Advertisement

iklan

Neil Wilson, Analis Saham Berlatarbelakang Jurnalistik

Penulis

+ -

Trader saham mungkin tak asing lagi dengan nama Neil Wilson, seorang analis pasar saham yang sudah sering lalu lalang di media massa. Bagaimana ia mengawali karirnya? Simak selengkapnya di kutipan wawancara berikut.

iklan

iklan

Neil Wilson adalah seorang analis sekaligus trader yang sering muncul di media massa (TV, Radio), dan dikenal sebagai  pengisi utama dalam podcast Markets Talk, yang berisi tentang segala hal yang berkaitan dengan pasar modal.

neil wilson

Baca ulasan tentang bagaimana Neil memulai profesi dan bisnisnya, apa yang memotivasinya sehingga dapat menghasilkan analisis yang sangat berarti dan berpengaruh untuk dunia pasar modal, dan motivasi-motivasi terbaik bagi yang ingin berhasil di dunia pasar modal berikut ini. Semoga artikel kali ini dapat menginspirasi Anda untuk meraup cuan saham secara konsisten.

 

1. Bisakah Anda mengingat kapan dan mengapa mulai terjun di pasar saham?

Saya memulai di sekitar tahun 2010-2011. Saya mulai meliput dan menulis berbagai wawasan tentang pasar saham di berbagai media yang membahas tentang keuangan, diantaranya Saxo Bank dan City Index.

Baca Juga: Apa Itu Trading Saham?

 

2. Apakah anda harus terhubung setiap waktu dan setiap jam pada perkembangan pasar saat menjadi  Pimpinan Analis Pasar di Markets.com? Bagaimana Anda dapat menyeimbangkan antara kehidupan Anda dengan pekerjaan?

Terhubung dan terkoneksi sepanjang waktu hanyalah bagian dari sebuah pekerjaan. Anda harus mengabaikannya selagi bisa, tetapi sewaktu-waktu Anda bisa tertinggal dengan cepat jika meninggalkan informasi tentang pasar dalam jangka waktu yang panjang, lebih dari satu jam saja.

 

3. Apa yang memotivasi Anda untuk terus memperbarui dan mengembangkan analisis pasar dan menikmati apa yang Anda lakukan?

Saya rasa sangat penting untuk menawarkan nilai lebih kepada klien, dan ketika Anda mendapatkan umpan balik atau masukan, itu dapat memotivasi Anda untuk meningkatkan performa analisis Anda. Berinteraksi secara langsung dengan klien dapat memberikan banyak inspirasi dan motivasi bagi Anda.

 

4. Anda tentu pernah menghadapi kegagalan di masa lalu. Bagaimana Anda mengatasi kegagalan ini dan berkembang menjadi lebih baik lagi?

Belajarlah dari kesalahan, dan ketika Anda melakukan kesalahan, cobalah mencari tahu dan menggali mengapa kesalahan itu dapat terjadi. Akui kesalahan tersebut tanpa harus menyalahkan diri Anda sendiri, dan teruslah belajar untuk memperbaiki diri.

 

5. Apakah hal yang paling berpengaruh bagi kesuksesan Anda? Keberuntungan, kemampuan intelektual, kecerdasan, atau kerja keras yang konsisten? Atau kombinasi dari ketiga hal tersebut?

Keberuntungan.

 

6. Apa yang membedakan Anda dengan analis pasar lain yang juga memberikan komentar dan analisisnya terkait bidang finansial dan pasar modal?

Saya pikir banyak analis hebat di luar sana yang juga menawarkan banyak wawasan tentang bidang finansial dan pasar modal, tapi saya rasa dengan latar belakang jurnalistik yang saya miliki, dapat membantu untuk mengkomunikasikan ide-ide saya dengan lebih luas dan lugas. Saya juga memiliki tingkat fokus yang lebih baik.

 

7. Saran Anda untuk mereka yang akan terjun ke dunia analisis pasar modal seperti yang saat ini sedang Anda jalani?

Baca, baca, dan baca!

