Alat Bantu Tampilan Risk/Reward Pada Metatrader

Artikel ini menjelaskan cara yang paling sederhana dalam menampilkan stop loss dan level-level target sesuai dengan perhitungan risk/reward ratio yang digunakan trader.

FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

Artikel ini menjelaskan cara yang paling sederhana dalam menampilkan level stop loss dan level-level target sesuai dengan perhitungan risk/reward ratio yang telah Anda sepakati dalam rencana trading. Seperti Anda ketahui risk/reward ratio adalah salah satu komponen utama dalam money management. Bagi trader yang belum pernah menggunakannya, cara ini akan sangat membantu dalam menentukan level stop dan target karena bisa langsung diterapkan pada platform trading, termasuk pada platform populer Metatrader.

Berikut contoh tampilannya pada platform Metatrader:

Alat Bantu Tampilan Risk / Reward Pada

Selain mempermudah analisa trading Anda dalam melihat potensi risk/reward, penampilan level stop dan target akan sangat berguna untuk keperluan evaluasi dalam jurnal trading. Untuk menentukan level-level target, terlebih dahulu Anda harus menetapkan besarnya resiko atau level stop loss. Besar resiko dalam pip lazim disingkat dengan R (Risk), dan level-level target (profit) ditentukan berdasarkan R.

Untuk risk/reward ratio 1:2 maka besarnya resiko = 1R dan target = 2R. Risk/reward ratio tidak harus berupa perbandingan angka bulat, bisa juga pecahan semisal 1:1.3 tergantung dari analisa Anda pada kondisi pasar saat itu. Dengan menampilkan level stop dan target maka Anda tidak trading secara ’’buta’’, atau menentukan potensi loss atau profit hanya dengan perkiraan semata.

Memanfaatkan Fibonacci Retracement Tool pada Metatrader
Untuk menampilkan level-level stop dan target kita bisa memanfaatkan alat bantu Fibonacci Retracement pada platform Metatrader:

                             Alat Bantu Tampilan Risk / Reward Pada

Bisa juga masuk ke: Insert - Fibonacci - Retracement.
Kemudian akan tampak garis Fibonacci Retracement dengan level-level default Fibonacci Retracement (0. 23.6, 38.2, 50.0 dan seterusnya). Kita akan memanfaatkan level-level default tersebut dan menggantinya dengan level stop dan target yang kita kehendaki. Untuk itu kita harus tampilkan Fibo properties box dengan meng-klik kanan garis Fibo Retracement:

                             Alat Bantu Tampilan Risk / Reward Pada


Setelah itu kita delete semua level kecuali level 0 dan 1. Level 0 menunjukkan level stop loss atau besarnya resiko sedang level 1 menunjukkan level entry kita. Untuk itu pada kolom Description kita bisa tuliskan ’’STOP LOSS’’ untuk level 0 dan ENTRY untuk level 1. Anda juga bisa menuliskan apa saja sesuai yang Anda kehendaki untuk memudahkan pengamatan.

                                 Alat Bantu Tampilan Risk / Reward Pada

Kita bisa tambahkan (Add) level dengan angka 2 untuk level target yang besarnya 1R, dan angka 3 untuk level target yang besarnya 2R. Ini artinya jarak level 0 (level STOP LOSS) ke level 2 (1R) adalah 2 kali jarak level 0 ke level 1 (level ENTRY), demikian pula jarak level 0 ke level 3 (2R) adalah 3 kali jarak level 0 ke level 1. Jika dikehendaki level target 1.5 kali level resiko (risk/reward ratio = 1:1.5), maka angka pada level 2 diganti dengan 2.5, dan description-nya diganti dengan 1.5R. Selanjutnya level 4 adalah untuk level target yang besarnya 3R, dan seterusnya.

Selamat mencoba.

Martin Singgih memulai trading sejak 2006. Pernah menjadi scalper dan trader harian, tetapi sekarang cenderung beraktivitas sebagai trader jangka menengah-panjang dengan fokus pada faktor fundamental dan Money Management. Strategi trading yang digunakan berdasarkan sinyal dari Price Action dengan konfirmasi indikator teknikal.


Dhimas Akbar
Terima kasih saranya master. Baru tau garis fibo ternyata juga bisa dibuat nandai level2 sl, entry, sama target profit juga sekalian. Tapi master, yang pake garis bantu begini apa nggak cuma trader2 yang suka close manual aja?

