OctaFx

iklan

Mengenal Apa Itu Kartu Jenius Dan Manfaatnya

Semakin banyak fitur transaksi yang dipadukan dengan teknologi, salah satunya adalah kartu Jenius. Sebelum mendaftar, kenali dulu apa itu Jenius dan manfaat serta pertimbangannya.

Advertisement

iklan

FirewoodFX

iklan

Ketika sedang berjalan-jalan di mall atau pusat keramaian, pernahkah Anda ditawari untuk membuka akun Jenius? Mungkin Anda bingung dan bertanya-tanya mengenai apa itu kartu Jenius. Nah, artikel kali ini akan memberikan informasi mengenai apa saja yang perlu Anda ketahui mengenai Jenius.

 

Apa Itu Kartu Jenius?

Jenius adalah produk yang dihadirkan oleh Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN). Pada dasarnya, memiliki akun Jenius sama seperti dengan rekening di bank konvensional, tetapi ia memiliki fitur-fitur modern yang disesuaikan dengan teknologi masa kini.

Seperti yang kita ketahui bersama, aktivitas masyarakat saat ini tak terlepas dari koneksi internet. Segala hal bisa dilakukan secara online. Hal itulah yang menjadi salah satu nilai plus kartu Jenius, karena calon pengguna bisa mendaftarkan diri tanpa perlu ke bank.

Di samping itu, Jenius menawarkan bunga tabungan yang kompetitif. Berdasarkan informasi di halaman resminya, bunga tabungan di rekening Jenius setara bunga deposito dengan besaran 4% p.a (per tahun). Jenius juga melengkapi diri dengan opsi top up wallet yang beragam, terintegrasi dengan Dana, GoPay, OVO, LinkAja, bahkan M-Tix yang cocok dengan para moviegoers.

Fitur lain yang menjadi unggulan Jenius adalah fasilitas transaksi online menggunakan kartu debit virtual. Selama ini, banyak platform belanja online yang meminta kita untuk memasukkan nomor Visa atau MasterCard yang biasanya cuma ada pada kartu kredit (membayar bulan depan). Padahal, tidak semua orang memiliki kartu kredit; bisa jadi karena aplikasi kartu kredit ditolak bank atau dari keinginan pribadi yang tidak mau punya kartu kredit karena takut menimbulkan gaya hidup konsumtif. Nah, kartu Jenius memungkinkan kita untuk bertransaksi online tanpa menggunakan kartu kredit.

Pada aplikasi mobilenya, Anda akan menemukan fitur-fitur berikut:

apa itu kartu jenius

  1. Dashboard: Berisi informasi mengenai jumlah balance, tombol untuk top up, memindahkan balance, serta pengiriman uang.
  2. In & Out: Berlaku sebagai catatan transaksi, menampilkan history uang yang diterima dan dikirim beserta detail waktu, nominal serta catatan khusus.
  3. Card Center: Tempat untuk memeriksa kartu apa saja yang Anda miliki. Berbeda dengan rekening konvensional yang hanya menyediakan 1 kartu debit/kredit, Anda bisa memiliki beberapa kartu melalui aplikasi Jenius.
  4. E-Wallet Center: Menu untuk melakukan top up pada e-wallet. Anda cukup memasukkan nomor e-wallet seperti OVO, Dana, M-Tix, dan lain sebagainya.
  5. Save It: Jenius menyediakan alternatif investasi bernama Flexy Saver, Dream Saver, dan Maxi Saver. Di Flexy Saver dan Dream Saver, imbal hasil yang ditawarkan sebesar 4% p.a, sementara Maxi Saver menawarkan imbal hasil hingga 5.75%.
  6. Awards: Pada menu ini, pengguna Jenius bisa mengecek keuntungan apa saja yang diberikan pada mereka. Salah satu awards yang diberikan adalah gratis transfer antar bank dan tarik uang di ATM bersama sebanyak 25 kali jika saldo rekening bulanan rata-rata 1 juta.
  7. Send It: Fitur ini berfungsi untuk mengirimkan dana ke orang lain. Untuk sesama pengguna Jenius, bisa langsung menggunakan $Cashtag atau username unik tanpa repot memasukkan nomor rekening.
  8. Split Bill: Ketika makan bersama dan butuh patungan, fitur Split Bill di Jenius bisa digunakan. Caranya cukup memilih username pengguna lalu membagi jumlah tagihan sesuai dengan besar tagihan.
  9. Pay Me: Fitur ini berguna untuk menerima pembayaran atau menagih pengguna Jenius yang lain. Bagi para freelancer atau rekanan bisnis, fitur Pay Me bisa dijadikan pengingat untuk membayar invoice.

