Bank Santander Adopsi Blockchain, Pasar Kripto Menghijau

Bank Santandar meluncurkan sistem pembayaran lintas batas yang berbasis Blockchain. Kabar ini pun menghijaukan pasar kripto.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Bank Santander menjadi Bank Internasional pertama yang meluncurkan sistem pembayaran lintas batas yang dibangun dengan adopsi Blockchain. Layanan yang mereka sebut sebagai One Pay FX akan tersedia bagi para nasabah bank di Spanyol, Inggris, Brazil, dan Polandia.

Dalam wawancara yang dikutip di Financial Times, ketua eksekutif Bank Santander, Ana Botin mengatakan bahwa pihak mereka bertujuan untuk membuat platform pembayaran independen berbasis Blockchain, yang dapat digunakan oleh klien-klien di bank lainnya.

 

Bank Santander Adopsi Blockchain

 

 

Botin mengatakan bahwa Bank Santander sangat tertarik untuk terus mendorong proyek adopsi Blockchain selama dua tahun ke depan. Bank Santander juga berencana memperluas layanan ke lebih banyak negara dan jenis nasabah dalam beberapa bulan ke depan.

One Pay FX dibuat dengan teknologi buku besar Ripple yang berbasis di California. Platform ini memungkinkan pengguna untuk melihat jumlah uang saat tiba di tujuan sebelum transfer dilakukan. Selain itu, platform tersebut mampu memperpendek lamanya waktu yang biasanya dibutuhkan untuk transfer lintas negara. Jika transfer internasional biasanya membutuhkan waktu beberapa hari, maka One Pay FX memungkinkan transfer dalam beberapa jam saja. Bahkan untuk ke depannya, telah direncanakan transfer instan setelah platform mampu berjalan dengan lebih sempurna. Proses penyempurnaan One Pay FX ini ditargetkan untuk selesai pada musim panas.

Botin mengatakan dengan bangga bahwa, "Teknologi Blockchain menawarkan peluang luar biasa untuk meningkatkan layanan yang kami tawarkan kepada pelanggan. Peluncuran Santander One Pay FX adalah yang pertama dari sekian banyak aplikasi potensial."

 

Pasar Kripto Bersorak

Setelah kabar tentang adopsi Blockchain dari salah satu Bank Internasional terkemuka seperti Bank Santander, pasar kripto memberikan reaksi yang sangat positif. Hampir semua mata uang kripto naik antara 10% hingga 30%.

Bitcoin (BTC) mengalami kenaikan 17.97% di atas level $8,000. Sementara Ethereum (ETH), mata uang kripto terbesar kedua menurut kapitalisasi pasarnya, mengalami kenaikan 20.89%. Awal pekan ini (16 April), mata uang kripto tersebut sudah naik ke atas level psikologis $500, meski sudah mulai menunjukkan tanda-tanda koreksi. Ripple (XRP), sebagai basis Blockchain yang dipakai untuk platform One Pay FX tentu saja membukukan keuntungan yang paling besar, yakni 25.95% ke level $0.645. Saat berita ini ditulis, XRP/USD masih di level tinggi $0.653.

283244

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.