Data Ketenagakerjaan New Zealand Positif, NZD/USD Melonjak

Apiknya data lapangan kerja Selandia Baru selama kuartal ketiga disokong oleh peningkatan pekerjaan di bidang profesional dan administrasi. NZD/USD pun naik pesat.

FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

Departemen Stastistik Selandia Baru merilis data lapangan pekerjaan yang tumbuh sebesar 1.1 persen pada kuartal ketiga, mematahkan ekspektasi ekonom sebelumnya yang memprediksi pekerjaan akan sedikit melambat pada tingkat 0.5 persen. Sementara di periode sebelumnya, pertumbuhan lapangan kerja berada di level 0.6 persen.

Apiknya data lapangan kerja Selandia Baru selama kuartal ketiga disebabkan oleh peningkatan pekerjaan di bidang profesional yang naik sebanyak 33,000, dan pekerjaan di bidang administrasi yang meningkat 23,200. Dari sektor perdagangan, pekerjaan tumbuh sebanyak 7,300 (6.6 persen), sementara sektor pendidikan naik sebanyak 7,100 (4.6 persen).

Dari segi upah pekerja, sejak awal tahun hingga kuartal ketiga di bulan September, tercatat sektor swasta mendapatkan kenaikan sebesar 1.9 persen. Sementara itu, pekerjaan di sektor publik menerima kenaikan 1.5 persen di periode yang sama.

Kenaikan upah pekerja yang cukup signifikan tersebut membantu pergerakan NZD/USD, karena pertumbuhan upah erat kaitannya dengan tingkat inflasi. Perlu diketahui, Selandia Baru saat ini masih berjuang untuk meningkatkan inflasi menuju target RBNZ (Bank Sentral Selandia Baru).

 

Tingkat Pengangguran Turun Ke Level Terendah Sejak 2008

Dalam waktu bersamaan, Departemen Statistik Selandia Baru  juga merilis data tingkat pengangguran kuartal ketiga yang turun dari 4.4 persen menjadi 3.9 persen. Penurunan tersebut menorehkan rekor, karena pengangguran turun pada level paling rendah sejak 2008 lalu.

Tingkat Pengangguran New Zealand Turun

"Meskipun tingkat pengangguran kuartal ini lebih baik (dari ekspektasi), kami tahu Selandia Baru memiliki ekonomi kecil dengan pasar tenaga kerja yang dinamis, sehingga kerap terjadi perubahan besar, baik itu naik atau turun," kata Jason Attewell yang menjabat sebagai Senior Manager di Badan Stastistik Tenaga Kerja.

"Kami juga tahu, pertumbuhan pasar tenaga kerja NZ sedikit terlambat dibandingkan indikator ekonomi lainnya, yang menunjukan peningkatan dan membaik dalam beberapa bulan terakhir. Beberapa contohnya adalah peningkatan di sektor wisata, penjualan ritel, dan ekspor," tambah Attewell.

 

Dolar Selandia Baru Menguat Terhadap Semua Mata Uang Mayor

Pasca rilis data ekonomi yang sangat positif dari sektor ketenagakerjaan, Dolar NZ bergerak menguat terhadap major currencies lain. Pair NZD/USD naik 0.18 persen hingga berada di level 0.6749.

NZD/USD - 7 November 2018

Penguatan serupa juga terlihat pada pair NZD/JPY, yang saat ini berada di level 76.54. Sementara itu, pair NZD/CAD berada di level 0.8857. Sedangkan terhadap Dolar Australia, NZD menguat sebesar 0.22% dan menekan pasangan mata uang AUD/NZD ke kisaran 1.0726.

286057

Pandawa punya minat besar terhadap dunia kepenulisan dan sejak tahun 2010 aktif mengikuti perkembangan ekonomi dunia. Penulis juga seorang Trader Forex yang berpengalaman lebih dari 5 tahun dan hingga kini terus belajar untuk menjadi lebih baik.