Keep Smiling When You're Trading

62846

Tahukah Anda senyuman dapat mempengaruhi mood untuk bertrading? Simak ulasannya di artikel ini.

Advertisement

iklan

FirewoodFX

iklan

Saya masi inget saran pertama dari mentor saya saat pertama kali belajar trading: selalulah menjaga kondisi yang nyaman saat trading. Trading-lah sambil tersenyum. Tadinya saya protes, apa hubungannya? Emangnya kalo kita trading sambil senyum, trus langsung pips jadi ijo gitu? Iya emang sih, pengaruhnya gak langsung seperti itu. Mosok floating negatif langsung berubah jadi ijo klo kita senyumin sih. Itu mah sulap namanya. Lalu apa pengaruhnya kita trading dengan senyum dengan perolehan profit?

Saya jadi inget setahun yang lalu saya baca e-book dan liat dvd tentang The Secret. Secara singkat kalo boleh saya jelaskan, teori ini mengatakan bahwa apa yang kita pikirkan dan apa yang kita rasakan akan "menarik" hal yang "serupa". Artinya, kalo pikiran dan perasaan kita positif, maka akan menarik hal-hal yang positif. Sebaliknya kalo pikiran dan perasaan kita negatif, maka akan menarik hal-hal yang negatif pula. Sebenarnya mungkin anda pernah mengalami bukti dari teori tersebut.

smiling_trader
Contohnya, pernahkah anda mengalami "hari buruk" yang diawali dengan sesuatu kejadian buruk di pagi hari, yang akhirnya mempengaruhi mood anda seharian, sehingga apa yang anda alami seharian juga cenderung buruk? Sebenernya bukan kejadian-kejadian buruk yang anda alami pada hari buruk itu bukanlah suatu kebetulan. Kondisi psikologis (mood) anda yang buruk itulah yang "menarik" kejadian-kejadian buruk tersebut.

Sebenernya cara paling mudah untuk menjaga kondisi psikologis selalu positif adalah dengan tersenyum. Gak percaya? Coba deh anda tersenyum, otomatis kondisi psikologis akan terbawa positif. Tapi, gimana dong kalo seandainya kita terlajur bad mood? Bagaimana cara supaya mood kita tetep positif meskipun mengahadapi kejadian buruk? Ok, ada satu tips mudah untuk merubah mood negatif jadi positif. Kalo satu saat mood kita tiba-tiba cenderung buruk, cepet-cepatlah memikirkan hal-hal yang menyenangkan.

Misalnya: kejadian-kejadian lucu atau menggembirakan yang pernah kita alami, berpikir tentang orang yang kita sayangi (ini mood switching yang paling sering saya lakukan), atau sekedar membayangkan tingkah lucu binatang peiharaan kita misalnya. Atau, putarlah lagu atau musik yang ceria dan ikutlah berdendang, dijamin suasana hati akan berubah menjadi ceria. Anda merasa susah melakukannya? jangan khawatir. Susahnya palingan cuma di awal-awal aja kok. Lama kelamaan anda akan menemukan "mood switching" atau sesuatu yang bisa merubah mood anda dengan cepat, yang bisa anda gunakan segera saat mood cenderung jelek.

Anda sudah trading dengan mood positif, tapi kok tetep aja kebakaran pips? Ya, setidaknya anda tetap dalam kondisi tenang menghadapi saat-saat yang anda anggap tidak menyenangkan itu. Jadi, apapun tindakan anda untuk menghadapi saat tersebut akan anda lakukan dengan tenang dan tidak terbawa kondisi panik atau bad mood. Keputusan yang membawa hasil terbaik adalah keputusan yang diambil dalam kondisi tenang alias mood positif. Bukankah trading sejatinya adalah sekumpulan proses pengambilan keputusan? Mulai dari keputusan memilih pair, keputusan memilih indikator, keputusan untuk mengambil posisi buy/sell, keputusan penggunaan margin, keputusan menentukan TP /SL dan lain-lain. Itulah mengapa, trading sangat dipengaruhi aspek psikologis.

