Cara Menghilangkan Rasa Takut pada Forex

100112

Trading forex memang bukanlah hal mudah, tapi juga bukanlah hal yang tidak mungkin. trader hanya perlu menemukan kepercayaan diri untuk bangkit.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Dalam trading Forex, tidak semua trader bisa mencapai keuntungan yang diharapkan. Bahkan banyak di antaranya yang berakhir pada posisi rugi atau bangkrut. Maka tidak heran, jika banyak trader yang memutuskan untuk tidak  melanjutkan trading-nya, karena trauma atau pernah melakukan kesalahan yang menurut dirinya, sangat fatal. Padahal, dengan hanya berpikir seperti itu saja, maka segala hal tentang Forex akan menjadi sesuatu hal yang negatif. Trading Forex memang tidak mudah, tapi juga bukan hal yang tidak mungkin, apa yang trader perlukan (terutama para trader yang pernah gagal sebelumnya) adalah menemukan kepercayaan dalam diri mereka kembali dan bangkit dari keterpurukan.

Menghilangkan Rasa Takut pada Forex
Umumnya, trader pemula atau yang baru berkecimpung dalam Forex trading merasa ketakutan ketika melihat gejolak harga yang melawan transaksi trading-nya. Ketidakmampuan trader pemula ini untuk memutuskan apakah akan diteruskan atau ditutup adalah salah satu penyebab mengapa trader mengalami kegagalan trading. Sebagian besar dari mereka biasanya memutuskan untuk membiarkan trading-nya begitu saja, sampai akhirnya pasar sendiri yang secara otomatis menentukan apakah open position dari trader tersebut akan berprofit atau merugi. Trader yang sudah terlanjur panik, akan memiliki keterbatasan untuk berpikir dengan akal sehat, dan akan selalu terjebak dalam ketakutannya sendiri.

Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan mencoba memberikan perspektif lain mengenai trading. 1. Tanamkanlah dalam diri Anda, bahwa trade merupakan ide yang cemerlang untuk mendapatkan keuntungan yang berlimpah ruah.

2. Tanamkan juga pemikiran bahwa ketakutan yang Anda derita hanyalah masa lalu yang tidak perlu diungkit-ungkit kembali.
Terlebih lagi, jika kita berpikir untuk menghilangkan ketakutan dengan cara mengetahui pergerakan harga yang pasti. Ini adalah pemikiran yang tidak benar. Karena tidak ada satupun orang atau alat yang secara pasti mengetahui berapa harga yang akan terjadi di pasar forex.

3. Tanamkan pula dalam diri Anda, bahwa risiko dalam trading akan selalu ada.
Jika trader tetap belum bisa memahami risiko trading di sepanjang trading yang dia lakukan, sudah bisa dipastikan, selamanya trader tersebut tidak akan berhasil dalam trading.


Melawan Rasa Takut
Cara terbaik untuk melawan rasa takut pada pasar adalah dengan membuat sebuah perencanaan trading sebelum melakukan transaksi. Pahami terlebih dahulu risiko yang mungkin akan terjadi, di dalam trading yang nanti akan Anda pilih. Ketahui pula kemungkinan-kemungkinan terburuk yang mungkin akan terjadi. Manajemen risiko seperti ini sangat diperlukan untuk mengantisipasi trading, agar mendapat hasil yang sesuai dengan harapan, tapi tetap aman dalam menjalankannya.

Perlu diingat juga, bahwa kehilangan lebih dari 10% dari modal merupakan hal yang harus dihindari. Itu artinya kemungkinan risiko Anda merugi cukup besar, karena maksimum risiko yang dapat ditoleransi adalah sekitar 5% dari modal akun Anda.

Jika memang hasil transaksi yang akan didapat besar, Anda juga bisa memperbesar ukuran trade. Tetapi, simpan di benak Anda bahwa risiko kerugian tidak boleh melebihi batas maksimum, yaitu 5% dari balance. Karena jika dalam trading, Anda kehilangan 5%, maka Anda masih memiliki dana cadangan pada akun senilai 95% dari modal yang bisa dipergunakan untuk melakukan trading yang lain. Perencanaan ini wajib dilakukan dan dipatuhi, untuk menjaga trading Anda supaya tetap konsisten.

