GDP Kanada Melesat, Loonie Mencoba Bangkit

GDP Kanada naik di bulan Februari, meningkat 0.4 persen karena dipicu oleh rebound pada sektor pertambangan dan ekstraksi migas.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Setelah mengalami sedikit penurunan di bulan Januari, pertumbuhan GDP Kanada naik cukup signifikan di bulan Februari. Sesaat setelah rilis data GDP Kanada, Loonie bergerak dalam volatilitas sedang dan mencoba menguat terhadap Greenback di awal sesi New York.

 

GDP Kanada naik di Februari 2018

 

 

Menurut laporan Departemen Stastistik pada hari Selasa (1/Mei) pagi waktu setempat, GDP Kanada naik 0.4 persen, lebih baik dibandingkan ekspektasi pasar yang memprediksi ekonomi hanya akan berekspansi sebesar 0.3 persen di bulan Februari. Sebelumnya, data GDP Kanada setelah sempat turun -0.1 persen di bulan Januari.

Kenaikan cukup signifikan pada nilai GDP Kanada bulan Februari, disebabkan oleh peningkatan di 15 dari 20 sektor industri. Pertumbuhan ini dipicu oleh rebound pada sektor pertambangan dan ekstraksi migas yang pada bulan-bulan sebelumnya sempat melambat. Sektor pertambangan, penggalian, dan ekstraksi migas memimpin pertumbuhan dengan mencatatkan kenaikan sebesar 2.4 persen.

Di samping rebound sektor pertambangan dan migas, produksi industri penghasil barang tumbuh 1.2 persen, didorong oleh aktivitas manufaktur dan konstruksi yang meningkat cukup pesat. Perlu diketahui bahwa sektor manufaktur Kanada tumbuh 1.0 persen selama Februari karena peningkatan industri yang memproduksi barang tahan lama (Durable Goods).

Selain itu, sektor konstruksi mencatatkan pertumbuhan 0.7 persen, didorong oleh peningkatan pada beberapa sub sektor seperti konstruksi hunian yang tumbuh 1.3 persen, konstruksi non-hunian (+0.6 persen), dan konstruksi perbaikan (+1.2 persen). Di sisi lain, terjadi penurunan tipis -0.2 persen pada sub sektor teknik serta jenis kegiatan konstruksi lainnya.

 

Dolar Kanada Berupaya Melawan Bullish USD

Hasil positif dari GDP Kanada berhasil menyokong CAD untuk menunjukkan perlawanan terhadap penguatan Greenback. Pada pukul 20:08 WIB, Loonie mencoba menguat terhadap Dolar AS; pair USD/CAD turun dan berada di level 1.2839, berusaha menjauhi level High harian 1.2879. Pasangan mata uang tersebut diketahui melemah sebanyak -0.03 persen saat berita ini ditulis, tak sejalan dengan kenaikan Dolar AS terhadap mata uang lain yang sejak minggu lalu ditunjang oleh lonjakan yield obligasi.

283467

Pandawa punya minat besar terhadap dunia kepenulisan dan sejak tahun 2010 aktif mengikuti perkembangan ekonomi dunia. Penulis juga seorang Trader Forex yang berpengalaman lebih dari 5 tahun dan hingga kini terus belajar untuk menjadi lebih baik.


15 Jul 2019

18 Jul 2019