OctaFx

iklan

Apa Itu Airdrop Kripto?

Airdrop kripto adalah sebuah penawaran menarik yang memungkinkan kita untuk mendapatkan kripto gratis. Tertarik untuk mendapatkannya?

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Perkembangan kripto yang semakin pesat membuat semakin banyak perusahaan yang berusaha mengembangkan kripto kripto mereka sendiri, dan menciptakan berbagai metode agar produk mereka populer. Nah, salah satu cara memperkenalkan kripto baru adalah dengan membuat Airdrop kripto. Jika Anda adalah peminat koin-koin kripto yang baru diluncurkan, Anda dapat memperoleh manfaat dari adanya Airdrop kripto ini. Sebenarnya, apa itu Airdrop kripto? Artikel di bawah ini akan memberi penjelasannya. 

Airdrop kripto adalah istilah untuk aktivitas pendistribusian sebuah token Blockchain gratis kepada anggota komunitas kripto. Airdrop dapat dikatakan sebagai kegiatan promosi yang sebagian besar dilakukan oleh Startup berbasis Blockchain untuk bootstrap proyek mata uang virtual mereka.

Bitcoin Airdrop

Tujuan dari adanya Airdrop kripto ini adalah untuk memperkenalkan proyek kripto dan Blockchain kepada masyarakat, serta untuk memikat orang-orang agar tertarik masuk dan berinvestasi di perusahaan mereka. Salah satu Airdrop Kripto yang berhasil dilakukan adalah CloudBounce, ekosistem audio AI terdesentralisasi, yang membagikan 8 juta token DB ke anggota komunitasnya pada Maret 2018.

Syarat untuk mendapatkan Airdrop kripto ini cukup beragam. Salah satu contohnya, seseorang mungkin perlu memegang jumlah minimum koin kripto di dompetnya (seperti Airdrop Bitcoin Cash, Bitcoin Gold), atau mungkin perlu melakukan tugas-tugas tertentu, seperti mengunggah post di forum onlinw, menghubungkan dengan anggota tertentu dari proyek Blockchain, atau menulis posting blog.

 

Cara Kerja Airdrop Kripto

Karena praktek Airdrop relatif baru di pasar kripto, prosedur dan cara kerjanya masih terus dikembangkan. Yang jelas, pengembangan Airdrop kripto sepertinya akan berlanjut dalam jangka panjang, karena metode ini terbukti efektif untuk menunjang popularitas kripto baru. Mayoritas Blockchain kripto yang masih dalam level Startup, memilih untuk meluncurkan Airdrop sebagai 'pancingan' agar proyek mereka dilirik. Beberapa situs kripto menampilkan aturan, tapi ada pula yang baru memberikan informasi lanjutan setelah pengguna menghubungi pihak Developer.

Pada umumnya, cara kerja Airdrop kripto adalah sebagai berikut: tim pengembang akan memberikan pengumuman mengenai jadwal diselenggarakannya Airdrop. Setelah tanggal ditentukan, tim penyelenggara Airdrop akan menunjukkan potongan dari gambar Blockchain yang diperkenalkan. Jika proses ini berjalan lancar, para pemegang mata uang kripto akan mendapatkan e-token gratis.

 

Mengapa Melakukan Airdrop Kripto?

Alasan utama Airdrop kripto adalah untuk menarik perhatian masyarakat. Sudah menjadi rahasia umum bahwa dunia mata uang virtual sangat bergantung pada "sensasi". Orang-orang terus mencari hal menarik berikutnya, sehingga adanya cara mendapatkan kripto gratis memberikan insentif untuk menarik lebih banyak peminat ke proyek pengembangan kripto baru. Mengumumkan Airdrop yang akan datang menciptakan buzz (perbincangan hangat) yang sangat dibutuhkan, baik di media sosial maupun di dunia mata uang virtual secara umum.

Bitcoin dan sensasinya

(Baca Juga: 7 Pengalaman Mengejutkan dengan Blockchain)

 

Airdrop juga membantu Startup Blockchain memperoleh basis data berharga yang penting ketika mengidentifikasi pelanggan potensial. Hal ini karena beberapa Airdrop bisa mengharuskan pelanggan untuk mengisi beberapa formulir online. Yang perlu diingat, pengguna mata uang kripto harus selalu waspada terhadap situs Scam, dengan memastikan bahwa info yang diberikan hanya merujuk ke situs resmi perusahaan.

