10 Ciri Akun Myfxbook Asli Yang Terpercaya Dan Kredibel

279334

Sedang mencari hasil uji coba robot trading atau penyedia sinyal yang dapat diandalkan? Agar tidak keliru, kenali dulu 10 ciri akun Myfxbook terpercaya ini.

Xm

iklan

Advertisement

iklan

Pernahkah Anda mendengar tentang Myfxbook? Diperkenalkan sebagai media untuk membantu proses analisa teknikal forex secara otomatis, Myfxbook juga dikembangkan sebagai platform social trading. Pengguna Myfxbook bisa mempublikasikan rekam jejak trading yang dilengkapi dengan grafik dan statistik performa.

Kegunaan di atas memungkinkan para penyedia sinyal trading untuk menggunakan Myfxbook sebagai tempat melampirkan bukti hasil trading mumpuni. Para penjual robot trading pun bisa menggunakan platform Myfxbook untuk mempublikasikan hasil uji coba penggunaan EA yang dipromosikannya. Karena fungsi-fungsi tersebut, banyak trader berpatokan pada platform Myfxbook sebelum memilih penyedia sinyal atau menggunakan robot trading tertentu. Namun sayangnya, situs Myfxbook saat ini tidak bisa diakses oleh trader Indonesia dengan mudah. Sebagai solusi, Anda dapat membuka halaman Myfxbook dengan bantuan VPN atau Proxy.

Selain masalah kemudahan akses, tantangan menggunakan Myfxbook juga bisa timbul dari identifikasi akun yang terpercaya. Tanpa panduan memadai, trader pemula akan menghadapi kesulitan saat memilah portofolio trading yang bisa diandalkan. Daripada memilih kucing dalam karung, sebaiknya perhatikan 10 pedoman berikut untuk bisa memastikan ciri akun Myfxbook terpercaya, kredibel, dan tentu saja asli.

ciri akun myfxbook asli

 

1. Track Record Verified

Verifikasi track record (rekam jejak akun) merupakan salah satu ciri penting untuk mengidentifikasi keaslian akun Myfxbook. Jika sudah verified, artinya semua rekam jejak (history, open trade, open order) yang ditampilkan oleh pemilik akun sudah sesuai dengan data yang diterima Myfxbook dari server broker. Sebagai informasi, akun Myfxbook bisa terhubung dengan akun broker melalui password investor.

Jika akun Myfxbook tidak terhubung dengan akun dari broker, maka track record tidak akan terverifikasi dan ditandai dengan kemunculan tanda silang di sebelah tulisan "Track Record Not Verified". Sebaliknya, jika akun Myfxbook sudah terhubung dengan akun broker dan data-datanya telah terkonfirmasi, akan muncul tanda centang hijau di sebelah tulisan "Track Record Verified".

ciri akun myfxbook terpercaya, verifikasi rekam jejak akun

Perlu dicatat, portofolio lama yang sebelumnya telah terverifikasi bisa kehilangan status "Track Record Verified". Hal ini bisa terjadi karena broker selalu menghapus data historis dari waktu ke waktu. Misalnya saja, pada portofolio trading di tahun 2012, track record tidak lagi bisa dikonfirmasi karena data trading pada masa itu sudah tak tersimpan di server broker.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan di sini adalah, status "Track Record Verified" tidak hanya berlaku untuk rekam jejak trading di akun real, tapi juga akun demo. Jadi apabila Anda hanya memprioritaskan portofolio trading yang telah terbukti di akun real, jangan lewatkan panduan selanjutnya (terutama di no. 3 dan no. 4).


2. Trading Privileges Verified

Trading privileges merupakan indikator yang digunakan untuk menampilkan status kepemilikan dari suatu akun Myfxbook. Jika trading privileges sudah terverifikasi, berarti pemilik akun itu adalah trader yang benar-benar menjalankan tradingnya, dan bisa membuktikan bahwa portofolio yang ditampilkan di Myfxbook adalah hasil tradingnya sendiri.

