Advertisement

iklan

Formasi Reversal Bar Pada Price Action Trading

Pada serial tulisan mengenai price action kali ini akan dicontohkan formasi reversal bar yaitu pin bar reversal dan fakey (false) reversal bar. Untuk mengingat kembali, berikut kutipan dari artikel sebelumnya mengenai pin bar dan fakey (false) bar pada price action. Karakteristik formasi pin bar :-Harga open dan harga close pin bar berada didalam atau sangat dekat dengan range harga bar

acy

iklan

Advertisement

iklan

Pada serial tulisan mengenai price action kali ini akan dicontohkan formasi reversal bar yaitu pin bar reversal dan fakey (false) reversal bar. Untuk mengingat kembali, berikut kutipan dari artikel sebelumnya mengenai pin bar dan fakey (false) bar pada price action.

Karakteristik formasi pin bar :
-Harga open dan harga close pin bar berada didalam atau sangat dekat dengan range harga bar pertama dan bar ketiga.
-Harga open dan harga close pin bar saling berdekatan, makin kecil jaraknya makin bagus.
-Ekor pin bar (garis panjangnya) keluar menonjol diantara kedua bar yang mengapitnya, makin panjang makin akurat.
Cermati  apakah terbentuk formasi pin bar pada 3 bar yang terjadi secara berurutan

Karakteristik formasi fakey (false) bar :
Formasi bar fakey (false) mengindikasikan penolakan (rejection) pada level-level kunci (support/resistance) yang dianggap signifikan. Seolah-olah harga bergerak mengikuti trend yang sedang terjadi, tetapi kemudian berbalik arah atau terjadi penerusan trend sekarang. Acapkali setelah formasi fakey terbentuk, harga berbalik arah dengan kuat. Ciri utamanya terdiri dari inside bar, diikuti oleh bar false break yang terbentuk dan ditutup pada level range inside bar. Entry point bisa pada bar berikutnya saat bergerak melebihi level tertinggi inside bar ( atau level terendah untuk fakey downtrend / bearish).

Contoh berikut adalah formasi pin bar dan fakey (false) bar yang terbentuk pada EUR/USD dan GBP/USD pada time frame daily dan 4-hour.

                Formasi Reversal Bar Pada Price Action


                Formasi Reversal Bar Pada Price Action

Pada contoh GBP/USD berikut terbentuk double pin bar (dua pin bar yang terjadi secara berurutan), sehingga sinyal sell yang dihasilkan cukup valid. Kita bisa entry order sell setelah double pin bar selesai terbentuk dengan risk/reward ratio yang cukup tinggi (misal: 1 : 3).

                           Formasi Reversal Bar Pada Price Action

 

Dari contoh-contoh diatas dapat diperhatikan bahwa trading dengan price action cukup simpel dan efektif, tanpa analisa yang kompleks dengan menerapkan banyak indikator teknikal. Agar sinyal trading akurat hendaknya menggunakan time frame tinggi (daily atau minimal 4 hour).


Sumber : Nial Fuller - www.learntotradethemarket.com

Martin Singgih memulai trading sejak 2006. Pernah menjadi scalper dan trader harian, tetapi sekarang cenderung beraktivitas sebagai trader jangka menengah-panjang dengan fokus pada faktor fundamental dan Money Management. Strategi trading yang digunakan berdasarkan sinyal dari Price Action dengan konfirmasi indikator teknikal.


Amelia
tapi masih bingung.....
Andry Maulana
Fakey disini apa artinya? Seharusnya yang muncul seolah-olah seperti pin bar tapi kemudian indikasinya bukan reversal kan? Atau yang meskipun bukan pin bar tapi masih mensinyalkan reversal? Kalau demikian akan banyak formasi fakey untuk dikenali, cara mengenalinya bagaimana? Karena pin bar sudah memiliki karakteristik dan pola yang lebih jelas, disini saya rasa perlu juga belajar untuk mengenali fakey supaya bisa menajdikannya sebagai sinyal juga.
Martin S
@Andry Maulana:
Fakey maksudnya yang palsu (fake). Dalam hal contoh diatas adalah terjadinya false break mother bar, jadi seharusnya uptrend (karena telah menembus level tertinggi mother bar) tetapi ternyata berbalik arah atau terjadi reversal. Nah, bar setelah inside bar inilah yang disebut fakey bar.