 

Jenis Airdrop Kripto

Airdrop biasanya terdiri dari 2 jenis:

  1. Automatic Airdrop
    Airdrop jenis ini adalah hasil Fork di Blockchain. Sebagai contoh, Hardfork Bitcoin menghasilkan perpecahan dalam jaringan yang menyebabkan Bitcoin Cash (BCH) muncul. Jadi siapa pun yang memiliki Bitcoin di Blockchain, akan menerima Bitcoin Cash secara otomatis di dompet mereka. Meskipun demikian, hal ini tidak lantas membuat jumlah Bitcoin yang dimiliki berlipat ganda. Secara umum, jumlah kripto akan disesuaikan sehingga nilainya tidak berubah dari sebelum Hardfork terjadi.
  2. Incentive Airdrop
    Merupakan Airdrop yang digunakan sebagai strategi pemasaran untuk menarik calon investor. Cara ini dinilai bagus untuk mempromosikan proyek Blockchain baru. Banyak perusahaan menawarkan sejumlah koin kripto gratis jika pengguna menyebarkan produk yang mereka miliki ke seluruh dunia.

 

Cara Mendapatkan Informasi Airdrop Kripto

Banyak situs web dan platform online telah dibuat dengan tujuan untuk menginformasikan pengguna kripto tentang Airdrop yang sedang/akan berlangsung. Sebagai contoh adalah Icodrops dan Airdrop Alert. Keduanya bahkan menawarkan saran relevan tentang Airdrop yang akan datang. Cara lain untuk mengakses informasi tentang Airdrop adalah dengan melacak berbagai platform media sosial dari proyek-proyek yang Anda minati, seperti halnya Reddit dan Telegram.

 

Hubungan Airdrop dan ICO

Berbeda dengan ICO yang terkadang meminta investor untuk menanamkan modal terlebih dahulu, Airdrop tidak meminta biaya apapun, hanya meminta para pengguna yang berminat untuk membantu promosi melalui membagikan posting ke media sosial, like, dll.

Meskipun begitu, tujuan dari diluncurkannya Airdrop dan ICO adalah sama. Mereka muncul sebagai gimmick pemasaran ketika sebuah perusahaan meluncurkan koin kripto baru, dan membidik mereka yang tertarik dengan mata uang virtual secara gratis.

 

Dompet Untuk Airdrop Kripto

Memiliki Blockchain Wallet adalah persyaratan dasar jika Anda ingin berpartisipasi dalam suatu Airdrop. Selain itu, Anda juga harus memiliki mata uang virtual yang relevan seperti BTH atau ETH di Dompet elektronik. 

Dompet Bitcoin terbaik

(Baca Juga: 7 Penyedia Dompet Kripto Terbaik)

 

Dalam beberapa kasus, Anda hanya membutuhkan akun di bursa untuk menikmati Airdrop Bitcoin Blockchain. Namun, beberapa Airdrop terkadang akan meminta Dompet khusus. Contohnya adalah MyEtherWallet yang meminta ERC20 non-exchange wallet, atau biasa disebut dompet ERC-20. Dompet ERC-20 adalah Wallet yang hanya mendukung sistem Blockchain Ethereum.

Beberapa token mengikuti protokol Bitcoin, beberapa mengikuti Ethereum, dll. Oleh karena itu, penting untuk memiliki Dompet yang memungkinkan Anda menyimpan token ERC-20 jika itu yang diperintahkan oleh pedoman Airdrop. Rekomendasi terbaik untuk dompet ERC-20 yang populer adalah MyEtherWallet (MEW).

 

Bagaimana Menjaga Token Airdrop Agar Tetap Aman

Meskipun Anda dapat menemukan banyak dompet berbasis web atau hot wallet, saya sarankan Anda menggunakan dompet perangkat keras. Trezor adalah cold wallet asli dan paling aman. Tidak hanya itu,Wallet ini juga kompatibel dengan sebagian besar koin kripto gratis.

Bitcoin Wallet

(Baca juga: Apa Beda Hot Wallet Dan Cold Wallet?)

 

Jangan lupa untuk selalu menyimpan kunci pribadi ke Wallet Anda. Meskipun Anda dapat berbagi alamat kripto, jangan pernah membagikan kunci pribadi ataupun file unlock (Json) kepada orang lain.

 

Berpartisipasi dalam pasar kripto memang relatif berisiko karena volatilitas harganya yang masih kurang stabil. Akan tetapi, potensi pertumbuhan kripto sangat menjanjikan, karena teknologi Blockchain yang melatarbelakanginya terus dilirik oleh berbagai pihak, mulai dari perusahaan multinasional, pejabat bank sentral, hingga pemerintah dunia. Potensi ini pun telah tercermin pada kisah sukses pemilik mata uang kripto.

Seorang trader sejak 2012 yang mempunyai hobi menulis. Suka membahas serunya persaingan ekonomi antar negara dengan sebuah tulisan. Aktivitas trading menggunakan Price Action dan rumor fundamental saja. Karena trading itu memang simpel.