Namun apabila pemilik akun Myfxbook tidak mampu mengaktifkan tanda centang hijau di samping "Trading Privileges Verified", maka tidak ada jaminan jika track record yang ia tampilkan adalah performanya sendiri. Bisa jadi, ia hanya menggunakan pasword investor dari seorang penyedia sinyal yang memiliki rekam jejak bagus.

ciri akun myfxbook kredible, privilese akun terverifikasi

Dengan demikian, memiliki password investor saja tidak cukup jika seorang pemilik akun Myfxbook asli ingin mendapat verifikasi untuk trading privileges. Dalam hal ini, pemilik akun bisa memilih salah satu dari dua cara berikut untuk membuktikan status kepemilikan akun:

  1. Membuka pending order dengan key yang diberikan Myfxbook, atau
  2. mengganti password investor dengan password khusus yang di-generate otomatis oleh Myfxbook.


3. Menggunakan Akun Broker Asli

Selain track record dan trading privileges, aspek yang bisa menandai ciri akun Myfxbook terpercaya adalah nama broker. Percaya atau tidak, nama broker yang digunakan di Myfxbook bisa direkayasa sehingga tidak selalu merefleksikan broker sungguhan. Situasi ini bisa terjadi karena pada dasarnya, sistem Myfxbook bekerja dengan memverifikasi trading di server MQL4. Apabila seorang pemilik akun bisa mengatur server abal-abal untuk menyerupai MQL4, ia bisa menggunakannya sebagai identitas broker di platform Myfxbook. Jika brokernya saja sudah tidak asli, maka track record-nya tentu sangat meragukan.

Kabar baiknya, Myfxbook bisa mengidentifikasi server palsu yang tidak terkait dengan broker sungguhan. Ciri akun yang tidak menggunakan broker asli terdeteksi dari nama broker "Other (MT4)". Selain itu, tanda centang hijau (verifikasi) tidak akan muncul baik di bagian track record maupun trading privileges.

ciri akun myfxbook kredible, broker teregulasi

 

4. Menggunakan Akun Real

Track record yang tercatat di akun real lebih kredibel daripada di akun demo, karena banyak sistem trading yang berhasil digunakan di platform demo malah gagal saat diterapkan di akun real. Kondisi trading pada akun real secara aktual mengikuti pergerakan harga di pasar dengan spread dan slippage nyata, sementara akun demo tidak bisa mencerminkan semua itu.

Selain itu, trader yang hanya menyediakan track record di akun demo bisa jadi belum memiliki psikologi trading yang telah teruji di akun real. Bagaimanapun juga, ada perbedaan besar antara mental trading di akun demo dan akun real. Karena risikonya tidak nyata, trader di akun demo akan sangat mudah mengambil risiko tinggi. Sementara ketika sudah terjun di akun real, trader biasanya cenderung sangat berhati-hati karena dibebani oleh risiko nyata.

Perbedaan kualitas di atas tak pelak menjadikan portofolio trading di akun real sebagai patokan yang lebih bisa diandalkan ketimbang rekam jejak di akun demo. Cara paling praktis mengetahui status ciri akun Myfxbook adalah dengan membuka tab "General" pada kolom Info seperti gambar di bawah ini:

ciri akun myfxbook terpercaya, akun real live

 

5. Perbandingan Antara Gain dan Absolute Gain Wajar

Untuk memahami poin ini, pertama-tama Anda perlu memahami perbedaan dasar antara gain dan absolute gain (abs. gain). Gain mengindikasikan pertumbuhan ekuitas akun sejak deposit pertama. Apakah pertumbuhan itu berasal dari keuntungan trading atau deposit tambahan, gain akan tetap menghitungnya. Sementara itu, absolute gain adalah ROI (return of investment) yang hanya mengkalkulasi pertumbuhan ekuitas dari keuntungan trading.

