OctaFx

Ulasan Ekonomi Indonesia

   By: A Muttaqiena    View: 2787

Bank Indonesia Pangkas Bunga Guna Dorong Pertumbuhan

Bank Indonesia pada hari Kamis (18/2) memangkas suku bunga acuan BI rate untuk kedua kalinya tahun ini guna menopang perekonomian dan memanfaatkan momen ketika minat risiko di pasar negara berkembang meningkat.

   By: A Muttaqiena    View: 2304

Pertumbuhan GDP Selip Dari Ekspektasi, Rupiah Melemah Lagi

Badan Pusat Statistik (BPS) pagi ini (5/11) melaporkan laju pertumbuhan GDP Indonesia kuartal tiga 2015 lebih rendah dari ekspektasi meski lebih tinggi dibanding pencapaian periode sebelumnya. Di sisi lain, kurs Rupiah kembali melemah akibat terbukanya lagi kemungkinan kenaikan suku bunga AS.

   By: A Muttaqiena    View: 2359

Rupiah Melejit Lagi Menyusul Kembalinya Investasi

Rupiah dibuka melejit terhadap Dolar AS pagi ini (2/10) setelah melemah di awal pekan. Dari pemantauan USD/IDR Spot Exchange Rate di Bloomberg, mata uang berlambang Garuda ini tercatat sempat menguat hingga 13,420 dari penutupan sebelumnya 13,640 per Dolar AS.

   By: A Muttaqiena    View: 2168

Pasar Pesimis Fed Rate Naik, Reli Rupiah Masih Rapuh

Nilai tukar mata uang negara berkembang, termasuk Rupiah, reli pekan ini setelah laporan ketenagakerjaan AS yang mengecewakan membuat pelaku pasar makin pesimis Fed rate bisa dinaikkan dalam tahun 2015. Namun tadi pagi (10/8) Rupiah sedikit melangkah mundur terhadap Dolar AS.

   By: A Muttaqiena    View: 2538

Rupiah Menguat, Diperkirakan Akan Terstabilisasi

Kurs Rupiah terhadap Dolar hari ini (6/10) melejit. Setelah dibuka di 14,481.50 di pasar uang tadi pagi, Rupiah meroket ke 14,224 per Dolar AS saat ulasan ini ditulis. Sebelumnya, Rupiah sempat menguat akibat lemahnya data ketenagakerjaan AS.

   By: A Muttaqiena    View: 1700

Setahun Manufaktur Indonesia Tertekan, Rupiah Masih Jadi Masalah

Indeks PMI Manufaktur yang mengukur kondisi bisnis di sektor manufaktur Indonesia kemarin (1/10) dilaporkan kembali kontraksi untuk keduabelas kali berturut-turut. Depresiasi rupiah dan inflasi masih menjadi masalah krusial.

   By: A Muttaqiena    View: 2936

Rupiah Tertekan, Dikhawatirkan Korporasi Gagal Bayar Utang Eksternal

Rupiah masih diperdagangkan di level terendah 17 tahun pagi ini (14/9) meski Pemerintah telah meluncurkan paket stimulus untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi pada Rabu pekan lalu. Seiring dengan depresiasi Rupiah, sejumlah analis mulai menyerukan kekhawatiran akan bahaya lemahnya nilai tukar terhadap utang luar negeri Indonesia.

   By: A Muttaqiena    View: 1666

PMI Manufaktur Masih Kontraksi, Inflasi Indonesia Melambat

PMI Manufaktur Indonesia bulan Agustus dilaporkan meningkat, sementara laju inflasi turun tipis pada bulan yang sama. Biaya produksi masih terus tinggi akibat depresiasi Rupiah, tetapi para produsen tidak bisa mengoper kenaikan biaya ke konsumen akibat lemahnya permintaan.

   By: A Muttaqiena    View: 2035

Fokus Stabilisasi Rupiah, BI Perketat Syarat Beli Dolar

Pada Rapat Dewan Gubernur kemarin (18/8), Bank Indonesia memutuskan untuk membiarkan suku bunga acuan berada pada 7.5%. Di saat yang sama, bank sentral juga mengumumkan pengetatan persyaratan untuk membeli Dolar.

Tampilkan 10 Lagi

Saham BEI

SHARE:

SHARE: