Punya pertanyaan tentang forex?
Silahkan kirimkan pertanyaan Anda disini, tim kami akan berusaha memberikan jawaban yang terbaik.


Kirim Pertanyaan Baru

Advertisement

iklan

FirewoodFX

iklan

Analisa Fundamental Aussie: Antara China Dan RBA

Analisa Fundamental

26 Mar 2014

Siang master, saya ingin menanyakan tentang berita bahwa meningkatnya harapan bahwa China, mitra dagang terbesar Australia, akan meluncurkan langkah-langkah stimulus baru guna memerangi pertumbuhan ekonomi yang melambat , itu artinya apa master? jika stimulus baru diluncurkan oleh China itu akan menguat atau melemahkan aussie? Satu nya lagi yg saya kurang ngerti Mengapa aussie masih kuat ya padahal RBA sejak lama menginginkan Aussie bergerak lebih rendah guna membantu menyeimbangkan perekonomian, bisa diperjelaskan gak master? Terima Kasih.

20 Okt 2017

@ Naufal:

Stimulus memang salah satu kebijakan bank sentral untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yaitu dengan menaikkan likuiditas di pasar (jumlah uang beredar). Biasanya dibarengi dengan penurunan suku bunga.

(Update Februari 2015)
Untuk lebih jelasnya silakan baca: Memahami Kebijakan Bank Sentral: Suku Bunga, Stimulus, Dan Intervensi

Jika bank sentral China melakukan kebijakan stimulus maka diharapkan pertumbuhan ekonomi China akan naik, dan itu akan berdampak positif pada perekonomian negara-negara mitra dagangnya termasuk Australia. Jadi dalam hal ini AUD akan cenderung menguat.

AUD menguat atau masih kuat karena pelaku pasar masih banyak yang buy AUD. Itu akibat dari banyak faktor, bisa karena faktor spekulasi, bisa karena data ekonomi Australia yang membaik, bisa juga karena harga komoditi yang sedang naik karena AUD termasuk dalam salah satu mata uang komoditi.

Yang realistis adalah suku bunga RBA pada tahun 2014 masih relatif tinggi dibandingkan suku bunga bank sentral negara-negara mata uang utama lainnya, yaitu sebesar 2.50%, sehingga masih diminati termasuk untuk carry trade.

Pertanyaan-Pertanyaan Kategori Analisa Fundamental

Pertanyaan Penanya Balasan Dilihat Aktivitas
Fundamental hawkish dan dovish? Deni 8 2242 27 Jun 2017
Bagaimana cara membedakan berita di analisa fundamental? Dwi 7 2380 29 Jul 2015
Isu fundamental pada USD/JPY tanggal 7 Mei? Zulkifli Hasan 6 589 07 Mei 2018
USD tidak cocok dengan hasil NFP? Ben 5 1802 15 Sep 2015
Kenapa pounds anjlok padahal data sesuai ekspektasi? Tria Sinulingga 5 1622 05 Nov 2015
Kenaikan GBP saat ini karena Trump? Suci Fadhillah 5 581 17 Apr 2018