Advertisement

iklan

Kanada Mencetak Rekor Tingkat Pengangguran Terendah Sejak 1976

Prestasi Kanada menekan tingkat pengangguran hingga mencapai level terendah sejak tahun 1976, sontak diapresiasi pasar dengan ramai-ramai menjual USD/CAD.

acy

iklan

Advertisement

iklan

Loonie menguat lebih dari 0.6 persen ke kisaran 1.3280 versus Greenback pada perdagangan sesi New York (7/Juni). Posisi USD/CAD terendah dalam tujuh pekan tersebut digapai, setelah rilis data ketenagakerjaan Kanada yang amat cemerlang berhadapan dengan laporan NFP AS yang sangat mengecewakan. Prestasi Kanada menekan tingkat pengangguran hingga mencapai level terendah sejak tahun 1976, sontak diapresiasi pasar dengan ramai-ramai menjual USD/CAD.

USDCAD Daily

Badan Statistik Kanada melaporkan bahwa Employment Change meningkat sebanyak 27.7k pada bulan Mei 2019, atau sekitar tiga kali lipat lebih besar ketimbang ekspektasi yang hanya 8.0k. Tingkat pengangguran Kanada juga anjlok drastis dari 5.7 persen menjadi 5.4 persen dalam periode yang sama. Padahal, survei Reuters sebelumnya memperkirakan kalau tingkat pengangguran bakal stagnan.

"Laporan ketenagakerjaan cemerlang lagi dari Kanada... (ini) jelas memberi kami keyakinan bahwa perekonomian Kanada mengalami pemulihan pada musim semi," kata Sal Guatieri, seorang ekonom senior dari BMO Capital, kepada Reuters.

Meski demikian, ada analis pasar lain yang meragukan data mengenai tingkat pengangguran ini. Andrew Kelvin dari TD Securities mengungkapkan, "Satu hal yang mencurigakan mengenainya, adalah karena (kenaikan ketenagakerjaan itu) hampir seluruhnya wiraswasta... Ketika Anda menyaksikan penurunan pada rekrutmen sektor publik dan privat, sukar untuk merasa optimistis."

Patut untuk dicatat bahwa sebuah data ekonomi minor lain yang cenderung mengecewakan, dirilis hampir bersamaan dengan laporan ketenagakerjaan Kanada ini. Kapasitas industri dikabarkan tumbang jadi 80.9 persen pada kuartal pertama tahun 2019, level terendahnya dalam lebih dari tiga tahun terakhir. Penyebabnya adalah pelemahan sektor ekstraksi migas, penggalian, dan pertambangan yang memegang peran penting dalam perekonomian Kanada hingga saat ini.

288761

Alumnus Fakultas Ekonomi yang telah mengenal dunia trading sejak tahun 2011. Seorang News-junkie yang menyukai analisa fundamental, biasa trading forex dan saham menggunakan Moving Averages dan Fibonacci. Kini menulis topik seputar Currency, Stocks, Commodity, dan Personal Finance dalam bentuk berita maupun artikel sembari trading di sela jam kerja.


19 Ags 2019

15 Jul 2019

1 Ags 2019