OctaFx

iklan

NZD/USD Melemah Akibat Data Ketenagakerjaan Q1/2019

Employment Change New Zealand kuartal pertama di bawah ekspektasi, tapi upah pekerja dan tingkat pengangguran dinilai positif.

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Pada hari Rabu (01/Mei), Departemen Statistik New Zealand merilis data tingkat pengangguran yang turun dari level 4.3 persen ke level 4.2 persen pada kuartal pertama 2019. Di sisi lain, Employment Change Selandia Baru turun dari 0.1 persen ke -0.2 persen (q/q) selama kuartal pertama tahun ini, lebih rendah dari ekspektasi kenaikan ke 0.5 persen.

Ketenagakerjaan New Zealand

Dalam basis tahunan, Employment Change negeri Kiwi juga tercatat melambat, hanya tumbuh 1.5 persen, lebih sedikit dari pencapaian periode sebelumnya yang sebesar 2.3 persen, dan cukup jauh dari ekspektasi pasar yang memperkirakan pertumbuhan sebesar 2.2 persen.

"Secara umum, pertumbuhan lapangan kerja (Employment Change) Selandia Baru cenderung lagging merespon pertumbuhan ekonomi..." kata Jason Attewell, manajer senior untuk statistik pasar tenaga kerja dan rumah tangga.

Attewell juga menambahkan bahwa New Zealand telah menghadapi perlambatan ekonomi (berdasarkan angka GDP) selama enam bulan terakhir, dan kini perlambatan juga mulai terlihat pada pertumbuhan lapangan kerja.

 

Upah Pekerja Sedikit Meningkat, Bantu Sokong NZD/USD

Data Employment Change Selandia Baru selama kuartal pertama dinilai mengecewakan investor. Alhasil, NZD/USD pun sempat melemah signifikan. Namun, pelemahan itu tidak berlangsung lama karena pair harga kemudian beranjak naik dari level terendah harian pada 0.6627, dan saat ini berada di kisaran 0.6653.

Data Ketenagakerjaan Selandia Baru

Pemulihan ini disokong oleh salah satu laporan ketenagakerjaan yang cukup positif, yakni data upah rata rata pekerja per jam (Average Hourly Earnings) yang naik 1.1 persen (q/q) pada kuartal pertama, semakin baik dari kenaikan 1.0 persen pada periode sebelumnya.

Meski berhasil naik, posisi Dolar New Zealand secara umum masih berada di bawah harga Open harian di level 0.6671. Jika NZD/USD ditutup melemah di grafik Daily, maka harga berpotensi mencatatkan pelemahan harian pertama dan menghentikan reli bullish jangka pendek yang terbentuk selama empat sesi perdagangan terakhir.

 

 

288334

Pandawa punya minat besar terhadap dunia kepenulisan dan sejak tahun 2010 aktif mengikuti perkembangan ekonomi dunia. Penulis juga seorang Trader Forex yang berpengalaman lebih dari 5 tahun dan hingga kini terus belajar untuk menjadi lebih baik.


30 Apr 2019