Advertisement

iklan

Facebook Dan Instagram Larang Iklan Bitcoin

Pihak Facebook dan Instagram mengakui bahwa Bitcoin sangat menarik. Namun, hal inilah yang sering dijadikan sebagai celah untuk para penjahat.

Advertisement

iklan

FirewoodFX

iklan

Bitcoin yang mulai menjadi primadona perbincangan di dunia maya selama tahun lalu hingga awal tahun ini terus digandrungi oleh berbagai kalangan. Bagaimana tidak, nilai Bitcoin bahkan pernah mencapai titik tertinggi $19,000 atau senilai Rp256 juta. Bayangkan jika Anda memiliki 5 keping BTC saja, investasi yang Anda miliki dapat memiliki nilai hingga lebih dari Rp1 milyar.

Meskipun Bitcoin dan Altcoins serta seluruh koin kripto yang beredar sangat digandrungi oleh masyarakat terutama generasi milenial, tetapi Facebook dan Instagram, media sosial paling terkenal saat ini, mengambil keputusan untuk memblokir semua iklan Bitcoin maupun Altcoins lain di platform mereka. Hal ini dilakukan untuk menghentikan praktek promosi yang sering digunakan untuk menipu dan menyesatkan para pengguna.

Pihak Facebook dan Instagram memang mengakui bahwa Bitcoin dan kripto lainnya sangat menarik banyak perhatian dan minat para pengguna. Namun, hal inilah yang sering dijadikan sebagai celah untuk para penjahat dalam kegiatan penipuan terhadap pengguna, terutama yang masih awam.

 

Facebook dan Instagram

 

Berdasarkan kebijakan kedua media sosial raksasa tersebut, iklan-iklan berbasis pertukaran mata uang kripto, ataupun ICO (Initial Coin Offering/Penawaran Koin Perdana) tidak akan di izinkan lagi untuk muncul di platform.

Pelarangan tersebut bukan tanpa alasan. Ada sebuah insiden yang sudah terjadi dan merugikan para pengguna Facebook. Sebut saja James Altucher, salah satu Hedge Fund sekaligus pengiklan di Facebook yang sempat viral, sehingga menyebabkan penipuan besar. Nama dan kredibilitasnya yang sudah terbilang tinggi disalahgunakan untuk penipuan oleh pihak lain, melalui iklan Investasi di Bitcoin.

Keputusan pelarangan yang diambil Facebook ini semata-mata untuk melindungi platform dari pelaku tindak kriminal, mengingat saat ini banyak sekali perusahaan yang menyebarkan informasi hoax dan melakukan praktek penipuan.

Rob Leathern, Direktur Manajemen Produk di Facebook, mengatakan bahwa kebijakan yang diambil merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan keamanan platform. Sehingga para penipu akan lebih kesulitan dalam menggunakan Facebook sebagai media penipuan mereka.

Tidak hanya Facebook, pemilahan dan pelarangan juga dilakukan di Instagram. Sehingga, Bitcoin dan Altcoins serta seluruh kegiatan terkait dilarang di aplikasi berbagi foto tersebut. Sebagai dampak dari keputusan ini, setelah kebijakan Facebook pertama kali diumumkan, Bitcoin anjlok di bawah 10,000 USD.

282221

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.