Situs Jual Beli Bitcoin Terpopuler Di Indonesia

Ingin jual beli Bitcoin tapi masih bingung kemana? Berikut adalah 5 contoh situs jual beli Bitcoin populer yang menjadi favorit masyarakat Indonesia.

FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

Dengan fluktuasi harga Bitcoin yang semakin tinggi, potensi keuntungan dari pasar Bitcoin pun ikut mengalami peningkatan. Hal ini membuat orang-orang di seluruh dunia tertarik untuk berinvestasi dengan cara membeli Bitcoin di harga murah dan menjualnya kembali di harga yang lebih mahal. Di Indonesia pun, popularitas Bitcoin meningkat tajam seiring dengan banyaknya orang yang berbondong-bondong untuk memilikinya.

Nah, cara termudah untuk memiliki Bitcoin sebagai aset perdagangan dan investasi adalah dengan membelinya di Bitcoin Exchange (Bursa Bitcoin), yang secara umum melayani transaksi jual beli Bitcoin dan mata uang kripto lainnya,

Jual Beli Bitcoin di Indonesia

 

Apa Itu Bursa Bitcoin?

Bursa Bitcoin adalah pasar digital tempat para pedagang dapat membeli dan menjual Bitcoin, baik menggunakan mata uang Fiat ataupun Altcoins. Bursa Bitcoin juga bisa menyediakan platform online yang bertindak sebagai perantara pembeli dan penjual Bitcoin secara virtual. Itulah mengapa, bursa yang menyediakan jasa jual beli Bitcoin secara online, juga bisa disebut sebagai situs jual beli Bitcoin.

Platform bursa Bitcoin akan mencocokkan Order yang dilakukan oleh pembeli dengan pesanan dari penjual. Ketika pesanan pasar dipilih, trader mengotorisasi pertukaran untuk memperdagangkan koinnya (BTC) di harga terbaik yang tersedia. Trader juga bisa memilih Limit Order, sehingga Bitcoin bisa ditransaksikan pada harga di bawah atau diatas tawaran saat ini.

Semua bursa Bitcoin memiliki biaya transaksi yang diterapkan untuk setiap pembelian dan penjualan. Biaya yang ditetapkan biasanya berkisar antara 0 hingga 1%, tergantung kebijakan masing-masing bursa.

 

Situs Jual Beli Bitcoin Populer

Banyak trader dan investor di Indonesia yang masih ragu-ragu dengan berbagai bursa Bitcoin. Selain karena sangat baru jika dibandingkan dengan bursa saham dan komoditas yang telah lama ada, bursa Bitcoin rawan mengalami scam atau penipuan. Karena itu, pada topik pembahasan kali ini, kami akan mengulas tentang beberapa bursa Bitcoin populer dan terpencaya, yang banyak digunakan oleh trader Indonesia.

Sebagai catatan, mayoritas situs jual beli Bitcoin berskala besar memang menyediakan sebuah platform tersendiri, tapi ada pula beberapa laman jual beli Bitcoin yang dimiliki oleh individu (ayoungchanger.com atau Marketplace seperti localbitcoins.com) dan tidak menyediakan platform trading bagi para kliennya.

Situs jual beli Bitcoin

(Baca juga: Cara Membeli Dan Menukar Bitcoin Ke Rupiah)

 

1. Indodax

Indodax (dulunya disebut Bitcoin.co.id), merupakan situs jual beli Bitcoin terpopuler di Indonesia. Saat artikel ini ditulis, total Member Indodax sudah mencapai lebih dari 1.2 juta orang. Didirikan pada tahun 2013 oleh Oscar Darmawan, Bitcoin.co.id pada awalnya dikhususkan untuk menampung aspirasi pecinta Bitcoin di seluruh Indonesia. Kemudian, situs jual beli Bitcoin tersebut berevolusi menjadi bursa kripto Indodax, dengan berbagai macam Altcoins dan token baru yang bisa diperjualbelikan di sana.

Khusus untuk transaksi Bitcoin, Indodax melayani pertukaran Bitcoin dengan mata uang lokal rupiah (BTC/IDR), atau dengan berbagai Altcoins seperti Ethereum (BTC/ETH), Bitcoin Cash (BTC/BCH), dan lain sebagainya. Indodax menawarkan sistem jual beli yang mudah, cepat, dan aman.

Jual beli Bitcoin di Indodax

 

Keunggulan Indodax

  • Proses deposit instan dan withdraw hanya membutuhkan waktu hitungan jam (maksimal 24 jam).
  • Memiliki biaya transaksi rendah, yakni 0.3% untuk takers, dan 0% untuk makers.
  • Menyediakan berbagai fasilitas perdagangan Altcoins seperti ETH, XRP, DOGE, LTC, dan yang terbaru adalah ADA serta token TEN (Tokeneconomy).
  • Indodax masuk dalam 10 pasar Bitcoin online yang paling sering digunakan di seluruh dunia, terutama di Asia.
  • Terintegrasi dengan puluhan layanan Bitcoin di dunia seperti Bitcoin Ticker, Checker, dan Average.
  • Memiliki tim audit keuangan yang bekerja 24/7 non-stop, demi memberikan pengawasan maksimal kepada setiap anggotanya.
  • Semua transaksi tetap bisa diproses meskipun pada hari libur.
  • KYC (Know Your Customer) diterapkan, sehingga tidak akan ada penyalahgunaan platform oleh anggota.
  • Autentikasi 2 Arah baik dengan kombinasi email, SMS, ataupun Google Authenticator, yang dapat menjamin keamanan tambahan untuk akun.
  • Customer Service yang siap melayani dan menyelesaikan setiap keluhan klien selama 24/7 non-stop.

