Advertisement

iklan

7 Trader Dan Investor Tersukses Dari Asia

Penulis

+ -

Menjadi seorang trader ataupun investor sukses tidaklah semudah membalikkan tangan, selalu ada proses yang harus dialami, pelajari, dan dilalui. Begitupun dengan ketujuh trader dan investor Asia di bawah ini.

iklan

iklan

Kini trading dan berinvestasi sudah menjadi tren bagi sebagian besar orang di seluruh dunia untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Sayangnya hingga sampai sekarang tak jarang sebagian orang malah gagal, bahkan dalam beberapa kasus ekstrem ada yang sampai bangkrut.

Memang jumlah orang yang bisa berhasil menikmati keuntungan besar dari trading dan investasi tidak sebanyak manusia gagal di luar sana, namun itu tetap menandakan bahwa sukses di pasar keuangan bukanlah suatu kemustahilan. Bahkan beberapa dari segelintir orang tersebut, malah hanya memiliki modal kecil ketika mengawali menjadi seorang tokoh trader dan investor Asia tersukses.

Kisah pribadi mereka itu bisa menjadi motivasi bagi para trader dan investor baru. Berikut adalah kumpulan kisah singkat 7 tokoh trader dan investor Asia tersukses di pasar keuangan yang bisa menjadi kisah inspiratif bagi Anda, baik sudah berpengalaman maupun masih pemula.

Baca Juga: 3 Trader Wanita Sukses Yang Patahkan Stereotip

 

1. Rakesh Jhunjhunwala (India)

Sejak berusia 11 tahun, Rakesh Jhunjhunwala telah bercita-cita menjadi seorang trader seperti ayahnya. Radheshyamji Jhunjhunwala, ayah Rakesh, bekerja sebagai pegawai pajak sekaligus investor pasar saham. Ia mengajari Rakesh cara membaca berita yang menyebabkan harga saham naik atau turun, hanya dari koran langganan mereka setiap hari.

Meski demikian, ayah Rakesh selalu menolak permintaan anaknya untuk mengajari cara berinvestasi di pasar saham, ia terus mendorong Rakesh untuk mengejar gelar sarjana dari universitas. Akhirnya, Rakesh pun pergi ke Mumbai untuk belajar Commerce di Sydenham College of Commerce and Economics.

Setelah menyelesaikan pendidikannya di sana, Rakesh melanjutkan studi di The Institute of Chartered Accountants of India dan berhasil mendapatkan gelar CA, sebagai akuntan profesional standar internasional.

Selama masa pendidikannya tersebut, ternyata Rakesh masih terus belajar saham. Hingga akhirnya, ia melakukan investasi saham pertamanya pada tahun 1985 dengan modal 5000 Rupee. Di tahun itu, Sensex atau indeks pasar saham India, masih di berharga 150 Rupee saja.

Rakesh mendapat keuntungan besar pertamanya ketika membeli saham Tata Tea seharga 42 Rupee, dan kemudian ia jual seharga 143 Rupee. Semenjak itu, Rakesh mulai berinvestasi di berbagai bisnis, termasuk Bata, Sesa Goa, Rumah Sakit Apollo, dan Bharat Electronics.

Rakesh Jhunjhunwala

Di antara tahun 1986 hingga 1989, Rakesh mendapatkan keuntungan sekitar 2 juta hingga 2.5 juta Rupee. Investasi terbaik Rakesh adalah di Titan, yang dia beli dengan harga 3 Rupee per lembar dan dijual seharga lebih dari 1500 Rupee. Namun dengan kesuksesan tersebut, bukan berarti bahwa Rakesh tidak pernah melakukan kesalahan. Ketika harga saham anjlok lebih dari 30% pada tahun 2008, Rakesh percaya ekonomi India akan bisa pulih di masa depan.

Sebagai salah satu trader dan investor Asia tersukses hingga sekarang, Majalah Forbes pernah menempatkan Rakesh di urutan 54 orang terkaya di India pada tahun 2020, dengan total kekayaan 4.6 miliar USD. Saat ini, dia dan istrinya mengendalikan Rare Enterprises, Aptech Limited, dan Hungama Digital Media Entertainment. Selain itu, ia juga menjabat di dewan Prime Focus, Bilcare, Geojit Financial Services, dan beberapa perusahaan lainnya.