 

8. Apakah tujuan hidup penting bagi Anda? Dan apakah Anda merasa penting untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan?

Menurut saya, tidak terlalu penting.

 

9. Mengetahui apa yang terjadi pada Anda sekarang, dan bagaimana akhirnya Anda bisa sampai di titik ini sekarang? Adakah sesuatu yang ingin Anda ubah atau lakukan dengan cara yang berbeda, mungkin melakukannya lebih awal di kehidupan Anda?

Saya tidak butuh waktu lama untuk menyadari kemampuan saya hingga bertahun-tahun, karena saya langsung menyadarinya setelah lulus dari Universitas.

 

10. Saat ini Anda memiliki posisi sebagai Chief Market Analyst di Markets.com. Bisakah Anda menjelaskan lebih detal tentang peran Anda dan apa yang paling menarik dari pekerjaan Anda?

Saya membagi waktu antara menulis komentar dan analisis untuk klien, dan mengurus banyak konten yang terkaik dengan aspek bisnis. Saya juga melakukan wawancara secara rutin di TV dan radio, yang biasanya membahas topik-topik tentang pasar modal, keuangan, atau bisnis pada umumnya.

Kami juga mempunyai program podcast mingguan, Markets Talk, yang selalu menghadirkan pembicara atau tamu-tamu luar biasa dan sangat berpengaruh bagi pendengar. Topik-topik Markets Talk selalu diterima dengan baik dan mampu meningkatkan jumlah pengikut setiap minggunya.

Dalam waktu dekat, saya akan lebih fokus meluangkan waktu untuk memberikan layanan video atau webinar streaming pada klien.

Baca Juga: Broker Penyedia Webinar Forex Gratis

 

11. Anda beberapa kali muncul di BBC News untuk memberikan pandangan Anda tentang berbagai pergerakan pasar modal atau tentang perusahaan. Apakah ini menjadi cita-cita Anda atau mengalir saja secara alami sesuai dengan peran yang Anda jalani?

Kemunculan saya di beberapa media, termasuk salah satunya BBC News adalah atas dorongan pimpinan saya, dan sekarang saya pun terbiasa melakukannya.

 

12. Bagaimana Anda mengelola agar tetap menjadi nomor satu pada seluruh pergerakan statistik, pasar, perusahaan, dan ekonomi? Apakah Anda pernah merasa terlalu dipenuhi dengan kesibukan tersebut, dan apa yang Anda lakukan untuk melepas penat?

Anda harus menerima bahwa kita tidak selamanya akan berada di atas, dan dua anak saya di rumah, menjadi alasan utama saya bisa melepas penat ketika tidak sedang berada di kantor.

 

13. Markets.com seringkali menjadi sponsor pada acara-acara besar seperti The Clock Trader Live di London. Bisakah Anda memberi informasi tentang apa saja yang Anda lakukan pada acara-acara tersebut?

Saya biasanya menjadi pembicara di acara-acara tersebut, untuk memberikan pandangan tentang pasar modal, ekonomi makro, finansial, atau topik keuangan lainnya. Saya biasanya juga menjadi moderator debat.

Bagi para trader pemula, acara-acara ini sangat penting, untuk itu usahakan untuk tidak melewatkan kesempatan-kesempatan itu untuk bertemu dengan para trader profesional dan mendengar analisa-analisa menarik dari para ahli.

 

Selain Neil Wilson, sebagai trader saham Anda perlu mengenal sang legendaris Peter Lynch dan mempelajari filosofi tradingnya melalui artikel berikut ini.

298088
Penulis

Menekuni dunia content writing sejak 2019. Seorang penulis lepas yang berpengalaman di berbagai platform seperti Wordpress, Medium, dan website-website untuk perusahaan nasional maupun multinasional. Aktif mengikuti topik-topik seputar politik, lifestyle, dan teknologi. Kini aktif menulis topik seputar saham, trading, dan finansial.