Advertisement

iklan

Trading Forex Tidak Cocok Untuk Anda

Trading Forex bisa dilakukan oleh siapa saja, tapi bukan berarti semua orang cocok menjadi trader.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Eh? Nggak salah nulis judul nih? Iyaa bener kok, nggak salah nulis. Ehm, iya saya tau, ini situs tentang forex. Mohon maaf sebelumnya kalau pendapat saya ini terkesan pesimistis, diskriminatif, atau apalah. Tapi bukan maksud hati sih. Terus terang, saya cuma ingin mengemukakan pendapat saya apa adanya. Iya memang kedengarannya seperti nyalahin "pakem" yah? Yah, maklumlah, kata-kata "promosi" yang sering kita dengar adalah: forex trading ini bisnis yang bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja. Eit, sebentar! Saya ingin tahu pendapat anda: apakah anda setuju dengan pernyataan bahwa forex trading ini bisa dilakukan oleh siapa saja?

Trading Forex Tidak Cocok Untuk Anda


Trading Bisa Dilakukan Siapa Saja, Tapi...

Ehm, kalau menurut pendapat saya sih:

Trading Forex mungkin memang "bisa" dilakukan oleh siapa saja, tapi bukan berarti semua orang cocok menjadi forex trader.

Eh, tunggu dulu, jangan keburu protes dulu yah. Perkenankan saya mengemukakan di sini, siapa atau karakter individu seperti apa yang saya pikir tidak cocok untuk menjadi forex trader.

Oke, mungkin judul di atas perlu saya perjelas dengan: Trading Forex Tidak Cocok Untuk Anda, Jika Anda Tidak Mau Dan Atau Malas Belajar. Menjadi seorang forex trader, berarti anda harus bersedia dan mempunyai kemauan yang kuat untuk belajar. Tidak peduli apapun latar belakang profesi anda sebelumnya, untuk menjadi trader yang baik anda harus mau belajar, karena tidak ada kemampuan yang bisa diperoleh secara instan.

 

Belajar Trading Perlu Pengorbanan 

Perlu Anda pertimbangkan, proses belajar trading forex ini seringkali butuh pengorbanan lho. Pengorbanan waktu dan tenaga itu jelas. Saya sendiri saat proses belajar trading, terus terang sampai kurang istirahat (baca: kurang tidur) yang berefek antara lain turun berat badan plus kusut abiss (Yahh tapi buat saya sih enjoy aja, anggap diet gratis plus bonus profit).

Kadangkala (dan sering) pengorbanan waktu dan tenaga saja belum cukup. Perlu juga pengorbanan modal (buat mencicipi yang namanya Margin Call) dan korban perasaan. Wah, kalo poin yang terakhir sih jangan terlalu banyak deh. Maka saran saya, kalau anda berniat serius untuk belajar trading, komunikasikanlah ke "orang di sebelah" anda untuk menghindari adanya kesalahpahaman, sehingga pengorbanan anda tidak bertambah lagi dengan korban perasaan.

Trading forex juga perlu disiplin. Serius nih, dari semua trader (sukses) yang saya kenal, ada satu ciri yang sama: mereka adalah orang-orang yang disiplin.

Disiplin yang saya maksud di sini mencakup disiplin dalam semua hal. Disiplin waktu, disiplin perencanaan, singkatnya sih disiplin di setiap aspek kehidupan. Memang masuk akal, bahwa trader yang sukses adalah dari golongan orang-orang yang disiplin, karena sebagai trader, disiplin ini menjadi kunci kesuksesan. Bukankah seorang trader yang sukses harus disiplin mengelola modal, displin menjaga margin. Yah, pada intinya secara mendasar harus disiplin terhadap trading plan kan!?

Seorang trader pun harus mampu mengendalikan emosi. Untuk menjadi trader yang baik, anda harus berlatih untuk menjadi "tembok". Ehh, maksud saya bukan anda jadi "muka tembok" lho yaa. Tapi, sebagai trader, anda harus stay cool.

Mentor saya sering bilang, nggak peduli loss atau profit, pokoknya keep smiling. Jadi, jauhkan emosi saat bertrading. Anda boleh (dan malah sebaiknya) trading dengan passion, tapi bukan dengan emotion. Nikmati saat-saat trading anda, tapi tetap jauhkan emosi dari keputusan trading anda.