 

2. Radhakishan Shivkishan Damani (India)

Radhakishan Shivkishan Damani merupakan pemilik DMart, yaitu jaringan ritel terbesar ketiga di India. Dengan kekayaan bersih mencapai $15.8 miliar, Radhakishan menjadi salah satu dari sepuluh investor Asia tersukses dan terkaya di India.

Radhakishan Shivkishan Damani

Radhakishan lahir dalam keluarga Marwari di India. Ayahnya, Shivkishanji Damani adalah seorang investor pasar saham. Awalnya, Radhakishan tidak tertarik dengan pasar saham, ia justru memulai karirnya sebagai pedagang di industri bantalan bola. Namun kematian sang ayah, mendorong Radhakishan untuk mulai belajar dunia saham saat berusia 20 tahun.

Meski tidak memiliki pengalaman sebelumnya di lapangan, ia ingin belajar dengan melihat dan memahami bagaimana pasar saham bekerja. Hingga pada usianya yang ke 32, Radhakishan baru mulai mencoba berspekulasi dan melakukan investasi pasar saham pertamanya.

Namun, Radhakishan mengalami banyak kegagalan di kemudian hari dan bahkan kehilangan sebagian kekayaan awal. Setelah itu, Radhakishan memutuskan untuk berinvestasi dalam jangka panjang, dia belajar bahwa berspekulasi tidak akan membawanya menjadi investor Asia tersukses di pasar saham.

Antara tahun 1980 dan 1990, Radhakishan memiliki kesempatan untuk bersaing dengan Harshad, salah satu investor Asia tersukses di pasar saham India dulu. Bersama dengan dua koleganya, Radhakishan mendirikan grup lokal bernama Triple-R. Saat itu, Harshad dan Triple-R sedang melakukan investasi mereka di Apollo Tires, sebuah perusahaan ban yang berkantor pusat di India.

Dari investasi tersebut, Triple-R menemukan Harshad telah menawar harga tinggi untuk sebuah perusahaan ban dan mulai menjual sahamnya. Harshad dituduh melakukan penipuan besar-besaran pada tahun 1992, dan persaingan di antara mereka terus berlanjut hingga dua tahun kemudian.

Akhirnya, persaingan tersebut dimenangkan oleh Radhakishan dan kedua koleganya melalui Triple-R, hingga membuat mereka menjadi investor Asia tersukses dan terkenal di pasar saham India.

Saat ini, Radhakishan adalah pemegang saham di berbagai perusahaan blue chip seperti VST Industries, Sundaram Finance, India Cements, dan Blue Dart. Perusahaan-perusahaan tersebut merupakan yang terbaik di dalam portofolio Radhakishan.

 

3. Collin Seow (Singapura)

Collinseow.com didirikan oleh Collin Seow, yang merupakan Charted Portfolio Manager terlatih, Financial Technician Bersertifikat, dan anggota Mensa Singapura. Selain itu, Collin juga seorang instruktur trading dan investasi yang telah membimbing beberapa orang di pasar saham menggunakan metode terbaiknya.

Collin Seow

Awalnya ia tidak berekspetasi tinggi ketika memulai trading, namun beberapa tahun kemudian, Collin justru mulai merancang sebuah sistem trading berdasarkan analisis fundamental untuk membantu menemukan perusahaan yang telah jatuh di bawah nilai sebenarnya. Dia berpendapat bahwa pasar dibangun di atas perdagangan jangka pendek dan merancang metode perdagangan berbasis aturan untuk transaksi berdasarkan analisa teknikal.

Collin Seow percaya bahwa untuk menjadi trader dan investor Asia tersukses, Anda tidak hanya harus terampil dalam teknik, tetapi juga dalam menguasai psikologi pasar, dan melakukannya dengan risiko masing-masing. Baginya, refleksi diri yang konsisten akan membawa seseorang ke puncak kesuksesan.

Nasihat Collin untuk Anda adalah sadari bahwa berbisnis di pasar saham mengandung risiko dan kemungkinan kerugian yang signifikan, sehingga Anda harus belajar merancang metode dan beralih dari satu metode ke metode berikutnya untuk mencapai hasil yang diinginkan.

 

4. Rayner Teo (Singapura)

Rayner Teo adalah seorang trader independen yang terkenal dengan bukunya Trading with Rayner. Dia adalah trader paling terkenal di Singapura dengan pengikut media sosial paling banyak. Rayner Teo juga dinobatkan sebagai salah satu dari lima trader paling membantu di Twitter, dan situsnya dibaca oleh lebih dari 23,000 orang setiap bulan, sebagian besar investor saham.