Biasanya kalo pasang stop loss sendiri kan langsung aja ditentuin levelnya pake stop loss yang dari platform gitu. Karna fungsinya garis bantu ini kan kayaknya buat perjelas posisi-posisi stop loss entry dan semacamnya. Berarti untuk bantu trader yang closenya secara manual lihat dari naik turunnya harga di chart aja kan master?
Martin S
@ Dhimas Akbar:
Ya, fungsinya hanya sebagai alat bantu untuk menampilkan level-level stop loss dan target. Tidak hanya untuk trader yang menutup posisinya secara manual tetapi juga mereka yang mau menentukan level target secara otomatis, karena dari garis tersebut akan bisa diketahui level harganya.
Heruwijaya
Eh ane td udah nyoba cr begini, tpi kok trus level2 fibonacci yg sebelumx kok gbs balik y? Cr mbalikin fibox gimana nih yg simpel? Msk kudu ditulisin satu satu level2 fibonaccix?
Hanum Rizkian
coba buka window edit dari fibonacci retracement. di situ akan muncul level-level fibonacci yang sudah diedit settingannya hingga jadi seperti parameter di atas. ada pilihan "add", "delete", dan "default" di samping daftar level-level fibonacci tsb. coba klik default, maka settingan fibonacci retracement akan kembali seperti semula. tidak perlu memasukkan level-level defaultnya satu persatu. semoga ini bisa membantu.
Martin S
@ Heruwijaya:
Pada jendela Fibo retracement ada pilihan tab add, delete dan defaults, pilih yang defaults maka akan muncul setting default Fibo retracement-nya: 0.236, 0.382, 0.5, 0.618 dan 0.764.
A_siswanto
Gan ini cocok di tf apa yah?
Tf yg biasa dipake H4, tapi pas dipasang disana malah ga keliatan semua tuh level levelnya.
Nunggu pindah ke TF yang lebih gede baru bisa jelas baca garis 2 nya. Kl gitu apa ntar analisanya mesti pindah ngikutin ke TF yang lebih jelas itu?
Apa karna ini jarak antar entry, sl, & 1r terlalu jauh 2 an ya gan?
Kl coba disempitin apa bisa?
Hitungannya kan yang penting 1r itu 2x lipatnya sl ?
Martin S
@ A_siswanto:
Cara ini bisa digunakan pada tf berapapun karena hanya sebagai alat bantu menampilkan level-level entry, stop loss dan target. Kalau tidak terbaca coba periksa lagi jarak level stop dan entry dan juga target, apakah sudah proporsional...
Hanum Rizkian
solusi yang cukup menarik. di sini saya cukup penasaran dengan penggunaan level 0 dan 1 dari sekian banyak level fibonacci yang bisa kita pilih.

apakah ada alasan tersendiri yang membuat kita dianjurkan untuk memilih level-level itu sebagai tempat entri dan stop loss, ataukah itu hanya untuk mempermudah pengaturan dan penghitungan level risk/reward ratio?

karena seperti yang sudah diusulkan oleh @a_Siswanto di atas, jika memilih level yang lain seperti 0.236 dan 0.382 serta 0.5 maka akan lebih mudah terlihat di chart.

saya juga ingin memastikan: ketika harga naik kita tarik fibonacci dari kiri bawah ke kanan atas kan? saat itu, yang saya dapat poisi 1r justru ada di bawah entry, yang artinya menurut hal itu saya mesti pasang order sell, padahal uptrend masih terlihat cukup kuat.

apa ini berarti saya harus menunggu hingga harga turun menyentuh level entry baru saya bisa open sell?
Martin S
@ Hanum Rizkian:
Hanya sebagai alat bantu untuk mempermudah pengamatan. Angka 0, 1 dan 2 adalah angka-angka bulat yang mewakili risk/reward ratio yaitu level-level entry, stop dan target, sementara 0.236, 0.382 dan 0.5 mewakili level-level Fibonacci retracement. Karena bersifat retracement maka pergerakannya memang berlawanan arah dengan arah penarikan garis, supaya sesuai dengan yang diinginkan maka arah penarikan garisnya dibuat berlawanan yaitu dari kanan atas ke kiri bawah seperti berikut ini:
Ningrum
Selain dengan Fibo..berarti Pivot juga bisa dijadikan penentu Risk/Reward juga kan pak? Tapi kalo pake Pivot.. kita ikut TF di atas nya atau tetap ya pak? Misal kita biasa open di TF D1, nah..untuk mencari berapa besar jarak stop loss dan take profitnya, Pivot di pasang pada TF W atau tetap D1?
Martin S
@ Ningrum:
Dengan pivot point tidak bisa, karena tidak ada alat bantu untuk pivot point di Metatrader, yang ada indikator pivot point, dan itu dibuat berdasarkan level-level harga dari candlestick, yaitu level harga tertinggi, harga terendah dan harga penutupan. Jadi garis-garis yang muncul pada indikator pivot point sepenuhnya tergantung dari perubahan level harga dari candlestick-nya, tidak bisa kita setting seperti pada alat bantu Fibonacci retracement.