Apakah Anda punya pertanyaan seputar trading?

FirewoodFX

iklan

FirewoodFX

iklan

Minta Solusi Kena Floating Emas

Cara Trading

16 Jan 2018
Kemaren sebelum tahun baru ane beli emas  di sell 6 unit di angka 1300 , sekarang harganya naik 1340, 
Ane mau minta solusinya master, udah pernah ke lock di 1321, terus ane tambah dana 100 lagi kemaren, kira2 ane harus bagaimana ya master..
Terima kasih..
19 Jan 2018

@ Rahmat:

- … ane beli emas  di sell 6 unit di angka 1300….
Mungkin maksudnya sell (jual) XAU/USD pada harga 1300. Kalau beli itu buy…
6 unit atau 6 lot? Satuan dalam trading emas itu lot Pak, bukan unit…

Sell XAU/USD pada harga 1300.00 dan buy (locking) pada harga 1321.00. Jadi Anda loss 2100 pip tetapi belum direalisasikan.
Kalau terjadi locking seperti itu kemungkinan besar Anda tidak menentukan stop loss saat membuka posisi sell tersebut. Tidak menentukan stop loss berarti tidak membatasi resiko, atau Anda tidak menggunakan money management. Locking sama saja dengan cut loss hanya belum terealisasi.

Locking memang bisa dibuka, tetapi tidak semudah yang dibayangkan karena harga tidak selalu bergerak seperti yang kita rencanakan. Selain itu kita harus selalu memonitor pergerakan harga jangan sampai terlambat action.

Membuka locking artinya mengurangi jarak locking pip Anda sedikit demi sedikit agar nanti bisa berbalik jadi profit (locking-nya jadi positif), tetapi kalau meleset jarak lockingannya bisa tambah lebar yang berarti kerugian Anda semakin besar. Sebenarnya membuka lockingan sama saja dengan membuka posisi baru.

Menurut saya tutup (close) saja posisi sell (1300.00) dan posisi buy (1321.00) tersebut, atau realisasikan kerugian Anda, dan selanjutnya cari momentum untuk masuk posisi lagi, tetapi gunakan money management yaitu tentukan besarnya resiko dengan memasang stop loss dan take profit dengan risk/reward ratio minimal 1:1.
Untuk keterangan lebih lengkap silahkan baca: Belajar Memahami Money Management

Tetapi kalau Anda tetap ingin membuka lockingan tersebut, silahkan baca caranya di sini.

23 Mar 2019

sya mau minta toling sya punya posisi lockingan di emas sy mau minta bntuan di harga brpa sja sya hrus lepas..diantara lokingan sebgai berikut

sel 1292. 000.2lot  

sel 1298.820.2 lot 

sel 1298 .970 2 lot

bay 1318.500 2 lot 

bay 319.00 2 lot

bay 1320.00 2 lot

sell 1308.600 1 lot

bay 1314.720 1 lot

mohon bantuanya dong.

25 Mar 2019

Untuk linda Aristina,

Dengan demikian Anda memiliki 7 pasang posisi terkunci (total 7 lot buy dan total 7 lot sell). Saya asumsikan pula bahwa dari kronologis yang Anda berikan, maka Anda telah bertrading tanpa SL. Artinya, Anda tidak membatasi kerugian jika bertrading tanpa SL, yang mana keputusan tersebut adalah keputusan yang sangat berbahaya dan membahayakan.

Terlepas dari apa yang mendasari Anda dalam pengambilan keputusan trading, saran saya untuk Anda yaitu Anda dapat merealisasikan saja kerugian yang ada saat ini dengan cara melepas/menutup semua posisi pada harga saat ini!

Dengan demikian, Anda tidak mempunyai beban posisi dan psikologis yang berat. Setelah semuanya clear dan sebelum Anda memulai trading kembali, ada baiknya Anda pelajari dahulu tentang Stop Loss dan Money Management. Karena kedua hal tersebut adalah kunci utama dalam kesuksesan bertrading. Dengan bertrading menggunakan Stop Loss dan Money Management yang benar, maka Anda dapat membatasi kerugian yang ada jika posisi yang Anda ambil ternyata berlawanan dengan market.

Setelah Anda memahaminya dan mencoba menerapkannya pada akun demo, maka Anda dapat kembali terjun pada akun real Anda dengan dana yang tersisa atau Anda dapat deposit ulang sesuai yang Anda inginkan dengan menerapkan sistem dan trading plan yang baru. Selalu patuhi segala rule yang sudah Anda buat dalam trading plan Anda.

Atau Anda dapat mengatasi posisi kunci atau hedge Anda dengan melepas salah kunciannya (posisi) satu persatu. Karena pada dasarnya, membuka posisi kuncian sama dengan membuka posisi baru. Hanya saja itu resikonya dua kali lebih besar dibandingkan buka posisi baru. Oleh karena itu, untuk melepaskan posisi hedge, dibutuhkan analisa dan keputusan yang tepat sesuai dengan arah market saat ini.

Pasalnya jika meleset, hedge akan semakin lebar dan kerugian semakin membengkak. Belum lagi jika broker yang Anda gunakan menerapkan sistem swap dan menarik komisi per transaksi, yang mana itu juga akan membantu melubangi akun trading Anda secara perlahan jika masih mempunyai posisi hedge.