Bahkan ada yang bilang kalo trading itu 10% technical, 90% psikologi. Nah, sekarang, bagaimana kondisi mood anda? Sedang bad mood? Wew, segera tutup trading platform anda dan lakukan dulu mood switching. Putarlah lagu yang ceria, pikirkan hal-hal yang menyenangkan. Anda merasa gak punya sesuatu yang menyenangkan untuk dipikirkan? Waduuhh… stop-stop. Hapuskan pikiran buruk itu. Syukurilah apa yang anda punya sekarang. Selalu ada hal-hal positif yang bisa kita syukuri kok. Lah, setidaknya, anda masih bisa browsing, masih bisa baca artikel ini, berarti anda masih punya sarana dan prasarana, dan anda masih punya mata untuk melihat. Bukankah itu hal yang sangat pantas untuk disyukuri?

Ok, mood anda sudah positif? That’s great! Keep smiling. Silahkan buka trading platform anda. Happy trading and Good luck!

Awalnya, Greenpips merupakan ibu rumah tangga biasa. Namun, kemudian mengenal forex di perguruan tinggi, dan setelah itu memutuskan membuat tesis mengenai Expert Advisor. Paling suka menggunakan Fibonacci dalam trading.


Derix Squad
keep smiling walaupun pips merah atau ijo... kalo pips ijo senyumnya manis, tapi kalo pips merah senyumnya kecut, betul ga gan?
kan yang penting tetep senyum to? wkwkwk
Heri Sutowo
Saya suka dengan bagian Bukankah trading sejatinya adalah sekumpulan proses pengambilan keputusan? Menurut saya itu adalah kalimat yang sangat logis untuk mengungkapkan betapa pentingnya pengaruh psikologis dalam kegiatan trading. Mulai dari tahap awal hingga penutupan, kondisi psikologis yang baik memang selalu dibutuhkan agar hasil tradingnya juga turut menyenangkan.

Dengan penjelasan lanjutan yang diberikan itu sangat membantu trader baru atau yang masih tidak percaya dengan pentingnya kondisi mental dan cenderung mengagung-agungkan teknikal untuk percaya pada pengendalian emosi yang berperan besar dalam trading. Pada dasarnya pergerakan harga memang terbentuk karena sentimen pasar, dimana sentimen itu sendiri adalah salah satu perwujudan dari pengaruh emosi yang kuat terhadap pergerakan harga berdasarkan kondisi yang telah ada.
Andika Saja
bgs mood positif. tp apa mood positif ada kaitannya sm rasa percaya diri? gw pernah dibilangi sama seorang mstr jg kalo trading itu ga baik dibarengi sm percaya diri yg terlalu berlebihan. apa ini artinya kita jg perlu batasin mood positif itu jadi ga terlalu positif? msl kita tetep positif tp kita jg pertahanin sdkt rs pesimis spy bisa tetep sigap sewaktu beneran terjadi loss.
Heri Sutowo
Andika saja: Ketika trader sedang merasa positif dan punya mood yang baik itu juga akan mendorong rasa percaya dirinya. Percaya diri juga diperlukan dalam bertrading sebenarnya, namun memang berbahaya kalau terlalu berlebihan. Untuk mengatasinya saya pikir tidak perlu mengurangi mood baik untuk trading, cukup sadar bahwa resiko rugi itu selalu ada dan tidak ada sistem terbaik yg konsisten 100% profit, maka biasanya trader sudah akan aman dari bahaya over-confidence. Mempertahankan kesadaran ini sewaktu trader mengalami winning streak juga sangat diperlukan supaya trader tidak lupa diri,

Tambahan lagi, kesigapan menghadapi kerugian itu bukan sepenuhnya berasal dari rasa pesimis saja, tapi lebih kepada sikap waspada dan sadar diri. Jika pesimis maka trader lebih baik tidak membuka posisi saja.
Oci Sid
Seumpama mood switching itu bisa dipicu dengan memikirkan orang yang disayang (read:pacar) terus tiba-tiba ada masalah (read:putus) apa bukanya itu ntar malah jadi beban? Bukanya jadi penyemangat tapi malah jadi bikin trading lebih enggak mood.
Rosa Singgih
ah iya betul jg ya :D jangan lupa senyum, soalnya senyum bawa berkah, he3, tapi ntah lagi kalo misalnya habis loss beruntun masih bisa senyum ato ngga...