Dalam memperhatikan portofolio trading di Myfxbook, absolute gain biasanya dipandang lebih berbobot karena bisa merefleksikan tingkat profitabilitas dengan lebih baik. Di samping itu, gain lebih mudah dimanipulasi karena pemilik akun tinggal melakukan deposit tambahan untuk memperbesar angkanya. Sementara untuk menaikkan absolute gain, ia harus bisa meningkatkan keuntungan trading terlebih dulu.

Oleh karena itu, akun Myfxbook dengan gain yang jauh lebih besar dari absolute gain sering menimbulkan kecurigaan. Bisa jadi pemilik akun itu memanipulasi gain dengan menambah deposit besar tanpa bisa mengimbanginya dengan pertumbuhan profit. Itulah mengapa, salah satu ciri akun Myfxbook terpercaya bisa dikenali dari perbandingan gain dan absolute gain yang wajar. Akan lebih baik lagi jika kedua data tersebut bisa mencerminkan angka yang sama, atau absolute gain berhasil mengungguli perolehan gain.

ciri akun myfxbook terpercaya, gains wajar


6. Tidak Ada Notifikasi Custom Start Date

Tahukah Anda? Platform Myfxbook memiliki fasilitas kustomisasi tanggal sehingga para pemilik akun bisa memilih momen-momen tertentu di mana track record-nya menunjukkan hasil gemilang. Ketika hasil uji robot trading sedang tidak menguntungkan, mereka bisa menyembunyikannya dari akses publik dengan mengecualikan tanggal tertentu. Jadi, performa trading yang ditampilkan tidak akan benar-benar real karena tidak merefleksikan keseluruhan rekam jejak akun.

Anda bisa mengenali tanda-tanda akun Myfxbook yang meragukan dari keberadaan notifikasi custom start date. Jika notifikasi muncul di bagian atas platform, maka track record yang ditampilkan kurang bisa dijamin kredibilitasnya.

Di bawah ini adalah contoh track record yang sudah dipoles dengan custom start date:

ciri akun myfxbook terpercaya, custom date 1

Meski demikian, Anda masih bisa melihat "bagaimana aslinya" track record trading dari pemilik akun yang menggunakan custom start date. Caranya, gunakan fitur "Custom Analysis" yang terletak di pojok kanan atas, centang semua pilihan di tab "Timing", kemudian klik "Analyze".

Custom Analysis Myfxbook

Setelah dicek dengan "Custom Analysis", gain yang dihasilkan terbukti sangatlah kecil, dan defisit absolute gain sebenarnya lebih besar dari -2.69%.

ciri akun myfxbook terpercaya, custom date 2

 

7. Drawdown Kecil

Pemilik akun Myfxbook yang tidak kredibel bisa mengakali catatan "Equity" dengan membiarkan posisi terbuka secara terus-menerus. Hal ini karena track record untuk "Equity" di Myfxbook hanya memperhitungkan hasil trading dari transaksi yang sudah ditutup. Jadi apabila Anda ingin melihat perolehan yang sesungguhnya, bukalah tab "Drawdown" di bagian "Chart". Sebagai catatan, keterangan "Drawdown" di kolom "Stats" dianggap kurang relevan karena mencerminkan "maximum drawdown" dan jarang di-update.

Besar drawdown menentukan seberapa besar kerugian yang diderita oleh pengguna akun Myfxbook. Loss yang dihitung tidak hanya berasal dari closed position, tapi juga kerugian terkini dari semua posisi, termasuk yang masih floating. Sebagai aturan dasar, ambang drawdown sewajarnya hanya berkisar di bawah 30%. Jika di atas batas tersebut, risiko trading biasanya tinggi dan berpotensi merugikan follower.

ciri akun myfxbook terpercaya, drawdown wajar


8. Statistik Performa Trading Meyakinkan

Kolom "advanced statistic" menampilkan rangkuman performa trading dari pemilik akun, supaya Anda dapat menilai kemampuannya secara praktis berdasarkan kriteria berikut:

  • Average Win dan Average Loss: rerata dari total banyak profit dan loss dibagi jumlah pembukaan posisi.
  • Profit Factor: adalah rasio berapa kali gross profit melebihi gross loss.
  • Expectancy: adalah angka harapan profit dari setiap posisi.

