OctaFx

iklan

Celo Dollar Jadi Penantang Baru Libra Facebook

Disebut-sebut sebagai pesaing Libra, Celo justru didukung oleh beberapa anggota asosiasi Libra sendiri. Proyek ini akan meluncurkan Stablecoin Celo Dollar.

Advertisement

iklan

FirewoodFX

iklan

Celo Foundation pada hari Rabu (11/Maret) mengumumkan 50 anggota pendiri Celo Alliance for Prosperity. Menurut keterangan di situs resminya, Celo adalah platform terbuka yang membuat akses keuangan dapat diakses oleh siapapun melalui ponsel.

Proyek ini menawarkan cara bagi pengembang untuk membuat aplikasi seluler berbasis Blockchain dengan dukungan Stablecoin Celo Dollar, upaya tersebut akan membuka layanan pembiayaan mikro melalui mata uang kripto bernama Celo Dollar, yang dijadwalkan meluncur pada bulan April mendatang.

Celo Dollar Jadi Penantang Baru Libra

Chuck Kimble selaku pimpinan Alliance for Prosperity mengatakan, "Nilai Celo Dollar akan dipatok ke Dolar AS dan di-backup oleh mata uang kripto lainnya… Ini akan tersedia di AS, tetapi fokus kami adalah di Amerika Latin, Afrika, dan Asia Tenggara. Saat ini, kurang dari 0.5% warga dunia yang mendapat manfaat dari kecepatan, transparansi, utilitas, juga biaya rendah menggunakan teknologi Blockchain."

Guna mendukung misinya, Celo Foundation memusatkan pengembangan pada akses mobile untuk memungkinkan pengiriman uang yang lebih cepat dan terjangkau, mengurangi kompleksitas operasional dalam memberikan bantuan kemanusiaan, memfasilitasi pembayaran, dan memungkinkan pembiayaan mikro. Jangkauan gabungan mereka saat ini diperkirakan bisa mencapai lebih dari 400 juta orang.

 

Persaingan Dengan Libra Facebook

Beberapa pihak melabeli Celo sebagai saingan proyek Libra Facebook, yang telah menjadi perhatian regulator di seluruh dunia sejak pertama kali diumumkan. Sebagai informasi, Libra saat ini sedang mempertimbangkan untuk mendesain ulang proyeknya karena beberapa anggota kunci seperti Paypal, Visa, Mastercard, Ebay, dan Vodafone memutuskan keluar dari Asosiasi Libra.

Menanggapi hal ini, Chuck Kimble mengklaim bahwa memang ada beberapa kesamaan dengan Libra dalam hal misi. Itulah sebabnya ada beberapa perusahaan yang bergabung di kedua kubu. Beberapa anggota Celo Alliance for Prosperity yang juga merupakan bagian dari Asosiasi Libra adalah Anchorage, Bison Trails Co., Coinbase Ventures, Andreessen Horowitz dan Mercy Corps. Namun, proyek Celo tidak memiliki basis pengguna besar seperti yang dimiliki Facebook.

"Celo dan Libra masing-masing memiliki fokus dan pendekatan yang unik, tetapi mereka berbagi tujuan yang sangat kami yakini: Menyediakan akses perbankan bagi yang tidak memiliki rekening bank," tutur Diogo Monica, Presiden Anchorage.

Alih-alih menggunakan alamat yang rumit seperti ketika mengirim mata uang kripto lain, pembayaran menggunakan Stablecoin Celo Dollar dapat dikirim melalui nomor telepon. "Tujuannya adalah untuk membuat pengiriman melalui Blockchain menjadi lebih mudah. Caranya adalah dengan membangun jaringan aplikasi yang fleksibel dan tidak menakuti regulator seperti Libra," jelas Chuck Kimble. Ia juga mengklaim telah bertemu dengan pemerintah dan bank sentral di beberapa negara.

292319

Rama berstatus sebagai mahasiswa aktif tingkat akhir di salah satu Perguruan Tinggi Swasta di kota Kembang. Awal mula perkenalan dengan dunia trading dimulai pada tahun 2014, saat masih mahasiswa baru. Instrumen trading yang pertama kali dikenal adalah saham Indonesia. Seiring berjalannya waktu, tertarik mengikuti trading forex juga. Strategi trading yang banyak digunakan diantaranya Harmonic Pattern dan Chart Pattern.