Kesimpulan
Rasa takut memang musuh nomor satu bagi para trader Forex. Dalam hal ini, jika Anda masih tetap merasa takut untuk terlibat dalam trading Forex, cobalah meluangkan waktu untuk memahami strategi-strategi, serta mempelajari batas risiko yang sesuai dengan gaya trading Anda. Bagi trader yang masih terjebak dalam ketakutannya, disarankan untuk tidak melakukan trading dengan uang asli terlebih dahulu. Cobalah untuk melatih trading Anda dengan menggunakan akun demo.

Akun demo ini juga bisa dijadikan sebagai alternatif cara untuk menghilangkan rasa takut atau trauma pada kegagalan–kegagalan trading sebelum. Oleh karena itu, manfaatkan akun tersebut, sampai Anda benar-benar memiliki strategi trading yang tepat dan mantap.



SFTeam merupakan hasil kerjasama beberapa personel tim Seputarforex untuk menghadirkan liputan akurat dan bermanfaat bagi pembaca. Cakupan bahasan menyeluruh hingga menjangkau fundamental, teknikal, dan berbagai aspek trading forex lainnya.


Andri Setia
hal2 yg disebutin diatas itu benar, tp stlah dipikirkan lbh lanjut bs juga salah.
1. trade merupakan ide yang cemerlang untuk mendapatkan keuntungan yang berlimpah ruah. mungkn efektif utk trader yg pesimisnya kebangetan. tapi buat sebagian besar orang malah cenderung menjerumuskan. tanpa adanya penekanan soal resiko dan penggunaan sistem yg benar, statement kayak gitu malah narik orang2 yang punya niatan cepet kaya tapi g mikirin resiko dan kurang berusaha.

2. ketakutan yang Anda derita hanyalah masa lalu yang tidak perlu diungkit-ungkit kembali. g berlarut2 sedih karena loss juga bagus buat mulihin semangat trading lagi, tapi bukan berati posisi yg loss itu g ngasih pelajaran apa2. diungkit2 buat diinget pelajarannya kan juga berguna. sapa tau di trading yg selanjut2nya ada masalah yg sama, trus trader bisa belajar dr pengalaman loss itu biar g ngelakuin kesalahan yg sama.
Argaaja
mantap gan, bener anggapan orang pinter, melihat segala sesuatu itu jangan cuma dari satu sisi.
mesti ada kelebihan en kekurangan disetiap hal, yang perlu diusahain itu caranya, caranya mengenali en manfaatin kelebihan itu en membatasi kekurangannya.
Ms Ronggo
Kehilangan jgn lebih dari 10% dari modal, berarti selama rugi nya ndak sampe sebanyak itu belom perlu merasa takut? Baru takut kalo itungan rugi nya udah sampe 10% dari modal?
Nah gimana tuh langkah seterus nya kalo sudah lebih dari 10% rugi? Apa baru disitu kita perlu hati2kan dan tradingnya baru boleh diikutin sama rasa takut?
Hari Santoso
Dalam menyikapi batas resiko yang seperti ini, jauh lebih baik apabila usaha dilakukan untuk mencegah agar rugi tidak sampai 10%. Jadi batas 10% itu bukannya dijadikan limit yang ditunggu supaya kita baru bisa serius. Karena trading yang seperti itu malah akan meningkatkan stres, dan sekali lagi membawa trading itu jadi beresiko tinggi.

Malah seharusnya rugi itu dikatakan untuk tidak lebih dari 5% kan? Makanya saya rasa 10% itu mungkin batas toleransi dari loss yang sudah terlanjur terjadi. Seumpama kerugian trading sudah melewati batas 5%, itu bisa dijadikan sinyal merah untuk trader memperbaiki performanya. Bisa dengan evaluasi dan berhenti sejenak agar pikiran bisa fresh. Yang jelas jangan terburu merasa takut dulu setelah loss.
Fibiriyanto Ersandi
sistem trading mang bisa jadi solusi dari ketidakpastian trading.
soal akun demo, menurut ane kok kayak pedang bermata 2 ye? disatu sisi emang bisa merilexkan pikiran2 takut, tapi disisi lain bisa bikin trader jadi kurang siap hadapin real trading. yang malah kalo nantinya beneran loss, efek trauma yang ditimbulin bisa lebih dasyat.
bukan mau jelekin dan nyaranin trader g pake akun demo loh, ane sendiri uda dapet banyak keuntungan dari ini, tapi ada kalanya kita perlu tau kapan mesti move on dari akun demo supaya g terlalu larut dn terbiasa trading sama resiko jadi-jadian
Impian Trader
masalah berat yang ditangani lebih dini tidak akan menakutkan. Jangan dihindari. Hadapi dan cepat selesaikan dengan tuntas. CUT LOSS....