 

2. Luno

Pada awalnya, Luno dikenal sebagai BitX yang didirikan pada tahun 2013. Luno sebenarnya berpusat di London, tapi bisa juga menawarkan pembelian dan penjualan Bitcoin di Indonesia melalui bank lokal. Luno merupakan situs jual beli Bitcoin berskala global, sehingga di manapun Anda berada, Anda tetap dapat menggunakan Dompet Bitcoin yang disediakan Luno. Saat ini, Luno baru menyediakan 2 mata uang kripto, yakni Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH). Keduanya dipasangkan dengan mata uang Fiat lokal dari masing-masing negara yang di-support.

 

Keunggulan Luno

  • Kredibilitas tinggi. Sejak tahun 2013, Luno telah memproses transaksi senilai ratusan juta Dolar dan digunakan oleh Member dari 40 negara.
  • Tim ahli yang telah bekerja di berbagai perusahaan teknologi raksasa seperti Google, Morgan Stanley, Amazon, Barclays, dll.
  • Keamanan terjamin. Mulai dari verifikasi KYC hingga autentikasi 2 faktor menjamin akun pelanggan aman.
  • Fee transaksi yang rendah. Untuk taker, biaya per tansaksi yang dibebankan hanya sekitar 0.20% - 0.25% saja. Sedangkan untuk maker tidak dikenakan biaya.
  • Transaksi deposit instan dan withdraw dalam hitungan jam.

 

3. Triv.co.id

Triv memang merupakan situs jual beli Bitcoin yang masih tergolong baru di Indonesia; baru didirikan pada tahun 2015 silam.
Triv menjadi tempat untuk melakukan transaksi jual beli Bitcoin, Ethereum, dan berbagai mata uang digital lain (Payza, Paypal, Skrill, dll).

Jual beli Bitcoin di Triv

 

Keunggulan Triv

  • Real Time Deposit/Withdraw. Artinya, seluruh transaksi deposit dan withdraw dapat diproses hanya dalam waktu beberapa menit, karena tim keuangan triv online selama 24/7 non-stop.
  • Mendukung lebih dari 100 bank di Indonesia, baik untuk deposit atau withdraw.
  • Konversi ke mata uang digital dan sebaliknya. Artinya, Anda bisa menjual Bitcoin untuk ditukarkan secara langsung ke mata uang digital (e-currency) seperti Perfect Money, OK Pay, Skrill, Payza, Neteller, dan Paypal. Sebaliknya, Anda juga diizinkan membeli Bitcoin dengan menggunakan mata uang digital tersebut.
  • Customer Service 24/7 non-stop. Selain itu, tersedia fitur chatting berbasis web di situs Triv, sehingga pelanggan dapat dengan mudah menghubungi CS.
  • Selain melayani transaksi Bitcoin ke mata uang digital dan sebaliknya, Triv juga melayani pembelian pulsa, token listrik, dan pembayaran tagihan lain-lain dengan Bitcoin.

 

4. Localbitcoins.com

Localbitcoins merupakan sebuah Marketplace yang bisa digunakan oleh individu ataupun organisasi di seluruh dunia. Situs ini akan mempertemukan penjual dan pembeli berdasarkan lokasi terdekat; deteksinya dilakukan melalui IP Address. Sebagai contoh, jika Anda ingin membeli bitcoin dan menggunakan IP Address dari Provider Internet di Bandung, maka pada halaman utama akan muncul penjual Bitcoin terdekat dari lokasi Anda. Biasanya, model pembayaran yang digunakan adalah transfer bank lokal.

Situs jual beli Bitcoin di localbitcoins

 

Keunggulan Localbitcoins

  • Memungkinkan COD (Cash On Delivery) jika lokasi penjual dan pembeli Bitcoin berdekatan.
  • Fee yang dibebankan untuk setiap transaksi cukup murah, hanya sekitar 0.3% - 0.5%.
  • Baik penjual maupun pembeli diizinkan untuk saling tawar-menawar agar bisa mendapatkan harga yang disepakati.

 

5. XP Sindonesia

XP Sindonesia (xp.sindonesia.net) adalah situs jual beli Bitcoin dan beberapa Altcoins yang cukup banyak digunakan di Indonesia. Opsi pembayarannya bisa melalui transfer bank, pulsa, serta berbagai mata uang digital seperti Perfect Money dan OK Pay. Didirikan pada tahun 2014, bisnis XP Sindonesia berawal dari jual beli pulsa All Operator. Seiring dengan perkembangan adopsi mata uang kripto yang makin naik, XP Sindonesia akhirnya memutuskan untuk memberikan opsi jual beli Bitcoin dan beberapa Altcoins kepada pelanggannya.

 

Sebelum jual beli Bitcoin, ada baiknya Anda mewaspadai resiko trading Bitcoin di Indonesia. Dapatkan penjelasan lengkapnya di artikel Resiko Trading Atau Memiliki Bitcoin Di Indonesia.

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.