Advertisement

iklan

Pentingnya Disiplin Dalam Bertrading

Penulis

+ -

Memulai trading forex memang dibutuhkan bukan hanya melatih skill dalam waktu yang singkat saja. Kadang seorang trader pun harus dipaksa untuk jatuh bangun dalam menciptakan sistem yang dapat dihandalkan pada saat bertransaksi. Agar transaksi dapat dinyatakan berhasil dan sukses, kemauan yang kuat pun diperlukan.

iklan

iklan

Untuk memulai trading Forex memang dibutuhkan bukan hanya melatih skill dalam waktu yang singkat. Kadang seorang trader dipaksa untuk jatuh bangun dalam menciptakan sistem yang dapat diandalkan pada saat bertransaksi. Selain itu keberhasilan sebuah transaksi juga didukung oleh kemauan yang kuat, demi membantu trading berjalan dengan lancar.

Kemauan yang kuat di atas tidak bisa terjadi begitu saja, Anda harus bersabar dan senantiasa berlatih dengan tekun hingga akhirnya kesuksesan berpihak pada Anda. Memiliki tekad bulat serta kemauan yang kuat untuk mempelajari hal-hal mengenai trading dapat membantu terhindar dari kerugian dan kesalahan di dalam bertransaksi.

Setelah Anda mempelajari mengenai market dan mempelajari dasar-dasar Forex, maka tugas Anda selanjutnya adalah mencari guru yang berpengalaman atau patner. Memiliki guru dan teman diskusi dapat mempengaruhi pola pikir trading yang tidak hanya dapat mengasah skill, serta kemampuan bertahan, tapi juga mengasah psikologis dan mental Anda.

Seorang mentor dibutuhkan untuk mengukur kemampuan yang Anda kuasai dalam mempelajari trading. Bergabung bersama orang-orang yang sudah ahli di bidang Forex membuat Anda akan lebih cepat memahami Forex yang sebenarnya.

Bisa Anda bayangkan, jika Anda berada pada sekumpulan trader yang belum banyak pengalaman. Dapat dipastikan Anda akan sulit untuk berkembang. Sebab hanya dari masukan-masukan serta saran dan kritik yang membangun, Anda dapat bangkit dari setiap transaksi yang membuat down dan menjadikan Anda trader yang lebih baik. Tentunya hal ini tidak mungkin Anda dapatkan dari sekumpulan trader pemula, bukan?


Sistem trading Forex yang Sederhana

Yang dimaksud sistem trading Forex yang sederhana adalah sistem yang dapat digunakan ketika harga bergerak naik dan memberikan sinyal buy. Begitu sebaliknya, jika harga bergerak turun, sinyal pada sistem akan memberikan indikasi untuk sell.

Meski kalimat tersebut bisa dikatakan sederhana, tapi itulah dasar untuk membuat uang di Forex trading. Anda bisa mengadopsi, mempelajari, menjalankan sistem lain yang sudah ada atau menciptakan sistem sendiri. Semua orang dapat mempelajari dan belajar sistem dengan tujuan yang sama: membawa uang masuk dalam kantong Anda.

Disiplin mengikuti sistem, hukumnya wajib karena displin dapat mendidik seorang trader bertanggung jawab pada sistem yang sedang digunakan. Sebab sering kalinya terjadi loss pada saat trading bukan karena sistemnya yang kurang tepat, akan tetapi kedisplinan pada diri trader tidak dijaga. Kesuksesan Anda tergantung dari pola pikir yang tidak egois terhadap kerugian.

Disiplin Trading
Bagi pemula mempelajari sistem merupakan hal yang harus dilakukan, sedangkan bagi trader yang sudah pro akan menggunakan sistemnya dengan cara di-upgrade lebih baik lagi. Perbedaan antara trader pemula dan trader yang sudah pro terletak pada kemauan untuk mempelajari mengenai sistem yang sudah dibuat sebelumnya.

Ketika seorang trader profesional mengalami kerugian, di situlah ada suatu keinginan untuk segera profit. Sayangnya, umumnya trading yang dijalankan akan membuat kerugian semakin bertambah padahal sistem yang digunakan sudah diikuti dengan baik. Dari sini, Anda tidak boleh menganggap enteng mengenai sistem yang sudah dipelajari.

