Advertisement

iklan

Rangkul Adyen, eBay Kini Terhubung Ke Platform Pembayaran Bitcoin

Rencana integrasi eBay dan Bitcoin semakin menemui titik terang. Melalui kerjasama dengan Adyen, eBay kini terkoneksi ke platform pembayaran Bitcoin terpopuler.

Xm

iklan

Advertisement

iklan

Perusahaaan e-commerce multinasional, eBay, saat ini sedang "mempertimbangkan dengan serius" untuk menggunakan mata uang kripto sebagai salah satu metode pembayarannya. Pada tanggal 31 Januari 2018 lalu, eBay mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani kesepakatan dengan Adyen untuk menjadi prosesor utama. Perusahaan layanan pembayaran yang berbasis di Amsterdam itu merupakan mitra BitPay, salah satu platform pembayaran kripto terpopuler.

 

Progres integrasi eBay dan Bitcoin

 

Keterkaitan Adyen dan BitPay menandakan progres lebih lanjut dari rencana eBay untuk berintegrasi dengan Bitcoin. Melalui situs resminya, Bitpay menyatakan, "Klien Adyen sekarang dapat menerima Bitcoin dengan mudah sebagai metode pembayaran di toko e-commerce mereka." Dengan demikian, Adyen bisa menjadi solusi awal bagi eBay untuk memulai adopsi Bitcoin.

Meskipun begitu, Scott Cutler berujar jika eBay belum siap untuk mengadopsi kripto. Dalam wawancara bersama Yahoo Finance, Wakil Presiden eBay Amerika itu mengkonfirmasi bahwa perusahaan memang sedang berunding untuk rencana adopsi mata uang kripto. Meski meyakini potensi penerapan Bitcoin di e-commerce, ia tak yakin dengan kemungkinan integrasi dalam waktu dekat.

 

Menjanjikan Untuk E-commerce

Prospek integrasi Bitcoin di perusahaan e-commerce seperti eBay sebenarnya bukan hal mengejutkan, melihat bagaimana perkembangannya sejauh ini. Pasar kripto selama setahun terakhir mendapatkan perhatian penuh dari trader, investor, hingga otoritas negara-negara di dunia, setelah mencatatkan peningkatan nilai yang luar biasa. Akumulasi valuasi pasar kripto bahkan sudah mencapai $500 miliar.

Awalnya, Bitcoin dianggap bisa menggantikan fiat currency dan menjadi salah satu mata uang global. Namun karena masalah skalabilitas, kebanyakan peminat kripto menganggapnya sebagai penyimpan nilai kekayaan saja. Meskipun begitu, kloning dari platform asli Bitcoin sudah bermunculan dan bisa menghadirkan jaringan tanpa macet, juga tanpa biaya yang membengkak. Jadi selain Bitcoin, para pebisnis e-commerce juga dapat memilih mata uang kripto alternatif seperti Dash, Litecoin, Steller, Ripple, dan Cardano.

 

Gantikan PayPal

Mencuatnya mata uang kripto telah menggeser popularitas mata uang digital (seperti PayPal) yang semakin pudar. Menariknya lagi, Max Levchin, pendiri PayPal mengemukakan bahwa Blockchain dapat memberikan perubahan fantastis terhadap dunia keuangan global. Max mengatakan, "Blockchain adalah gagasan matematis yang brilian, teknologi fantastis untuk disimulasikan."

eBay sendiri telah mempublikasikan rencananya untuk menghentikan kerjasama dengan PayPal sebagai opsi pembayaran; suatu kabar yang memberi efek buruk pada saham PaypPal (PYPL). Namun demikian, keputusan eBay untuk memutus kontrak PayPal dan beralih ke kripto tidak dapat langsung dilakukan, karena kedua perusahaan tersebut masih terikat kesepakatan yang baru berakhir pada tahun 2020.

282383

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.