EUR/USD 1.070   |   USD/JPY 155.380   |   GBP/USD 1.246   |   AUD/USD 0.650   |   Gold 2,335.33/oz   |   Silver 27.43/oz   |   Wall Street 38,085.80   |   Nasdaq 15,611.76   |   IDX 7,115.99   |   Bitcoin 64,481.71   |   Ethereum 3,156.51   |   Litecoin 83.80   |   PT PLN (Persero) segera melantai ke Bursa Karbon Indonesia alias IDX Carbon, dengan membuka hampir 1 juta ton unit karbon, 3 jam lalu, #Saham Indonesia   |   PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk. (SMAR) meraih fasilitas pinjaman dari Bank BNI (BBNI) senilai $250 juta, 3 jam lalu, #Saham Indonesia   |   Induk perusahaan Google, Alphabet Inc (NASDAQ: GOOGL), menguat sekitar 12%, mencapai rekor tertinggi di sekitar $174.70, 3 jam lalu, #Saham AS   |   Nasdaq naik 1.2% menjadi 17,778, sementara S&P 500 naik 0.8% menjadi 5,123 pada pukul 18.49 ET (22.49 WIB). Dow Jones Futures naik 0.1% menjadi 38,323, 4 jam lalu, #Saham AS

Kembali Ke Dasar Trading (1)

Penulis

Untuk menjadi trader yang berhasil, Anda mesti mengetahui apa saja yang diperbuat oleh para trader sukses pada umumnya.

Artikel ini ditulis oleh Dr. Van K. Tharp, seorang psychologist, penulis buku, dan mentor trading terkemuka. Salah satu bukunya yang terkenal berjudul ’’Peak Performance Course for Investors and Traders’’. Ia juga menulis artikel di situs TradingEducation.com untuk membantu para trader dari berbagai level, dari mereka yang trader pemula hingga mereka yang telah berhasil dan ingin lebih berhasil lagi. Artikel ini diambil dari serial tulisan Back To Basics, atau kembali ke dasar trading.

Kembali Ke Dasar Trading


Jika Anda mengikuti artikel-artikel Van Tharp maka Anda akan sering membaca ungkapan ini: ’’Anda tidak dapat trading berdasarkan pergerakan harga pasar, Anda hanya bisa trading berdasarkan kepercayaan Anda terhadappergerakan harga pasar.’’ Apa artinya?

Dr. Tharp menjelaskan bahwa untuk menjadi trader yang berhasil Anda mesti mengetahui apa saja yang diperbuat oleh para trader sukses pada umumnya. Jika telah mengetahui langkah-langkah yang bisa menimbulkan perilaku yang luar biasa, Anda harus mengetahui unsur apa saja yang mendasari langkah tersebut. Unsur-unsur tersebut meliputi kepercayaan, keadaan mental, dan strategi mental yang diperlukan untuk mengerjakan langkah-langkah tersebut.

Mari kita lihat beberapa pernyataan yang mungkin telah Anda percaya:

  • Pasar adalah tempat yang berbahaya untuk berinvestasi (Anda benar)
  • Pasar adalah tempat yang aman untuk berinvestasi (Anda benar)
  • Wall Street mengendalikan pasar dan sulit bagi kita trader kecil untuk bisa profit (Anda benar)
  • Anda bisa dengan mudah memperoleh keuntungan besar di pasar (Anda benar)
  • Sangat sulit untuk mendulang profit di pasar (Anda benar)
  • Anda harus mengumpulkan banyak informasi tentang pasar sebelum Anda bisa trading dengan hasil yang profitable (Anda benar)


Anda benar untuk setiap pernyataan diatas, walaupun mungkin Anda mengatakan setuju atau tidak setuju pada pernyataan lainnya. Jika Anda tidak percaya pada setiap pernyataan tersebut diatas, lalu apa yang Anda percaya? Pernyataan Anda tersebut benar, namun tidak pernah ada jawaban yang pasti benar atau pasti salah. Banyak trader yang percaya seperti yang Anda percayai, dan setuju dengan pernyataan Anda, tetapi banyak juga yang tidak percaya dan tidak setuju dengan pernyataan Anda. Oleh karena itu apapun yang Anda percayai tentang pasar akan menuntun jalan pikiran Anda dan tindakan Anda selanjutnya.