Sebenarnya membuka hedge itu sederhana, sama seperti membuka posisi baru yakni jika harga naik maka posisi buy lah yang dipertahankan (sell dibuang). Sebaliknya, jika turun maka posisi sell yang dipertahankan (buy dibuang). Namun sekali lagi, meskipun terdengar sederhana tapi jika prediksi kita meleset maka jarak hedge akan semakin melebar.

Berikut beberapa opsi dan scenario untuk membuka posisi terkunci Anda:

Skenario BreakOut dan Metode Cutloss

breakout

Skenario breakout ini merupakan cara agresif dalam menyelesaikan posisi terkunci. Pasalnya, Anda diharuskan untuk berani menutup posisi dalam keadaan minus (cutloss)

Contohnya, pada skenario break on key support 1300. Setelah Anda menemukan breakout support yang terkonfirmasi, maka Anda bisa menutup satu atau beberapa posisi BUY. Jika Anda belum terbiasa untuk melakukan cutloss, tutuplah posisi yang floating minus-nya paling kecil. Setelah Anda menutup (cutloss) posisi buy, maka ketika harga tiba di support kunci selanjutnya, Anda harus menutup posisi SELL sebanyak posisi buy yang ditutup sebelumnya.

Misalnya, Anda melakukan cutloss untuk posisi BUY 1 lot yang 1314.72 pada harga 1300 (karena posisi ini memiliki nilai floating minus terkecil). Dengan demikian, Anda telah merealisasikan kerugian sebesar -$1472! Lalu kemudian harga tiba pada support 1288. Pada titik harga 1288 tersebut Anda HARUS melepas posisi sell sebanyak 1 lot! Posisi SELL yang sebaiknya ditutup adalah posisi sell yang berada pada 1308.60 (karena posisi tersebut merupakan posisi dengan floating profit terbesar). Artinya, Anda telah merealisasikan profit sebesar $2060! Dengan begitu Anda tetap mendapatkan keuntungan bersih sebesar $588 (-1472 + 2060), dan telah mengurangi jumlah kuncian sebanyak 1 pasang! Lakukan hal yang sebaliknya, jika menggunakan konsep break on resisten!

Skenario kedua adalah teknik Bounce dan Take Profit

bounce

Skenario ini merupakan skenario teraman, karena minimnya penggunaan (atau bahkan dapat merubah semua posisi menjadi profit) cutloss. Meskipun demikian, teknik ini membutuhkan kesabaran dikarenakan harus menunggu momentum yang tepat.

Contohnya, pada skenario bounce on support key 1300. Setelah Anda menemukan sinyal rejection pada support psikologis tersebut, Anda harus menutup posisi SELL sebelum harga akhirnya bergerak lebih tinggi. Lalu ketika harga telah mencapai titik tertinggi, maka Anda dapat menutup posisi BUY.

Misalnya saja saat harga berkonsolidasi disekitar level 1300. Anda menemukan sinyal rejection di area tersebut, sehingga emas berpotensi untuk naik. Maka, Anda harus melepas posisi SELL pada harga 1300 tersebut. Posisi sell yang memiliki profit pada titik harga tersebut adalah posisi sell 1 lot pada 1308.60. Dengan begitu, Anda baru saja merealisasikan keuntungan sebesar $860. Lalu kemudian harga menguat hingga berada pada resisten area 1335 (misalnya). Pada harga tersebut, Anda dapat menutup posisi BUY. Posisi buy yang sebaiknya ditutup adalah posisi buy 1 lot pada 1314.72. Artinya, Anda telah merealisasikan profit sebesar $2028. Dengan begitu, Anda telah menutup satu pasang posisi terkunci dengan mencatatkan keuntungan sebesar $2888 (860 + 2028). Lakukan hal yang sebaliknya, jika menggunakan konsep bounce on resisten.  

TLDR; Intinya, apapun teknik dan konsepnya, posisi hedging dapat dibuka dengan cara melepas Buy jika Anda Bearish dan melepas Sell jika Anda Bullish. Lakukan hal tersebut berulang kali hingga hedge Anda menjadi kecil atau bahkan profit!

Begitulah kurang lebihnya untuk melepaskan posisi hedge. Tentu, pada prakteknya akan jauh berbeda dengan teori karena diperlukan ketelitian dan keahlian khusus untuk menghasilkan akurasi analisa yang tinggi.

Semoga bisa membantu.

Kategori Cara Trading

Pertanyaan Penanya Balasan Dilihat Aktivitas
Apakah Open Order Ada Batas Waktunya? Jacob 7 11344 15 Mei 2015
Trading Untuk Wanita Karir? Monika Luhung 7 477 31 Jan 2019
Cara menentukan lot transaksi? Rega 6 6047 07 Jan 2017
Cara trading super simpel tapi profitable? Adi Handoko 6 2877 05 Jan 2017
Perbedaan Akun Standar, Mini dan Mikro? Junaidi 6 948 02 Des 2018
Waktu trading pair EURUSD? Adi Ms 6 201 07 Mei 2012