dan GBP/USD. Data tenaga kerja adalah NFP dan Jobless Claims, inflasi meliputi CPI, PPI dan juga Core PCE, dan kepercayaan konsumen meliputi indeks UoM dan indeks CB Consumer Confidence. FOMC meliputi FOMC meeting, notulen FOMC dan pidato para anggota FOMC.

Mata uang safe haven JPY tidak selalu sensitif terhadap data tenaga kerja dan inflasi AS, tetapi biasanya sensitif terhadap FOMC terutama yang berhubungan dengan suku bunga The Fed. Selain itu JPY sebagai safe haven sangat sensitif terhadap kondisi politik global. Misalnya jika masalah nuklir Korea utara memanas maka JPY akan menguat (USD/JPY melemah) meskipun data ekonomi AS bagus atau The Fed menaikkan suku bunga.

Dalam trade by news kami selalu menyarankan agar tidak entry pada saat data dirilis, tetapi tunggu 30 menit - 1 jam setelah rilis data, dimana sentimen pasar sudah jelas. Pada kasus data PPI dan Jobless Claims 11 Mei lalu setelah 1 jam tampak sentimen USD/JPY yang bearish.



- Saat rilis data PPI / Jobless Claims, harga tidak menembus resistance 114.10
- 30 menit sesudahnya konsolidasi (terbentuk inside bar)
- 1 jam sesudahnya menembus level terendah mother bar dan juga menembus support 113.83.

17 Mei 2017

16 Mei 2017 pukul 15.30 WIB news GBP keluar hampir semua ok. Saya open GBP-Yen,  Buy,  TP 70. SL 40. Kok malah melemah hingga SL tersentuh. Faktor apakah yg menyebabkan GBP melemah

18 Mei 2017

@ Ghufron:

Secara fundamental hasil rilis CPI Inggris memang bagus. Anda masuk di GBP/JPY dimana pada jam tersebut pasar London dan pasar Tokyo sedang aktif, jadi baik GBP maupun JPY sama-sama aktif diperdagangkan, dan pada saat itu JPY sedang menguat (bisa dilihat dari USD/JPY yang turun):



Seperti telah kami jelaskan sebelumnya, JPY sebagai safe haven sangat sensitif terhadap kondisi politik global terutama di AS, karena jika ada ketidak-pastian di AS maka investor akan sell USD dan masuk ke asset safe haven termasuk JPY. Kemarin 16 Mei USD memang sedang melemah akibat tindakan presiden Trump (baca juga: Trump Bocorkan Rahasia Pada Rusia, EUR/USD Tembus 1.10 ). Saat ini politik di AS memang sedang ada masalah akibat ulah Trump, sejak dia memecat direktur FBI.

Dari analisa teknikal dan sentimen pasar:



1. Price action: terbentuk long tail pin bar (pin bar berekor panjang) yang menunjukkan kemungkinan bearish. Pin bar tersebut juga mengalami penolakan (rejection) pada level resistance kuat 146.83.
2. Indikator teknikal:
- Titik indikator Parabolic SAR berpindah ke atas bar candlestick, menunjukkan pergerakan harga yang cenderung bearish.
- Kurva indikator MACD berada dibawah kurva sinyal dan garis histogram OSMA juga berada dibawah level 0.00.
- Kurva indikator RSI berada dibawah center line (level 50.0) yang menunjukkan pergerakan bearish.

18 Mei 2017

Terimakasih Bung Martin atas penjelasannya yg sangat membantu

Pertanyaan-Pertanyaan Kategori Analisa Fundamental

Pertanyaan Penanya Balasan Dilihat Aktivitas
Fundamental hawkish dan dovish? Deni 8 2239 27 Jun 2017
Bagaimana cara membedakan berita di analisa fundamental? Dwi 7 2376 29 Jul 2015
Isu fundamental pada USD/JPY tanggal 7 Mei? Zulkifli Hasan 6 589 07 Mei 2018
USD tidak cocok dengan hasil NFP? Ben 5 1801 15 Sep 2015
Kenapa pounds anjlok padahal data sesuai ekspektasi? Tria Sinulingga 5 1620 05 Nov 2015
Kenaikan GBP saat ini karena Trump? Suci Fadhillah 5 581 17 Apr 2018