 

Jenius Itu Kartu Kredit Atau Debit?

Setelah "apa itu kartu Jenius", pertanyaan ini seringkali muncul dalam daftar pencarian Google ketika kita membahas tentang kartu Jenius. Di atas, telah disebutkan bahwa Jenius adalah kartu debit. Itu artinya, Anda hanya bisa menggunakan dana yang sudah disetorkan sebelumnya, bukan menggunakannya untuk belanja terlebih dahulu lalu bayar belakangan.

Hal ini tentu akan lebih memudahkan Anda untuk mengatur keuangan tanpa takut terhantui karena "berhutang", atau khilaf belanja karena tinggal gesek saja seperti kartu kredit.

beda kartu debit jenius dengan kredit(Baca Juga: Perbedaan Kartu Kredit Dan Kartu Debit Serta Resikonya)

 

Ketika mendaftar di Jenius, Anda akan mendapatkan 3 jenis kartu, antara lain:

  1. m-Card: Kartu fisik yang secara otomatis diberikan ketika registrasi dan aktivasi. Jika mendaftar melalui booth, kartu ini langsung bisa dicetak. Bagi nasabah yang mendaftar secara online, kartu akan dikirimkan ke alamat masing-masing.

  2. e-Card: kartu debit virtual ini bisa diakses melalui fitur Card Center pada aplikasi Jenius. Dengan memasukkan kode akses berupa sidik jari, PIN, atau password, Anda bisa membuka nomor 3 digit VCC pribadi untuk digunakan pada platform belanja online yang menawarkan opsi pembayaran Visa atau MasterCard.

  3. x-Card: kartu ini bersifat opsional, dan dapat diperoleh dengan melakukan permintaan tambahan kartu debit. Kartu tambahan ini bisa Anda alokasikan untuk kebutuhan yang berbeda. Misalnya saja satu kartu untuk budget travelling, kartu untuk budget jajan sehari-hari, dan kartu untuk belanja bulanan.

 

Pertimbangan Dalam Memakai Kartu Jenius

Setelah mengetahui apa itu kartu Jenius, fitur apa saja yang menyertainya, serta perbedaannya dengan kartu kredit, Anda mungkin semakin tertarik untuk memiliki kartunya. Meskipun terdengar memudahkan aktivitas, ada beberapa hal yang perlu Anda ingat ketika memutuskan untuk menggunakan fasilitasnya.

1. Perhatikan Keamanan Data

Jenius dilengkapi dengan keamanan berlapis. Mulai dari password, sidik jari, serta PIN. Namun, Anda tetap harus waspada terhadap risiko peretasan yang mungkin terjadi. Selalu simpan data-data pribadi Anda dengan teliti. Jangan pernah berikan data pribadi kepada pihak ketiga. Hal ini berlaku pada semua jenis fintech, tak hanya Jenius saja.

2. Selalu Cek Koneksi Internet

Karena penggunaannya yang mayoritas melalui aplikasi, koneksi internet yang stabil menjadi penentu kelancaran transaksi Anda. Dan yang lebih penting lagi, pastikan telepon genggam Anda memiliki pengamanan ekstra sehingga tidak gampang diakses orang lain jika terjadi musibah kehilangan.

3. Jangan Menaruh Uang Dalam 1 Tempat

Kenyamanan rekening virtual berpotensi membuat kita lupa untuk membawa uang cash. Padahal, ada risiko uang tidak bisa ditarik ketika misalnya kita lupa PIN, sistem sedang perbaikan, atau koneksi internet hilang. Karena itu, jangan pernah menaruh seluruh uang Anda dalam 1 rekening saja.

 

Sekarang, Anda sudah tahu apa itu kartu Jenius dan cara memanfaatkannya. Karena Jenius juga memiliki kartu fisik, Anda juga tetap harus berhati-hati dengan modus kejahatan keuangan yang mengincar pengguna ATM.

292587

Lulusan Sastra Inggris, menyukai dunia tulis menulis sejak SMP. Berpengalaman sebagai Purchasing Staff kontraktor dan industri manufaktur selama 3 tahun sebelum bergabung menjadi penulis di Seputarforex. Masih terus belajar mengenai dunia trading.