Advertisement

iklan

EUR/USD 1.087   |   USD/JPY 149.210   |   GBP/USD 1.272   |   AUD/USD 0.655   |   Gold 2,160.57/oz   |   Silver 25.14/oz   |   Wall Street 38,790.43   |   Nasdaq 16,103.45   |   IDX 7,346.50   |   Bitcoin 67,548.59   |   Ethereum 3,517.99   |   Litecoin 87.11   |   McDonald's (NYSE:MCD) mengalami masalah teknologi global yang signifikan pada hari Jumat, menyebabkan gangguan operasional di berbagai lokasi internasional, termasuk AS, Australia, Inggris, Jepang, dan Hong Kong, 5 jam lalu, #Saham Indonesia   |   S&P 500 turun 0.1% menjadi 5,207, sementara Nasdaq 100 turun 0.3% menjadi 18,181 pada pukul 19:06 ET (23:06 GMT). Dow Jones turun tipis menjadi 39,218, 5 jam lalu, #Saham AS   |   Michael S. Dell, CEO Dell Technologies Inc (NYSE: DELL), baru-baru ini telah menjual sejumlah besar saham di perusahaan tersebut. Ia membuang saham senilai lebih dari $145 juta dalam serangkaian transaksi, 6 jam lalu, #Saham AS   |   Reddit dan YouTube Google menghadapi tuntutan hukum yang meminta mereka bertanggung jawab karena membantu memungkinkan supremasi kulit putih membunuh 10 orang kulit hitam pada tahun 2022, 6 jam lalu, #Saham AS

Breaking News: Inggris-Uni Eropa Sepakati Deal Brexit!

Penulis

Setelah sempat simpang siur hari ini, akhirnya PM Inggris mengumumkan tercapainya deal brexit yang siap disahkan oleh Uni Eropa dan Parlemen Inggris.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Presiden European Council, Jean-Claude Juncker, dan PM Inggris, Boris Johnson, baru saja mengumumkan bahwa kedua belah pihak telah menyepakati sebuah deal tentang brexit. Poundsterling meroket sekitar 1 persen menyusul berita ini. Namun, belum diketahui bagaimana reaksi parlemen Inggris terhadap deal tersebut.

GBPUSD Hourly

Dalam pernyataan resminya, PM Boris Johnson mengungkapkan, "Kita mendapatkan sebuah deal baru yang hebat dan mengambil alih kontrol -sekarang parlemen harus mengesahkan (kesepakatan) brexit pada hari Sabtu agar kita bisa maju ke prioritas lain seperti biaya hidup, NHS, tindak kriminal, dan lingkungan kita."

Sementara Jean-claude Juncker mengatakan kepada para pemimpin Uni Eropa, "Para negosiator mencapai sebuah kesepakatan mengenai revisi Protokol tentang Irlandia/Irlandia Utara dan mengenai revisi Deklarasi Politik 17 Oktober 2019. Keduanya didukung oleh European Commission. Perdana Menteri Inggris juga mengisyaratkan persetujuannya terhadap dokumen ini kepada saya hari ini."

Apabila para petinggi Uni Eropa meneken persetujuan terhadap deal ini secara resmi dalam ajang European Summit tanggal 17-18 Oktober nanti, maka parlemen Inggris akan membahasnya pada tanggal 19 Oktober. Ada kelegaan besar di kalangan pelaku pasar, sehingga Pounds sontak melonjak menyusul beredarnya kabar tersebut.

Tak dapat dipungkiri bahwa ini merupakan situasi terbaik dalam sejarah negosiasi brexit yang telah berlangsung sejak referendum tahun 2016. Namun, perkembangan lebih lanjut sebenarnya masih perlu diperhatikan. Hanya beberapa jam lalu, Democratic Union Party (DUP) menyatakan penolakannya terhadap solusi perbatasan Irlandia ala Johnson.

Sebagai partai yang dianggap sebagai perwakilan rakyat Irlandia Utara di parlemen Inggris, DUP memegang suara krusial dalam menentukan apakah suatu kesepakatan brexit akan diterima oleh parlemen Inggris atau tidak. Sejumlah wakil rakyat Inggris dari partai Konservatif telah menyatakan takkan mendukung pengesahan deal apapun yang ditolak oleh DUP.

290602
Penulis

Alumnus Fakultas Ekonomi, mengenal dunia trading sejak tahun 2011. Seorang News-junkie yang menyukai analisa fundamental untuk trading forex dan investasi saham. Kini menulis topik seputar Currency, Stocks, Commodity, dan Personal Finance dalam bentuk berita maupun artikel sembari trading di sela jam kerja.