Tak kalah pentingnya, trader wajib cerdas. Ehh, bukan maksud hati diskriminatif lho, tapi kenyataannya, trading forex memang bukan untuk orang-orang yang (maaf) tidak cerdas. Cerdas di sini dalam artian umum ya, bukan dalam artian akademik. Saya nggak bilang bahwa anda harus lulusan sekolah atau universitas ngetop. Anda juga gak harus punya Indeks Prestasi di atas 3.5 untuk jadi trader yang sukses.

Cerdas di sini dalam artian: untuk menjadi trader yang baik, anda harus cerdas untuk menangkap dan membaca situasi, bisa mengambil keputusan yang cepat dan tepat sesuai situasi dan kondisi yang dihadapi dan bisa cepat belajar dari kesalahan yang pernah dilakukan. Dan tentu saja, harus cukup cerdas untuk bisa setidaknya memahami prinsip dasar dalam trading forex.

Oke, empat hal di atas itulah yang bisa dikatakan secara mendasar membuat trading forex tidak cocok untuk semua orang. Jadi, kalau anda merasa tidak mau dan malas untuk belajar, tidak disiplin, emosional, dan tidak cerdas, terus terang harus saya katakan seperti judul yang di atas: Maaf, forex trading tidak cocok untuk anda. Eh, tapi sebenarnya saya yakin kok kalau selama ini anda sudah mau belajar tentang trading forex, apalagi sudah sering berkunjung ke situs ini dan, numpang narsis dikit nih ya, sering baca artikel-artikel saya (dan teman-teman penulis lain tentunya) di Seputarforex.com.

Awalnya, Greenpips merupakan ibu rumah tangga biasa. Namun, kemudian mengenal forex di perguruan tinggi, dan setelah itu memutuskan membuat tesis mengenai Expert Advisor. Paling suka menggunakan Fibonacci dalam trading.


Sukamaju
betul masta, org yg gak dari bakground ekonomi pun pasti lama kelamaan bakalan paham dan bisa master kalo tekun belajar, meski butuh waktu yang lebih lama, sedangkan yang sudah punya pengetahuan pun belum tentu bisa jadi trader handal kalo males belajar. hasil emang tergantung dari niat dan usaha.
Felix Putra
Tapi sebenarnya keempat hal diatas itu bisa diatasi dan diperbaiki kan? Contoh ada trader yang sehabis baca tulisan2 seperti ini kemudian jadi tersadar bahwa selama ini dia juga melakukan hal seperti ini, tentu dia masih ada kesempatan untuk mengubah kebiasaannya kalau dia ingin benar-benar berniat jadi trader forex yang sukses.

Jadi belum tentu tertutup semua kesempatan untuk jadi forex trader buat orang-orang semacam ini, karena sepertinya itu cuma kebiasaan buruk yang perlu dihindari dan diperbaiki
Marwan Sori
stj, org niat pst ada usaha biar bs jd yg trbaik.kl sdh tau kekurangan tp gbs gnt kebiasaan itu yg br dnmkn g cocok jd fx trdr. smg materi kyk gn jg bnyk dbc sm trdr nubi jd sblm mrk terjun udh bs set cara n kebiasaan yg tepat buat trdng
Irul07
Inti tulisan ini,

Jadilah trader yg tekun dan batasi emosi sebisa mungkin.

Selalu seperti ini yg disarankan dibanyak tulisan2 emang. Tapi emang betul apa yg dibilang sama agan Felix, semestinya ada encouragement juga buat trader2 yang masih ada kekurangan di sini, bukannya langsung ngusir trader2 yang punya karakteristik diatas. Beberapa dari mereka kan juga ada yg betul2 niat menjadi trader, dan berusaha sebaik mungkin melakukan yg terbaik.
Budi Antipati
pengertian cerdas di sini masih terlalu luas, barangkali cerdas disini itu trader yang bisa menghindar dari 3 karakter sebelomny dg baik. tapi rasany ini juga tidak akan membantu trader sadar akan masalahny, karena cerdas itu relatif, menurut pribadi keputusan yang diambil dah cerdas, tapi menurut org lain belum tentu iya. mesti ada parameter yang lebih jelas lagi buat nentukan bagaimana cara baca situasi yang bener & ngambil keputusan yang bener
Tri
Sip,buat pastel perlu latihan,apalgi forex,latihan dan analisis.tq.