Outlook Emas Setelah Kembali Rebound Di Atas 1300

XAU/USD mendapatkan dorongan akibat dari ketegangan antara Korut-AS yang menyebabkan anjloknya bursa saham AS dan meningkatnya permintaan aset haven.

FirewoodFX

iklan

FirewoodFX

iklan

General Overview

Logam kuning emas kembali menguat hingga level 1310 semalam, setelah sempat tertolak di level 1288 kemarin. Penguatan harga emas seirama dengan melemahnya dollar, dikarenakan ketegangan geo-politik Amerika Serikat yang hingga kini belum usai dan bahkan terancam akan semakin memburuk. Seperti yang dilansir dari MarketWatch, indeks pasar saham AS ditutup lebih rendah pada hari Senin dengan dipimpin oleh penurunan tajam pada saham teknologi.

Meningkatnya ketegangan antara Korea Utara dan AS menambah keadaan yang suram di Wall Street. Indeks S&P 500 turun 5.56 poin atau 0.2%, ke level 2.496,66. Sektor teknologi turun 1.4%, melebihi kenaikan di sektor energi dan konsumen.

Indeks Nasdaq Composite yang diisi perusahaan-perusahaan berteknologi tinggi merosot 56.33 poin atau 0.9% ke level 6,370.59. Dow Jones Industrial Average turun 53.84 poin atau 0.2 %, ke level 22,295.75. Saham perusahaan teknologi besar termasuk yang berkinerja terburuk. Saham Netflix Inc. dan Facebook Inc. anjlok hampir 5%, meskipun kedua saham tersebut melonjak lebih dari 40% dari tahun ke tahun.

Sedangkan XAU/USD mendapatkan dorongan akibat dari ketegangan antara Korut-AS yang menyebabkan anjloknya bursa saham AS dan meningkatnya permintaan aset haven. Pasalnya, ada laporan yang mengindikasikan ketegangan tersebut akan semakin memburuk. Ditambah lagi dengan statement Korut yang menyatakan akan menembak jatuh pesawat tempur AS jika berani mendekati wilayahnya, semakin memperkeruh keadaan.

XAUUSD Daily

 

Analisa dan Rekomendasi

Perhatikan chart H1 berikut ini. Harga pada XAU/USD kini telah berada pada level di atas 1300 kembali.

XAUUSD H1

Setelah sempat terkoreksi hingga 1288 dan berkonsolidasi pada range terbatas pada area antara 1290-1300 (green box), emas kembali bersinar setelah break dari zona konsolidasi tersebut; terdorong oleh kondisi geopolitik yang sedang memanas saat ini.

Tertolaknya logam kuning ini dari level support 1288 dapat juga digunakan sebagai indikasi bahwa fase korektif nampaknya akan usai, sehingga cepat atau lambat logam ini akan kembali rebound untuk kembali pada tren naik. Ditambah lagi pair ini sudah berada di atas 1300 kembali yang semakin memperkuat bahwa sentimen bullish yang sedang aktif saat ini. Oleh karena itu, melihat peluang yang ada maka scenario yang dapat dipakai untuk acuan trade hari ini adalah BUY.

Adapun skenario dan acuan yang dapat dicoba sebagai entry point adalah sebagai berikut.

  1. Perhatikan harga saat ini. Saat analisa ini ditulis, harga sekarang pada 1308 sedang berkonsolidasi setelah mencapai high 1311 semalam. Harga saat ini dekat dengan resisten 1308.42, sehingga untuk beberapa saat ke depan akan ada perlawanan dari kedua belah pihak yang biasa terjadi di sekitar area tersebut. Tarik ulur harga akan terjadi di area tersebut sehingga menyebabkan pergerakan menjadi sideways dan penuh dengan noise. Sedangkan level 1308.42 tersebut adalah kunci untuk peluang entry Buy saat ini, maka pastikan harga benar benar mampu break level 1308.42 dan terkonfirmasi oleh indikator teknikal dan price action yang ada agar terhindar dari noise atau false breakout. Jika terkonfirmasi, maka peluang buy dapat dibuka dengan target setidaknya pada 1314.55. Dan stop loss dapat diletakkan di atas swing high terdekat.
  2. Namun jika logam ini turun, maka logam ini akan menguji kembali level 1300 sebagai retest. Perhatikan level 1304.80. Jika level tersebut tertembus dan terkonfirmasi sehingga bergerak stabil di bawahnya, maka ada indikasi bahwa XAU/USD akan terkoreksi kembali untuk retest level 1300 atau bahkan di bawahnya. Maka dengan kata lain posisi Sell dapat dibuka hanya di bawah 1304.80 sesaat setelah terkonfirmasi. Level stop bisa diletakkan di atas swing high terdekat.

Selalu ingat dan pahami resiko dan money management anda sebelum bertransaksi! Keep Your Trading Safe and Have a Good Trade!

R3 : 1319.23
R2 : 1314.55
R1 : 1308.42
Pivot : 1304.4
S1 : 1300
S2 : 1294.87
S3 : 1289.44

*Penulis merupakan trader aktif pengguna strategi Intraday Breakout, sekaligus akun manager di sebuah perusahaan pialang lokal. 

Arsip Analisa By : Erik Tri Cahyo

Erik Tri Cahyo merupakan Forex Expert, Technical Analyst, sekaligus Account Manager di sebuah perusahaan pialang lokal. Strategi yang digunakan terutama Trend-following dengan kaidah Breakout dan Bounce.


Ang Noegroh
Saya newbie mas erik Ada yg Saya tanyakan, saya ada posisi saat ini 1290.60 open sell dengan kondisi market dan panasnya geopolitik apakah bisa kejemput dengan posisi open sell saya? Terima kasih
Erik Tri Cahyo
Untuk Ang Noegroh,

Jika yang anda tanyakan apakah posisi sell anda akan profit (terjemput take profit)? Maka jawabannya bisa saja terjadi.  
Karna pada dasarnya, pair XAUUSD ini secara teknikal memang sedang dalam tekanan bearish-korektif. Selama logam ini masih berada di zona merah dibawah 1300, maka peluang bearish masih terbuka.

Coba anda perhatikan chart D1 berikut:


Terlihat dari chart tersebut bahwa sebenarnya pair ini sedang dalam tekanan. Semenjak menembus level 1300 (21-9-2017) logam ini secara umum sedang dalam tekanan jual.

Harga secara garis besar bergerak dibawah garis tengah Bollinger Band yang menandakan sentimen bearish. Indkator OsMA juga telah memberikan sinyal jual karena bergerak diarea negatif. Sedangkan indikator RSI telah crossing kebawah level 50 yang menandakan telah terjadi perubahan sentimen.

Sedangkan level 1300 yang berperan sebagai resistan juga belum mampu dilewati kembali. Rebound sesaat yang terjadi pada Senin kemarin belum dapat dinyatakan valid, karena nyatanya logam ini terpukul mundur hingga dibawah level 1300 kembali.

Sedangkan dari sisi fundamental, nada hawkish yang dilontarkan Janet Yellen semalam, membuat optimisme dollar untuk dapat meningkatkan suku bunganya. Sentimen positif bagi dollar, dan tentu sentimen negatif bagi emas. Hal ini juga yang membuat breakout level 1300 yang terjadi pada Senin kemarin menjadi tidak valid.

Untuk lebih lengkapnya, anda dapat menyimak ulasan analisa emas hari ini, 27 September di sini