Advertisement

iklan

Larry Williams, Trader Sukses Berkat Kombinasi Teknikal Dan Fundamental

Larry Williams adalah ayah dari aktris Michelle Williams. Akan tetapi, dibanding status sebagai ayah pemain film tenar, ia lebih terkenal karena kelihaiannya bertrading dan membuat indikator.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Para trader yang telah sukses dalam karirnya sebagian besar mendedikasikan pengetahuan dan waktunya guna mengembangkan dunia trading dan investasi seperti mendirikan perusahaan konsultan investasi, menjadi komentator di berbagai media investasi dan bisnis, atau menulis buku. Kita bisa mengambil manfaat positif dari kisah perjalanan karir dan pandangan mereka tentang dunia trading dan investasi.

 

Larry Williams

 

 

Larry Williams: Cara Trading Yang Efektif Itu Seperti Berlari

Larry Williams adalah seorang trader terkenal yang telah menulis banyak buku dan membuat berbagai indikator trading populer. Ia juga ayah dari aktris Michelle Williams yang sudah berkali-kali dinominasikan maupun memenangkan penghargaan Oscar dan Golden Globe. Akan tetapi, dibanding statusnya sebagai ayah pemain film tenar, Larry Williams lebih terkenal karena kelihaiannya bertrading.

Sebagai mantan pelari marathon, Larry Williams melihat kesamaan antara trader yang sukses dan pelari marathon yang sukses. Kesamaannya ada pada rasa lelah dan kesakitan yang dialami. "Setiap orang akan bisa berlari marathon jika mau berlatih dengan keras dan benar, sama dengan trading, jika Anda mau berlatih, Anda tentu akan menjadi trader yang tangguh dan sukses," kata Williams.

"Ketika Anda berlari marathon, akan selalu ada rute sulit yang tidak Anda sukai. Bahkan mungkin Anda merasa seperti berada di neraka ketika melewati rute itu, tetapi Anda harus bisa tetap bergerak maju. Kaki Anda yang satu harus tetap Anda gerakkan di depan kaki yang lain, harus, ingat Anda sedang berlari. Sama halnya dengan trading. Anda harus tetap melakukan trade, buy atau sell, ingat Anda sedang trading," jelas Williams.

"Pernah ketika sedang berlomba, kaki saya tiba-tiba kejang dan agak sakit. Saya memperlambat gerakan hingga rasa sakitnya berkurang. Sama juga dengan trading, ketika saya sedang loss, saya istirahat sebentar dan meneliti kembali kenapa posisi saya bisa loss," tambahnya.

 

Sukses Berkat Kombinasi Analisa Teknikal Dan Fundamental

Larry Williams memulai trading di pasar saham pada awal tahun 60-an. Sepuluh tahun kemudian, seorang teman menganjurkan agar ia mempertimbangkan untuk masuk ke pasar komoditi karena dengan modal yang sama return yang diperoleh bisa lebih besar. William menuruti anjuran itu dan benar, ia mendapatkan return yang jauh lebih besar dibandingkan trading di pasar saham.

Pada tahun 1987, Williams mengikuti program kejuaraan dunia trading pada Robbins World Cup Trading Championship (diselenggarakan oleh Robbins Trading Company) dan ia keluar sebagai pemenang setelah dalam 12 bulan bisa mengubah modal awal $10,000 (uang sungguhan) menjadi $1,100,000 atau profit sebesar 10900%, sebuah prestasi yang belum tertandingi pada waktu itu. Anak-anaknya mengikuti kesuksesan tersebut. Michelle Williams memenangkan kejuaraan yang sama sepuluh tahun kemudian, sedangkan anaknya yang lain Jason Williams telah menulis buku tentang psikologi dalam trading, "The Mental Edge In Trading".

 

Larry Williams dan Michelle Williams

 

 

Williams yang tinggal di Virgin Islands Amerika Serikat ini menyebut dirinya sebagai trader "kontekstual" yang menggunakan kombinasi analisa teknikal dan fundamental. Di dunia investasi finansial, Larry Williams dikenal sebagai pembuat bermacam-macam indikator. Diantaranya Williams %R, Ultimate Oscillator, Indeks COT, Accumulation/Distribution Indicators, juga beragam forecast siklus, sentimen pasar, dan pengukur nilai untuk harga-harga komoditas.

Williams %R adalah bentuk lain dari indikator stochastic yang lebih mudah diikuti, dan bisa ditemukan di platform trading Metatrader. Bicara mengenai penggunaan indikator Williams %R, ia mengatakan, "Saya berasumsi pada sentimen buy di pasar, oleh sebab itu penutupan harga akan selalu dekat dengan level tertingginya. Untuk menggunakan sebuah indikator, Anda harus selalu merujuk pada sentimen pasar."

 

Jangan Emosional Ketika Trading

Trader yang juga politikus dari Partai Republik ini kini trading untuk dirinya sendiri dan berfokus pada Treasury Bond Futures, S&P 500 dan forex. Time frame trading yang digunakan adalah daily (1-day) dan 3-days.

Apa pandangan Larry Williams tentang bisnis trading? "Yang saya sukai dalam bisnis ini adalah selalu berfikir ke depan. Kebanyakan orang berfikir tentang keadaan saat ini, tetapi para trader harus memikirkan apakah akan ada hujan 6 bulan dari sekarang? Apakah akan terjadi perang 10 bulan dari sekarang? Apakah akan ada kelaparan 2 tahun dari sekarang? Mungkin tempat yang cocok bagi saya. Saya sedang hidup di masa yang akan datang," katanya. Tetapi, "trading sangat rentan dengan emosi. Anda harus bisa membiasakan diri untuk tidak emosional ketika trading, atau Anda akan mengalami tekanan mental yang terus-menerus," tambahnya.

Apa nasehatnya untuk para trader pemula? "Seperti lari marathon, mulailah dengan perlahan. Sediakan waktu dan dana yang cukup untuk belajar dan berlatih. Biaya untuk belajar akan sangat murah dibandingkan pengalaman dan pengetahuan yang akan Anda peroleh dalam bisnis ini. Ketika trading, jika Anda merasa ada yang tidak beres, segera cut-loss, tetapi biarkan profit Anda ‘berlari’, Anda mesti mempunyai target." katanya.

Lanjut Williams lagi, "Pernah dalam kurun waktu tertentu saya jatuh bangun dalam trading. Hampir semua teman trader yang saya kenal telah meraih sukses dan terus maju dengan cepat". Bagaimana ia menghadapi saat-saat itu? "Berlari," jawab Williams.

 

Tahukah Anda? Bentuk dasar indikator William %R, Stochastic juga dibuat oleh seorang trader profesional pada zamannya. Seperti halnya Larry Williams, pembuat Stochastic juga mempunyai kisah inspiratif dari perjalanan karir tradingnya. Temukan seluk-beluk penjelasannya dalam artikel: George Lane, Trader Sukses Pencipta Indikator Stochastic.

Martin Singgih memulai trading sejak 2006. Pernah menjadi scalper dan trader harian, tetapi sekarang cenderung beraktivitas sebagai trader jangka menengah-panjang dengan fokus pada faktor fundamental dan Money Management. Strategi trading yang digunakan berdasarkan sinyal dari Price Action dengan konfirmasi indikator teknikal.


Joni
gk ada semoga.. pasti BISAA!!