Advertisement

iklan

Cara Setting Indikator Bollinger Bands

iklan

iklan

Indikator

2017
master, mau tanya. Bagaimana cara setting indikator Bollinger bands pada TF M15 dan M30? Terimakasih
2017

@ Sunoko:

Cara setting: masuk ke Insert - Indicators - Trend - Bollinger Bands, akan muncul box seperti ini:

                        

Kalau settingnya masih default (belum dirubah), maka pada Period akan tertulis 20 dan Deviation = 2, Shift = 0 dan Apply to: Close. Gunakan setting default ini untuk senua time frame, baik M15 maupun M30.

Bollinger Bands adalah indikator untuk mengetahui tinggi rendahnya volatilitas pergerakan harga, menurut pembuatnya John Bollinger, indikator ini berlaku untuk semua time frame, jadi settingnya tidak perlu dirubah.
Period menyatakan periode simple moving average (sma) yaitu sma periode 20 dan Deviation menyatakan standard deviasi yaitu 2.

2017

Trimz master untuk blz nya .....

2018

Selamat pagi master, standar deviasi dalam bb itu gunanya apa ya?

2018

Standar Deviasi adalah metode yang sering digunakan dalam statistik yang diaplikasikan dalam trading. Pada BB sendiri, standar deviasi ini adalah untuk melihat batas-batas pergerakan harga dalam satu-satuan waktu. Perhitungan nilai ini sendiri dilakukan pada Middle BB-nya yang juga merupakan SMA-20. Jadi jika dalam statistik kita mencari nilai deviasi antar data. Sedangkan dalam BB ini, kita mencari data dengan standar deviasi yang telah diketahui.

Perhatikan contoh di bawah ini. Chart diaplikasikan dengan 2 BB, masing-masing dengan periode 20 tapi dengan deviasi yang berbeda.

 

bollinger-bands-deviation

Dari hal tersebut akan Anda lihat bahwa, semakin besar Deviasi maka semakin besar pula jaraknya dari Mid BB.

2018

Lalu bisa digunakan untuk apa perhitungan deviasi ini ya pak? Apakah bisa dijadikan sistem atau strategi trading?

terima kasih

2018

Sejatinya, posisi harga, mid bb, serta harga deviasinya lah yang akan menjadi bias kita sebagai trader dalam menentukan tren atau masuk posisi. Dalam kasus BB ini, jika harga ditutup di atas Top BB (batas deviasi 2) maka bias yang terbentuk adalah Bullish, begitu pula sebaliknya jika harga ditutup di bawah low BB maka biasnya jadi Bearish. Lihatlah contoh di bawah ini.

 

bollinger-bands

 

Untuk strategi trading sendiri, ada beberapa trader yang menggunakan Deviasi 1 untuk melihat bias dari pergerakan suatu pasar. Jadi jika harga menembus batas deviasi 1 maka bias jadi Bullish dan sebaliknya. Anda bisa membaca sistem trading lengkapnya pada artikel Strategi Trading Double Bollinger Bands berikut.

03 Jun 2022
Jika indikator Bollinger Bands berhasil break/keluar dari garis terbawah menandakan apa?
06 Jun 2022

@ Ciko:

Jika kurva lower band ditembus, berarti pergerakan harga sedang bearish.
Silahkan baca: Cara Menggunakan Indikator Bollinger Bands

 

06 Jun 2022

Untuk teknik scalping setingan bbnya gmn ya pak..?? Terima kasih


 
06 Jun 2022

@ Sucipto:

Biasanya parameter indikator Bollinger Band disetting default, yaitu periode: 20, deviations: 2, shift: 0, dan apply to: close. Settingan tsb berlaku pada semua time frame.

 

30 Jun 2022

jika menggunakan indikator bollinger bands di kripto seperti btc atau eth, konfirmasi apa yang bisa digunakan agar sinyal lebih valid? mksh

01 Jul 2022

@ Crypto Maniac:

Indikator Bollinger Bands (BB) bisa diterapkan pada semua jenis instrumen trading yang ditampilkan dalam bentuk candlestick termasuk kripto. Meski demikian indikator BB tidak lazim digunakan sebagai pemberi sinyal, tetapi digunakan untuk mengetahui tinggi rendahnya tingkat volatilitas pergerakan harga dan arah trend pergerakan harga.

Untuk mengamati adanya sinyal, biasanya trader melihat price action yang terbentuk, yang dikonfirmasi dengan indikator teknikal, atau dari indikator teknikal misal dari crossing moving average atau perpotongan kurva insikator %K dan %D dari stochastic, dsb.

Jika memang menggunakan indikator Bollinger Bands sebagai sinyal, maka konfirmasi bisa dilakukan dengan indikator trend dan juga momentum. Indikator trend seperti crossing moving average, parabolic SAR, ADX atau MACD, sedangkan indikator momentum berupa oscillator seperti RSI atau stochastic.

 

07 Jul 2022

Apa fungsi standar deviasi pada indikator bollinger bands?

10 Jul 2022

@ Joko Purnomo:

Standard deviasi digunakan untuk mengetahui perkiraan sejauh mana penyimpangan harga yang terjadi. Menurut penemunya, John Bollinger, pasar hanya akan bergerak sebesar standard deviasi dari nilai rata-rata (moving average)-nya saja.

Penampilan standard deviasi ini direpresentasikan dengan upper band dan lower band yang berbentuk seperti pita (band). Pita standard deviasi ini mengukur volatilitas hingga seberapa jauh harga bisa bergerak dari nilai yang

sebenarnya (true value). Ukuran volatilitas pasar tampak pada lebar band atau jarak kedua pita. Jika volatilitas sedang tinggi maka jarak kedua band akan makin melebar, dan sebaliknya jika volatilitas rendah maka jarak kedua band akan menyempit.

 

Kategori Indikator

Pertanyaan Penanya Balasan Dilihat Aktivitas
Indikator Untuk Membantu Memilih Waktu Martingale? Agung 14 5033 2016
Trading Stochastic Sering Memunculkan False Signal? Yusron 13 4202 2014
Seputar Kinerja Indikator Stochastic? Danu Rahmat 11 290 22 Okt 2021
Indikator MT4 di Android? Newbie 10 9661 2016
Apa Gunanya Awesome Oscillator? Seno 9 16549 2016
Indikator News Mt4? Karina A 9 5439 2018