Apakah kepercayaan itu?
Kepercayaan adalah cara utama untuk menyaring informasi. Kepercayaan bersifat mengartikan, membandingkan, mempertimbangkan atau menggolongkan. Apa yang Anda harapkan akan terjadi secara tidak Anda sadari tergantung pada apa yang Anda percaya bisa terjadi. Trader yang sukses percaya bahwa dialah satu-satunya yang bertanggung-jawab atas hasil akhir tradingnya. Mereka akan belajar dari kesalahan-kesalahan yang telah dilakukannya. Tetapi jika Anda cenderung menyalahkan pihak lain semisal broker Anda, teman Anda, mentor trading Anda, atau bahkan pasar, maka Anda akan cenderung mengulangi lagi kesalahan tersebut.

Jika trader membuat rincian mengenai apa yang dipercaya, tentang dirinya, tentang pasar, tentang kondisi keuangannya dan lain sebagainya, maka akan timbul ide yang lebih baik tentang bagaimana ia harus trading. Ia juga dengan mudah akan bisa melihat kekurangannya. Adalah sangat perlu mengetahui kepercayaan Anda yang bisa mendukung Anda sebagai trader, dan kepercayaan yang menghalangi kemajuan trading Anda.

(Bersambung)

144304
Penulis

Martin Singgih memulai trading sejak 2006. Pernah menjadi scalper dan trader harian, tetapi sekarang cenderung beraktivitas sebagai trader jangka menengah-panjang dengan fokus pada faktor fundamental dan Money Management. Strategi trading yang digunakan berdasarkan sinyal dari Price Action dengan konfirmasi indikator teknikal.


Wendy Sw
Kalo kita percaya pasar dan investasi itu susah, kan kita cenderung negatif tuh. Apa dgn pola pikir kyk gitu kita juga bisa sukses?
Cornie Cecilia
Pada dasarnya, setiap strategi yang dikembangkan dari kepercayaan masing-masing individu itu ada kelebihan dan kelemahannya. Kalau bertrading dengan mindset seperti yang dicontohkan @wendy, seorang trader bisa menjadi sangat hati-hati dalam menentukan pilihan dan tidak mudah terbawa arus. -cc-
Tono Tini
bnr tuh, tp mending sih berpikir optimis aja, yg penting g trlalu ambisi dpt profitnya, jd siap menerima loss yg bs trjd
Cornie Cecilia
Semua itu tergantung sama konsistensi dan besarnya kepercayaan individu pada sistem yang dipakainya. Jadi ketika mengambil keputusan itu tetap stabil dalam menanggapi berita yang ada. Kalaupun terjadi loss/profit, hasil yang dicapai juga akan konsisten dan sesuai ekspektasi. -cc-
Tono Tini
na klo konsisten tp trnyt rugi trs gmn??
Cornie Cecilia
Mengutip dari pernyataan artikel di atas, seorang trader harus dapat belajar dari kesalahan-kesalahan yang dilakukannya. Itu berarti dia musti dapat belajar menerima kesalahan diri sendiri dan berhenti menyalahkan pihak lain. Jadi kalau rugi terus ya berarti ada sesuatu yang salah dengan sistem nya dia bertrading kan?
Tono Tini
ow, jd kita msti konsisten dl, ntr klo trnyt ggal trus br kita move on gt? wah keburu loss bnyk dong klo gt crnya
Handis_key
@tono: mksudx itu konsisten sblm ambil posisi bro, jd kt g bingung sndr n kl rugi nyalahin org lain kl ada rugix. kl brhnt trading dgn suatu sistem tu y trgntung dr orgx masing kpn hrs brhnt dn apa msh bs diterusin. g mungkin kn kl rugi udh mnggunung tp msh ngotot ja.
Martin S
@ Wendy Sw :
Sy kira kepercayaan Anda tsb mesti dirubah karena menurut Dr. Van Tharp apapun yang Anda percayai tentang pasar akan menuntun jalan pikiran Anda dan tindakan Anda selanjutnya. Cara merubahnya menurut sy bisa dengan memotivasi diri dengan membaca atau mempelajari kisah orang-orang yang telah sukses dalam trading atau investasi
Martin S
@ tono tini :
harus belajar lagi karena pada dasarnya skill trading itu bisa dipelajari dan dilatih, tidak mengandalkan bakat seperti misalnya melukis atau main musik
Joana
bener semua yang ditulis sama si doktor ato dokter di atas. Tapi kadang emang kepercayaan terhadap sesuatu konsep ato pemahaman ato sistem ato bahkan strategi, akan berkurang ato bahkan terhapus dari hati kita. Salah satu nya diakibatkan oleh streak loss yang kita terima. Salah satu pengalaman yang pernah disampaikan pak guru martin, inget ada tema distribusi acak kan? Nah pada saat kita "terdistribusi acak" streak loss, maka goyahlah kepercayaan kita terhadap semua yang telah kita lakukan ato terima ato pikirkan.
Reza

aman atau tidak situasi pasar bergantung dr qt bagaimana cara menghadapinya