Advertisement

iklan

USD/JPY Mencoba Bangkit Dari Level Terendah 3 Bulan

USD/JPY berupaya memulihkan diri, meski pasar tengah diselimuti sentimen risk-off akibat memanasnya tensi geopolitik di Timur Tengah.

Xm

iklan

FirewoodFX

iklan

Analisa Fundamental

USD/JPY turun ke level terendah tiga bulan karena investor masih mencemaskan risiko meluasnya konflik Timur Tengah. Presiden AS Donald Trump memperingatkan sebuah "pembalasan besar" jika Iran membalas. Senada dengan Trump, Sekretaris Negara AS, Mike Pompeo, mengatakan bahwa Amerika Serikat akan menargetkan setiap pejabat Iran jika ada serangan lebih lanjut terhadap kepentingan AS.

Memburuknya hubungan kedua negara tersebut membuat Iran semakin menjauhkan diri dari perjanjian nuklir tahun 2015. Perwakilan Iran mengatakan bahwa pihaknya akan terus bekerja sama dengan pengawas nuklir PBB, tetapi tidak akan mematuhi batasan untuk mengerjakan pengayaan uraniumnya.

Sementara itu, Uni Eropa, Inggris, dan Oman mendesak agar AS dan Iran bersedia melakukan upaya diplomatik demi meredakan konflik yang terjadi.

 

Analisa Teknikal

USD/JPY Mencoba Bangkit Dari Level

Terlepas dari tren bearish yang membayangi pasangan mata uang USD/JPY, pola pergerakan indikator RSI mengindikasikan adanya sebuah bullish divergence. USD/JPY juga kembali bergerak di atas Support 107.977, dan diperkirakan berpotensi naik tipis, dari level terendah 3 bulan ke sekitar Resistance 108.243.

 

Rekomendasi

  • Entry Buy: 107.977
  • Take Profit: 108.243
  • Stop Loss: 107.813
Arsip Analisa By : Rama Anandhita

Rama berstatus sebagai mahasiswa aktif tingkat akhir di salah satu Perguruan Tinggi Swasta di kota Kembang. Awal mula perkenalan dengan dunia trading dimulai pada tahun 2014, saat masih mahasiswa baru. Instrumen trading yang pertama kali dikenal adalah saham Indonesia. Seiring berjalannya waktu, tertarik mengikuti trading forex juga. Strategi trading yang banyak digunakan diantaranya Harmonic Pattern dan Chart Pattern.