Advertisement

iklan

Analisa CAD/CHF: Peluang Buy Memanfaatkan Koreksi

Posisi buy diambil untuk memanfaatkan koreksi dalam trend turun Weekly yang masih berlangsung.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Assalamualaikum dan selamat malam para pembaca...

Analisa ini menggunakan metode Trend, Level, Signal atau disingkat TLS dan dilengkapi dengan data positioning dari Commitment of Traders (CoT). Untuk metode TLS, trend dilihat di time frame Weekly, level di time frame Daily, dan sinyal di time frame H4. Simak penjelasan di bawah ini untuk lebih detail.

 

CAD/CHF Weekly: Trend Turun

Pada grafik Weekly, trend yang sedang berlangsung adalah trend turun; ditunjukkan oleh Top dan Bottom yang semakin menurun. Posisi buy yang akan diambil melawan arah trend karena memanfaatkan koreksi dari trend turun. Selain itu, kita perhatikan juga data positioning dari CoT untuk melihat pergerakan uang (Smart Money) dari non-commercials (hedge fund, institutions).

CAD/CHF Weekly

 

Data Positioning (CoT CAD dan CHF)

CoT History CAD

 CoT History CHF

Dari data positioning di atas, terlihat data CAD yang bearish sementara CHF cenderung bullish. Net positions CAD berubah menjadi minus sejak memasuki minggu kedua Maret lalu. Tanggal 3 Maret, net positions CAD sebesar 10,579, tapi pada tanggal 10 Maret net positions-nya sudah -1,990. Pada minggu kedua ini, jumlah posisi short, lebih banyak daripada long, dimana posisi long berkurang 7,136 dan posisi short bertambah 5,433.

Penurunan yang signifikan terjadi pada 24 Maret, ketika posisi long berkurang sebesar 21,791. Hal ini menunjukkan para trader besar sedang melikuidasi posisi long atau berpandangan bahwa CAD akan bearish lebih lanjut (Baca juga: Apa Maksud Dari Sentimen Pasar?).

Di sisi lain, net positions CHF mencapai nilai tertinggi dalam 6 bulan terakhir pada 17 Maret lalu dengan nilai 7,374. Pada minggu tersebut, posisi short berkurang sebesar -6,276. Akhir tahun 2019, net positions CHF masih minus (-) dan berkisar di angka -20,000 hingga -10,000-an. Namun sejak awal tahun 2020, net positions-nya didominasi plus (+) hingga saat ini, menunjukkan para trader besar sejak akhir tahun lalu hingga saat ini mulai akumulasi dengan melikuidasi posisi short CHF.

Dengan demikian, pair CAD/CHF masih bearish didukung oleh data net positions dan trend turun di time frame Weekly. Selanjutnya, kita perhatikan time frame Daily untuk melihat pergerakan harga lebih jelas.

 

CAD/CHF Daily: Level resisten 0.6900

Pada grafik Daily, koreksi harga masih berlangsung dan sedang menguji resisten 0.6900. Posisi buy akan diambil ketika harga berhasil break resisten tersebut.

CAD/CHF Daily

 

CAD/CHF H4: Break Resisten Untuk Buy

Pada grafik H4, harga sudah berhasil break resisten 0.6900. Posisi buy diambil di harga 0.6923 dengan Stop Loss di harga 0.6850.

CAD/CHF H4

 

Posisi Buy CAD/CHF

  • Entry: 0.6923
  • Stop Loss (SL): 0.6853 (70 pips)
  • Take Profit (TP): 0.7063 (140 pips)

 

Perhatian:

  1. Selalu gunakan Money Management yang baik (1-2% risiko per transaksi)
  2. Geser SL ke harga entry ketika harga telah mencapai rasio risk/reward 1:1.
  3. Close posisi segera mungkin (emergency exit) apabila harga membentuk candlestick reversal (engulfing, piercing line, long shadow) yang berlawanan dengan arah posisi pada time frame Daily.
  4. Close sebagian (50%-70% dari volume awal) apabila harga mencapai TP.

 

Update 12 April 2020

CAD/CHF Daily

CAD/CHF H4

Posisi buy hampir kena stoploss di harga 0.6843 ketika harga membuat low hingga 0.6847. Posisi ditutup di harga entry (BEP) setelah harga tidka berhasil naik lebih tinggi dan turun kembali ke harga entry.

Arsip Analisa By : Rizki Rosadi
292537

Sudah aktif dalam dunia trading sejak 2012 dan masih terus belajar untuk menjadi lebih baik. Awal mula trading dengan menggunakan EA, dan akhirnya pada 2014 fokus trading manual dengan terus riset pada metode trading. Saat ini, saya merupakan seorang Discretionary Trader yang menggunakan Trend Following dengan metode breakout.