Ciri akun myfxbook terpercaya adalah jika memiliki Average Win yang lebih besar daripada Average Loss, dan Profit Factor di atas 1.0.

ciri akun myfxbook terpercaya, advanced statistic


9. Akun Berusia Lebih Dari Satu Tahun

Cukup banyak trader amatiran mendapat untung besar di awal pembukaan akun real. Namun karena volatilitas pasar forex yang tidak menentu, banyak di antara mereka mengalami kerugian besar tak lama kemudian. Karena itu, semakin lama trader bisa bertahan, semakin terbukti pula keahliannya di dunia trading.

Mengikuti ide tersebut, Anda juga bisa mengidentifikasi ciri akun Myfxbook terpercaya dari panjang usianya. Jika sudah berusia lebih dari satu tahun dan mampu mempertahankan perkembangan keuntungan secara konsisten, maka akun tersebut sudah layak dipertimbangkan kredibilitasnya.

ciri akun myfxbook kredibel, usia akun


10. History Trading Ditampilkan Secara Transparan

Satu lagi aspek yang bisa diidentifikasi sebagai ciri akun Myfxbook terpercaya adalah history trading. Jika suatu pemilik akun jujur dan dapat diandalkan, ia tak akan ragu untuk menampilkan detail history trading secara terbuka. Sebaliknya, pemilik akun yang sering melakukan kesalahan fatal biasanya berusaha menutup-nutupi catatan buruknya dengan menyembunyikan statistik history trading.

Akun Myfxbook dianggap lebih kredibel jika bisa menampilkan "History trading" dari awal akun dibuka sampai data terbaru. Namun demikian, beberapa data paling real-time seringkali dianggap wajar jika disembunyikan oleh pemilik akun yang berstatus sebagai penyedia sinyal. Hal itu karena data posisi terkini merupakan informasi berharga yang biasanya "dijual" oleh para penyedia sinyal.

ciri akun myfxbook kredibel, rekam jejak transparan

Kesepuluh karakteristik di atas adalah beberapa ciri akun Myfxbook terpercaya yang bisa dijadikan pedoman. Dengan mengenali ciri-ciri tersebut, Anda dapat membedakan akun Myfxbook yang benar-benar asli atau sekedar hasil manipulasi.

Keaslian suatu akun Myfxbook sangat diperlukan untuk menentukan kehandalan robot trading yang telah teruji. Ingin mengetahui contoh EA dengan hasil uji trading terpercaya? Silahkan berkunjung ke halaman robot trading ini.

Jika Anda memiliki pertanyaan lain perihal akun Myfxbook, selain dari kolom komentar, Anda juga bisa langsung bertanya pada ahli kami pada forum tanya jawab khusus jurnal trading berikut.

Rio Renata aktif menulis di Seputarforex sebagai penulis artikel forex dan broker dalam dua bahasa, khususnya mengenai aspek teknikal. Karena berlatar pendidikan psikologi, ia memandang pergerakan harga pasar layaknya dinamika perilaku individual, yaitu memiliki pola tertentu yang dapat diantisipasi.


Karina
banyak sih sekarang website third party yang buat analisa performa trading, salah satunya myfxbook dan FXblue. Tapi semetara ini myfxbook masih diblokir sama menkominfo, jadi kalau susah akses myfxbook ada alternatif lainnya.
Abon
Macam mana nak membuka akun myfxbook dan mengaktifkannya?
Rio Renata
Caranya mudah, Anda hanya perlu berkunjung ke website myfxbook.com lalu membuat mengisi data-data akun di bagian Quick Signup untuk mendaftar. Jika Anda tidak bisa membuka website myfxbook, kemungkinan besar ISP Anda memblokir website tersebut, gunakan VPN untuk membuka aksesnya.