Baca Juga: 12 Tips Trading Forex Sukses Ala Rayner Teo

Rayner Teo

Teo menggunakan strategi mengikuti tren, yang berarti dia akan membeli saat pasar sedang uptrend dan menjual saat pasar sedang downtrend. Dia juga terkenal karena meninggalkan perdagangan saat air pasang melawannya dan mengendarai ombak saat air pasang berpihak padanya.

Keberhasilan Teo menjadi salah satu investor Asia tersukses didapatkan dari pengamatan yang cermat terhadap detail strategi tradingnya. Dia juga memiliki kedisiplinan dan konsentrasi tinggi pada manajemen risiko, agar selalu berada di jalur yang tepat dalam mencapai tujuannya sebagai trader dan investor Asia tersukses.

 

5. Dolly Khanna (India)

Dolly Khanna adalah lulusan Madras yang terkenal karena mempertaruhkan kekayaannya di bursa saham. Meski demikian, ia dikenal juga sebagai salah satu investor Asia tersukses dan trader pasar saham yang konsisten melakukannya dengan baik.

Dolly Khanna

Dolly Khanna tidak sendirian, ia dibantu oleh suaminya, Rajeev Khanna untuk menjual sebagian besar saham yang dibeli Dolly Khanna. Pasangan yang terkenal ini telah bekerja sama sejak tahun 1996. Khanna pernah kehilangan 75% dari uangnya ketika pasar saham anjlok pada tahun 2008, tanpa patah semangat mereka mampu mengembalikan kekayaannya setahun kemudian.

Saat ini, mereka tengah berinvestasi di beberapa perusahan, seperti Rain Industries Ltd dan Butterfly Gandhimathi Appliances, serta beberapa perusahaan lain hingga menjadikan mereka sebagai pasangan trader dan investor Asia tersukses.

 

6. Alex Yeo (Singapura)

Alex Yeo adalah seorang trader independen pendiri Big Fat Purse, sebuah perusahaan teknologi keuangan dan pendidikan yang berbasis di Singapura. Yeo pun juga telah berhasil sebagai Financial Technician Bersertifikat dengan Federasi Analis Teknikal.

Alex Yeo

Instrumen perdagangan yang dipilih Yeo adalah trading option saham dan ia telah melakukannya selama lebih dari tiga tahun. Dia menjual opsi kemudian mengumpulkan premi, hal ini sama seperti dengan perusahaan asuransi yang menjual polis dan mengumpulkan premi. Penyedia asuransi hanya menyimpan premi jika tidak terjadi apa-apa.

Dia berpendapat bahwa untuk menjadi trader maupun investor Asia tersukses di jaman serba mudah, Anda harus memiliki kedisiplinan dan ketekunan tinggi, sebab kegagalan trader sebagian besar disebabkan oleh ego mereka sendiri. Kemampuan mengelola dirinya sendiri tersebut membuat Yeo menjadi salah satu trader dan investor Asia tersukses.

Baca Juga: Kiat Sukses 3 Trader Lintas Pasar

 

7. Raamdeo Agrawal (India)

Raamdeo Agrawal adalah salah satu pendiri dan Direktur Pelaksana di Motilal Oswal, yaitu sebuah perusahaan jasa keuangan yang berbasis di Mumbai. Agrawal adalah Chartered Accountant dan telah menulis dua buku, The Art of Wealth Creation dan Corporate Numbers Game.

Raamdeo Agrawal

Ia merupakan seorang salah satu trader saham terkenal, sekaligus investor Asia tersukses yang tahu bagaimana memilih saham terbaik untuk dibeli. Sekarang, Agrawal memiliki saham di dua perusahaan besar, dan salah satunya dikendalikan oleh Motilal Oswal yang merupakan anak perusahaan Bajaj Holdings and Investments Limited (BHIL), pembuat sepeda motor Hero Honda.

 

Menjadi trader forex tak harus memerlukan modal besar. Oleh karenanya, sejak duduk di bangku kuliah sekalipun, Anda sudah bisa sedikit demi sedikit meraup cuan, lho! Bahkan ada banyak sekali anak SMA yang sukses menghasilkan jutaan Dolar dengan trading. Siapa saja mereka? Simak selengkapnya di artikel berikut.

298323
Penulis

Lulusan Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga. Menggeluti dunia penulisan sejak bergabung dengan Lembaga Pers Mahasiswa tahun 2009. Mulai tertarik dengan dunia forex dan kripto, setelah lulus kuliah hingga sekarang sembari trading.