Menu

Kamus Forex Trading



Uang yang disediakan untuk investasi, bukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan kata lain, uang dingin disisihkan secara khusus untuk investasi dan tak dibutuhkan dalam waktu dekat.

Penggunaan uang dingin wajib dilakukan oleh trader dan investor yang ingin terhindar dari beban psikologis karena tuntutan mendesak untuk memenuhi target tertentu, misalnya untuk memenuhi uang belanja bulanan, biaya pendidikan, dan sejenisnya.

Sebutan lain untuk minyak Brent (Brent Crude Oil). Selain WTI, harga UK Oil merupakan salah satu patokan untuk mengukur naik turunnya harga minyak mentah dunia. Pada chart harga, UK Oil dilambangan dengan kode BCO.

 

Nama sebutan untuk indeks saham FTSE 100, yang terdiri dari saham-saham blue-chip di LSE (London Stock Exchange). FTSE sendiri adalah perusahaan yang mengkhususkan diri dalam perhitungan indeks dan salah satu co-owner London Stock Exchange.

Dalam indeks FTSE, harga saham disusun dalam pemeringkatan berdasarkan kapitalisasi pasar, sehingga perusahaan besar membuat lebih banyak perbedaan pada indeks daripada perusahaan kecil.

 

Aset finansial yang mendasari harga dari suatu pasar derivatif. Misalnya saja, underlying asset dari option saham ABC adalah saham ABC itu sendiri.

Diartikan sebagai tingkat pengangguran. Ini merupakan salah satu data ketenagakerjaan berdampak tinggi yang menampilkan perbandingan antara jumlah tenaga kerja yang sedang tidak bekerja dan aktif mencari pekerjaan, dengan jumlah total tenaga kerja selama periode waktu sebulan.

Laporan ekonomi berupa indeks kepercayaan konsumen AS, yang secara khusus diterbitkan oleh lembaga independen University of Michigan's Institute for Social Research.

UoM Consumer Sentiment Index merupakan salah satu data indeks kepercayaan konsumen AS yang paling utama dan diperhatikan pasar disamping data rilisan CB (The Conference Board). Indeks dibuat berdasarkan survei terhadap 500 konsumen mengenai kondisi ekonomi AS saat ini dan yang akan datang, dan dirilis dalam 2 versi dengan selang waktu 2 minggu, yaitu Preliminary (data awal) dan Revised (data final).

Perubahan harga terbaru yang menunjukkan kenaikan dari quote harga sebelumnya. Sebagai contoh, kenaikan harga EUR/USD dari 1.2500 ke 1.25100 merupakan suatu Uptick.

Istilah yang menunjukkan trend harga naik atau bullish. Uptrend umumnya ditandai dengan serangkaian Higher High (HH) dan Higher Low (HL) pada pergerakan harga.

Trader pengikut trend seringkali memanfaatkan Uptrend untuk mencari peluang Buy. Di sisi lain, trader pengikut strategi reversal biasanya menunggu momen tepat untuk Sell dari Uptrend yang akan berakhir karena telah memasuki fase jenuh beli (overbought) atau mengalami perlambatan momentum.

Yield obligasi pemerintah AS bertenor 10-tahunan. Naik turunnya yield ini sering diperhatikan oleh trader dan ekonom yang memantau pasar keuangan global karena 4 sebab:

  1. Mewakili suku bunga.
  2. Mempengaruhi bunga hipotek.
  3. Merupakan indikator sentimen investor.
  4. Inversi kurvanya dianggap sebagai pertanda resesi.

Sebutan lain untuk WTI (West Texas Intermediate) yang merupakan minyak bumi produksi Amerika Utara.

 

Nama untuk indeks saham Dow Jones. Dikatakan sebagai US30 karena Dow Jones terdiri dari 30 saham perusahaan dengan kapitalisasi pasar terbesar dan paling berpengaruh di Amerika Serikat. Selain US30, Dow Jones juga umum dikenal sebagai DJIA (Dow Jones Industrial Average).

 

Singkatan dari United States Dollar, yaitu mata uang Dolar Amerika Serikat. Sering juga disebut Greenback, USD merupakan salah satu mata uang mayor yang paling banyak digunakan di dunia. Itulah mengapa, pergerakan USD seringkali menjadi acuan untuk mengukur performa instrumen lainnya.

Mata uang mayor lain (GBP, JPY, EUR, AUD, NZD, CHF, CAD) yang berpasangan dengan Dolar Amerika Serikat disebut juga sebagai Pair Mayor.






KONTAK KAMI PASANG IKLAN BROKER BELAJAR ANALISA ARTIKEL TERM OF USE