OctaFx

iklan

Dolar NZ Bullish Berkat Kesepakatan Dagang AS-Meksiko

Tercapainya kesepakatan perdagangan baru antara AS dan Meksiko dalam perjanjian NAFTA telah meningkatkan minat risiko global, yang mendorong mata uang komoditas seperti Dolar NZ Menguat.

FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

Dolar Selandia Baru (NZD) bergerak menguat terhadap Dolar AS pada sesi Asia hari Selasa (28/8), didukung oleh kabar AS-Meksiko yang telah mencapai kesepakatan perdagangan dalam perjanjian NAFTA. Optimisme akan tercapainya kesepakatan yang sama kini tengah meliputi antisipasi untuk pembicaraan perdagangan dengan Kanada, yang kemungkinan besar akan dilakukan dalam minggu ini.

Pada saat berita ini ditulis, Dolar NZ sudah sedikit terkoreksi dan berada di kisaran 0.6688 terhadap Dolar AS. Padahal sebelumnya, NZD/USD sempat menyentuh level High sesi Asia di area 0.6712. Meski terpantau sedikit menurun, sejatinya NZD masih berada di atas harga Open harian 0.6687.

NZD/USD - 28 Agustus 2018

 

Detail Kesepakatan AS-Meksiko Belum Jelas, Dolar Komoditas Lebih Perhatikan China

Tercapainya kesepakatan perdagangan baru antara AS dan Meksiko telah meningkatkan minat risiko global. Akibatnya, mata uang komoditas seperti Dolar Selandia Baru, Dolar Australia, dan Dolar Kanada mendapat dorongan cukup besar sejak sesi Amerika pada hari Senin kemarin.

Pada tahap ini, detail Kesepakatan AS-Meksiko masih belum banyak dipublikasikan dan Kanada belum diikutsertakan. Pembicaraan antara AS dan Kanada diperkirakan akan dijadwalkan pada hari Selasa (waktu AS), saat Menteri Luar Negeri Kanada, Chrystia Freeland, akan berkunjung ke Washington.

Meski berhasil memperkuat Dolar Komoditas, kesepakatan NAFTA dinilai tak banyak berpengaruh dalam jangka panjang, karena masih ada risiko kebijakan dari China.

"AUD dan NZD agak enggan berpartisipasi dalam reli ini, kemungkinan karena satu alasan yaitu China. Baik Australia maupun Selandia Baru jauh lebih dipengaruhi oleh langkah PBoC yang mengambil sikap lebih lunak. Lagipula, kemajuan kesepakatan antara AS dan China belum terlihat," kata Philip Borkin, ahli strategi makro senior untuk ANZ Bank.

Karena tidak ada rilis data penting di sesi Asia hari ini, fokus pasar masih tertuju pada China. Selain itu, investor pada minggu ini juga menanti rilis hasil survei kepercayaan bisnis Selandia Baru, di tengah kekhawatiran terhadap potensi memudarnya tingkat kepercayaan bisnis di Negeri Kiwi tersebut.

285059

Pandawa punya minat besar terhadap dunia kepenulisan dan sejak tahun 2010 aktif mengikuti perkembangan ekonomi dunia. Penulis juga seorang Trader Forex yang berpengalaman lebih dari 5 tahun dan hingga kini terus belajar untuk menjadi lebih baik.