Setelah 2 Bulan Turun, Employment Kanada Beranjak Naik

Employment Kanada akhirnya berakselerasi dengan bertambah 32,000 di bulan Juni 2018, menyusul terjadinya penurunan 2 bulan berturut-turut sebelumnya.

acy

iklan

Advertisement

iklan

Pertumbuhan lapangan pekerjaan Kanada meningkat di bulan Juni, setelah mengalami penurunan selama dua bulan secara berturut-turut. Namun di tengah meningkatnya jumlah penduduk yang mencari pekerjaan, tingkat pengangguran Kanada dilaporkan meningkat cukup signifikan. Selain dari sektor ketenagakerjaan, rilis data di Kanada malam ini (06/Juli) juga diramaikan oleh Neraca Perdagangan yang defisitnya dilaporkan melebar.

 

Setelah Dua Bulan Turun, Employment

 

Departemen Stastistik Kanada Statistik pada hari Jumat (6/Juli) merilis data pertumbuhan lapangan pekerjaan yang bertambah 32,000 pada bulan Juni, rebound setelah mengalami penurunan sebesar -7,500 pada bulan Mei dan -1,100 di bulan April. Dalam basis tahunan, ekonomi Kanada berhasil menambah 215,000 pekerjaan baru, atau mengalami peningkatan 1.2 persen YoY.

Secara keseluruhan, pertumbuhan lapangan pekerjaan Kanada tidak begitu signifikan di sepanjang tahun 2018. Jika disimpulkan, data yang juga disebut sebagai Employment Change itu bisa dikatakan lebih buruk dibandingkan pencapaian yang ditorehkan pada tahun lalu. Pasalnya, dalam enam bulan terakhir, pertumbuhan hanya terjadi di bulan Juni dan Maret.

Secara geografis, sebagian besar pertumbuhan lapangan pekerjaan terpusat di Ontario, Saskatchewan, dan Manitoba. Untuk wilayah lain, dilaporkan ada sedikit perubahan dibandingan rilis bulan Mei. Jika dievaluasi menurut jenis pekerjaan, bidang konstruksi, pengolahan Sumber Daya Alam, dan manufaktur mengalami peningkatan dibanding bulan sebelumnya.

Sementara itu, tingkat pengangguran Kanada tercatat naik 0.2 persen menjadi 6.0 persen di bulan Juni. Rilis tersebut cukup mengejutkan karena lebih tinggi dibandingkan ekspektasi ekonom yang memperkirakan Unemployment Rate akan finish di kisaran 5.8 persen.

 

Defisit Trade Balance Kanada Sedikit Melebar

Dalam laporan terpisah, data Neraca Perdagangan Kanada dirilis dengan defisit total sebesar -2.8 miliar Dolar di bulan Mei, lebih lebar dari defisit -1.9 miliar Dolar yang tercapai pada bulan April. Pelebaran defisit perdagangan Kanada itu terjadi lantaran adanya peningkatan impor, diikuti oleh penurunan nilai ekspor dalam periode yang sama.

Total nilai impor Kanada bulan Mei mencapai 51.1 miliar Dolar atau naik 1.7 persen, sebagian besar didorong oleh kenaikan impor pesawat dan komponen kendaraan. Sementara itu, total nilai ekpor justru menurun -0.1 persen menjadi 48.3 miliar Dolar, disebabkan oleh penurunan ekspor kendaraan bermotor dan suku cadang.

 

Pasar Masih Optimis Dengan Dolar Kanada

Meski rilis Neraca Perdagangan dan tingkat pengangguran relatif mengecewakan, para investor terlihat masih optimis untuk membeli Dolar Kanada. Pada pukul 22:11 WIB, Loonie terpantau bergerak menguat terhadap Dolar AS, terlihat dari pair USD/CAD yang diperdagangkan pada level 1.3092. Pasangan mata uang tersebut berusaha menjauhi level High harian 1.3150. Greenback saat ini berada di jalur pelemahan mingguan kedua secara terhadap Loonie, setelah sempat menyentuh level tertinggi sepanjang 2018 di akhir Juni lalu.

284313

Pandawa punya minat besar terhadap dunia kepenulisan dan sejak tahun 2010 aktif mengikuti perkembangan ekonomi dunia. Penulis juga seorang Trader Forex yang berpengalaman lebih dari 5 tahun dan hingga kini terus belajar untuk menjadi lebih baik.