Belajar sistem tidak terpatok dari mengikuti rulenya saja. Sebuah sistem dikatakan bagus jika selalu dilakukan perbaikan-perbaikan. Loss dapat sering kali datang untuk menguji kelayakan akan sistem Anda saat  transaksi. Sebelum trader mendapatkan profit yang menguntungkan pastinya loss yang merugikan pasti akan dialami trader.

Perbaharui dan lakukan pembenahan sistem Anda di kala kerugian sudah mulai terlihat pada akun.

100462
Penulis

Parmadita mengenal forex mulai tahun 2010. Sejak saat itu, menggali beragam pengetahuan dan pengalaman terkait forex dari berbagai sumber, baik tentang indikator teknikal biasa, psikologi trading, maupun Expert Advisor.

Andre Istanto
Bgs. Cuma sempet bikin agak bingung di separuh pertama. Habisnya muter dulu ke tahap2 belajar trading sampe fokus ke pentingnya mentor. Sampe gw kira ini mau promosiin salah satu mentor trading aja. Tapi baru nyambung di separuh ke bawah, udah ada hubungannya sama judul : pentingnya disiplin dalam tradng. Gw saran aja supaya kalo dibagian pertama di bawa muter-muternya jgn terlalu jauh. Biar bisa tetep fokus sama maksud judulnya :)
Hidayat
ane malah masih bingung disini ada yg masih berlawanan maksudx. jelas2 kita perlu disiplin sama sistem biar berhasil. artix disiplin kan kita patuh sama rule sistemx. tapi terus ada ket lagi klo belajar sistem tdk terpatok pd rulex saja. berarti itukan bertentangan sm ajaran untuk disiplin kan... nah maksud dua2nya itu betul sih, cuman krn nggak ada keterangan penghubung yg menjelaskan jadi klo ane cerna lagi jadi kurang masuk aja....
Satra Wijaya
@andre, @hidayat:
supaya lebih jelas, bisa diambil kesimpulan seperti ini saja. sistem trading memang harus dijalankan dengan disiplin. namun trader juga perlu untuk konsisten melakukan perbaikan-perbaikan yang diperlukan. terutama untuk menghadapi perubahan kondisi pasar dari waktu ke waktu.

jadi yang perlu didisiplinkan adalah penerapan dan penggunaan sistemnya untuk trading. sedangkan untuk setting dari sistemnya sendiri perlu senantiasa diupdate sesuai dengan kondisi terbaru.

artikel ini sebenarnya memiliki progres untuk menjelaskan tahap belajar trading dan komponen yang diperlukan, bagaimana sistem dijalankan, dan apa yang harus dilakukan untuk mempertahankan relevansi sistem tersebut.
Rio Baskoro
Stuju. Daripada repot gonta ganti / bongkar pasang sistem tiap kali mrasa sistemny ndak maksimal, mending intropeksi dulu. Sumber kesalahanny ada dimana. Bisa jd karna pakeny ndak disiplin, ada pengaruh emosi sehingga klo gitu berarti biang kesalahanny dari traderny sendiri. Baru klo ternyata ditemuin dari sistimny, yg perlu dilakukan ya memperbaiki sistim itu. Krn klo langsung mencari sistim baru akan mengubah seluruh settingan yg pernah dijlnkan. Dgn mengupdate sistim maka nanti bisa melanjutkan dgn cara yg sudah dikuasai hanya sj dengan potensi hsl yg lebih baik krn sudah ada penyesuaian.
Om Jabrig
kerugian yang gimana nih yang menuntut kt untuk melakukan perbaikan sistem?
krn untung rugi katanya sudah normal, & setiap sistem juga tdk akan selalu membawa keuntungan, jadi 1x kerugian bukan indikasi yg tepat jg kan bagi kt untuk segera memperbaiki sistem? jd bagaimana kita membedakan kerugian yang wajar & yg tdk itu?
apa dari besar kerugian, atau frekuensi loss?
& seberapa besar jumlah/frekuensi yang dimaksud?