Pada gambar pertama fakey bar-nya menembus level terendah mother bar jadi jelas bergerak bearish, sedang pada gambar kedua fakey bar-nya menjadi pin bar setelah terjadi false break, oleh sebab itu disebut dengan fakey with pin.

Sebagai referensi bisa baca: Strategi Trading Dengan Price Action : Pin Bar, Fakey dan Inside Bar.
Sukma Jaya
gan itu maksudnya minimal 4-hour kah?
kl maksimal 4-hour berarti 1-hour kebawah itu kan timefrmnya rendah??
Martin S
@sukma jaya:
Ya, Anda benar, seharusnya minimal 4 hour. Sudah diperbaiki. Thanks.
Azril
Agak susah ya ngenali dobel pin bar? Ini munculny sering enggak sih? Kok bentukny agak miripan sma fakey?

Karakter pin bar kan harga open sma closing antara pin bar sma candle sebelumny & setelahny itu berdekatan. Tapi dobel pin bar ini bagaimana cara menentukan candle ke-1 & ke-3ny? Padahal cara paling gampang ngenali pin bar tu dari ekorny yg panjang menonjol dari candle yg ditengah waktu ada 3 gerombolan candle yg saling berdekatan, selain:

  • Harga open dan harga close pin bar berada didalam atau sangat dekat dengan range harga bar pertama dan bar ketiga.
  • Harga open dan harga close pin bar saling berdekatan, makin kecil jaraknya makin bagus.
Martin S
@Azril Rudiansyah:
- Pada fakey terjadi salah break atau false breakout. Pada 2 contoh diatas terjadi kesalahan break level tertinggi mother bar (yang seharusnya meneruskan uptrend), sehingga terjadi reversal ke arah downtrend.

- Dalam hal double pin bar maksudnya kedua candle atau bar tsb masing-masing adalah pin bar. Jadi terbentuk 2 pin bar yang berurutan. Perhatikan formasinya hampir sejajar. Jadi jika terjadi formasi seperti itu (sejajar atau hampir sejajar) berarti formasi tsb adalah double pin bar yang lebih valid dari single pin bar.
Risco 2424
wah banyak nih yg nanyain soal fakey. heheheh karna price action ini mang susah kali yee.. jadix ya banyak nanyain... ngenali polax pin bar, inside bar en macem2 aja perlu kenal karakter2x dulu... tau2 muncul lah si fakey ini dg berbagai kerumitanx.. heheheh.. yg bikin ane penasaran diatas tu kan ada sebutanx fakey with pin, ini berarti sistemx fakey ini ada di masing2 pola price action begitu? tolong dicontohkan dong gan macam2 bentukan fakey ini en gimana cara ngenalix...heheheh....
Martin S
@risco:
Fakey maksudnya yang palsu (fake), jadi dalam hal ini adalah sinyal yang salah, misalnya false break. Untuk penjelasan lebih lanjut bisa baca: Strategi Trading Dengan Price Action : Pin Bar, Fakey dan Inside Bar
Sutaman
salam profit gan...apakah pinbar bisa dipakai di TF H1? apakah valid?setelah saya pelajari di TF H1..PINBAR memang powerfull profit, dan apakah insede bar jg berlaku di TF H1?
Martin S
@ Sutaman:
Formasi price action termasuk pin bar dan inside bar mencerminkan sentimen pelaku pasar dan bisa terjadi di semua time frame, jadi bisa digunakan untuk analisa pada semua time frame termasuk H1. Hanya saja semakin tinggi time frame akan semakin akurat. Untuk tf H1, banyak trader harian yang trading di tf ini menggunakan analisa price action.