Advertisement

iklan

7 Situs Pemantau Harga Kripto Terbaik Selain CoinMarketCap

CoinMarketCap adalah referensi utama dalam memantau harga kripto. Namun, sebaiknya gunakan juga 7 situs berikut untuk menghindari bahaya menggunakan 1 situs sebagai acuan.

acy

iklan

Advertisement

iklan

Fakta yang tidak bisa dipungkiri saat ini adalah, 99 dari 100 orang yang mengenal perdagangan dan investasi kripto selalu menggunakan CoinMarketCap sebagai acuan untuk melacak pertumbuhan harga kripto. Itu berarti, CoinMarketCap memiliki kekuatan untuk mempengaruhi pasar kripto, bahkan bisa membuat atau menghancurkan kepercayaan pasar.

Ketika baru-baru ini CoinMarketCap mengubah model perhitungan dan menghapus bursa Korea dari database-nya, ada beberapa koin yang hilang dari radar dan dianggap "mati". Padahal, itu tidak benar karena bursa Korea masih memperdagangkan kripto-kripto yang dimaksud. Kesalahpahaman ini sontak menyebabkan kekacauan transaksi di pasar kripto, terutama dalam kasus jual beli XRP (Monero). Itulah sebabnya, ketergantungan berlebihan pada satu sistem monitoring harga di pasar terdesentralisasi tidaklah baik.

Pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa alternatif referensi untuk memantau harga koin-koin di pasar kripto selain CoinMarketCap.

memantau harga kripto

 

1. CryptoCompare

CryptoCompare dimulai pada awal 2014 dengan domain cryptocoincomparison[dot]com, untuk menjadi situs web yang bisa membandingkan pergerakan harga kripto secara real-time. Selain itu, CryptoCompare menyediakan platform untuk melacak harga berbagai mata uang kripto dengan diagram elaboratif.

Setelah fase pengembangan yang panjang dari awal, situs ini telah menjadi salah satu acuan wajib untuk mengetahui fluktuasi harga kripto dan variabel pasar lainnya seperti Volume, Supply, total kapitalisasi pasar, token yang sudah bisa diperdagangkan, informasi bursa, dll. CryptoCompare juga memberikan opsi untuk melihat harga dalam mata uang fiat seperti USD, EUR, GBP, JPY, dan memberikan akses ke API Developer untuk pengembangan lebih lanjut.

Cryptocompare

CryptoCompare juga menyediakan platform versi beta, yang bisa diakses gratis untuk keperluan manajemen portofolio. Beberapa fitur lain seperti analisis Volume, forum khusus kripto, ulasan Wallet, review bursa, dan analisis penambangan koin pun tersedia di situs ini.

 

2. CoinGecko

CoinGecko adalah pelacak harga dan pengecekan mata uang kripto real-time yang diunggulkan. Hal itu karena CoinGecko sudah beroperasi di ruang lingkup kripto selama beberapa tahun dan memiliki tim operasional terbesar. Dengan CoinGecko, Anda dapat memantau pergerakan harga dari 100-1000 kripto berbeda. Selain itu, khusus untuk BTC, ada penerapan grafik menarik dari time frame berbeda. Anda juga dapat mengakses tampilan platform CoinGecko dalam 15 bahasa berbeda, termasuk Bahasa Indonesia.

Coingecko

Selain itu, CoinGecko menyediakan widget dan API, serta baru-baru ini meluncurkan versi Beta dari kalkulator penambangan untuk berbagai mata uang kripto. Beberapa fitur penting lainnya adalah kalender ICO (Initial Coin Offering), forum kripto, wawasan jaringan sosial untuk setiap koin, dan analisis Volume sesuai dengan daftar koin yang diperdagangkan di suatu bursa.

 

3. CoinCap

CoinCap adalah salah satu situs harga dan pelacak real-time favorit di ruang kripto. Ia memiliki segala yang dibutuhkan secara umum untuk menganalisis kondisi pasar, seperti ticker harga, indikator Volume, indikator kapitalisasi pasar, data Supply, dll. Namun, satu hal yang kurang dari CoinCap adalah sistem charting yang tepat dan dapat menunjukkan grafik investor pada time frame berbeda. Namun, itu bukan masalah besar karena Anda bisa mendapatkan fasilitas menarik lain dari CoinCap.

Coincap

CoinCap juga menyediakan dukungan situs dalam lebih dari 20 bahasa, dan bisa menunjukkan perbandingan harga kripto dengan 18 mata uang fiat. Aspek yang menjadikan CoinCap pilihan superior adalah ketersediaan aplikasi iOS dan Android yang tersedia untuk pengguna Mobile.

 

4. LiveCoinWatch

LiveCoinWatch adalah situs indeks harga kripto real-time terbaik, yang memiliki grafik dan data historis untuk 1000+ koin, termasuk Bitcoin, Eethereum, dan beragam Altcoins dari bursa-bursa kripto utama.

LiveCoinWatch

Dengan menggunakan LiveCoinWatch, Anda bisa melakukan tracking harga dan mendeteksi pergerakan Volume secara akurat di pasar kripto. LiceCoinWatch juga bisa melacak Volume di lebih dari 120 bursa, dan memiliki fitur unik untuk mengaktifkan/menonaktifkan peringatan mengenai  aktivitas pasar kripto di Korea. Fitur unggulan lain dari LiveCoinWatch adalah mampu menampilkan perbandingan kripto dengan lebih dari 30 mata uang fiat, dan menawarkan versi beta untuk perangkat manajemen portofolio setelah pengunjung melakukan registrasi.

 

5. CoinLib

CoinLib adalah pendatang baru di ruang lingkup situs pelacakan harga kripto. Akan tetapi, platform yang diberikan sudah cukup baik dan mampu bersaing dengan situs-situs pemantau kripto lain. Tampilan CoinLib juga cukup user-friendly, sehingga siapapun dapat menggunakannya dengan mudah.

Coinlib

CoinLib menyediakan data harga dan Volume mata uang kripto historis secara real-time. Grafik dan peringkat koin kripto yang ditawarkan, sudah dilengkapi dengan versi beta dari tool portofolio dan mekanisme peringatan harga yang terintegrasi. CoinLib juga menunjukkan grafik total kapitalisasi pasar dengan perbandingan harga kripto terhadap 8 mata uang fiat. Menggunakan CoinLib, Anda juga dapat membandingkan hingga 4 koin yang berbeda berdasarkan kriteria spesifikasi, Volume perdagangan, kinerja harga, serta kapitalisasi pasar.

 

6. Onchainfx

Onchainfx adalah situs khusus untuk para pengunjung yang ingin menjadi investor kripto; platform ini menyediakan rentang metrik yang jauh lebih besar daripada situs-situs lainnya.

Onchainfx

Di sini, Anda dapat melihat data seperti kapitalisasi pasar untuk 2050 koin , persentase Supply, ROI, dan harga historis. Ada juga akan dibekali fasilitas khusus untuk membandingkan pergerakan dua aset secara berdampingan. Dominasi Bitcoin dengan mudah ditampilkan dalam tampilan khusus, dan Anda bahkan dapat menemukan info biaya pembelian untuk koin-koin premium.

 

7. Coincodex

Coincodex sekilas mirip CoinMarketCap. Akan tetapi, situs ini memiliki antarmuka yang lebih bersih dan beberapa visualisasi yang bagus. Di sini, Anda dapat memfilter hasil pencarian berdasarkan kinerja kripto selama periode antara 24 jam hingga setahun. Coincodex juga memiliki beberapa panduan kripto yang berguna untuk pemula. Layanan-layanan itu kemudian ditunjang oleh Update rutin mengenai informasi pasar menarik yang diselingi dengan tips berguna tentang alternatif koin di akun Twitter resmi Coincodex.

Coincodex

 

Kesimpulan

Rekomendasi untuk membuka situs-situs pemantau harga kripto alternatif, tidak lantas menjadikan CoinMarketCap sebagai referensi yang tak layak digunakan lagi. Sebaliknya, kami hanya ingin memberi wawasan sebelum Anda menjadi kecanduan pada acuan tertentu, karena pada dasarnya, sistem seperti itu bisa dimanipulasi dengan mudah. Karena itu, kita butuh referensi dari situs lain untuk mendapatkan pertimbangan seobjektif dan seakurat mungkin. Rekomendasi terbaik adalah, gunakan 2-3 situs di atas untuk memantau pasar kripto, sehingga Anda bisa melihat kemungkinan terbaik dari pergerakan harga secara real-time.

 

Selain memperhatikan situs-situs pemantau pergerakan harga kripto, masih ada beberapa langkah analisa lain yang perlu dilakukan dalam investasi ataupun jual beli kripto. Apa sajakah tahapan lengkapnya? Silahkan kunjungi artikel Panduan Analisa Untuk Trading Bitcoin.

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.