Advertisement

Menggunakan Level Ekspansi Fibonacci

  By: Martin   View: 29452    Fibonacci  

Level-level ekspansi Fibonacci (Fibonacci expansion levels) digunakan untuk memperkirakan berakhirnya gelombang ketiga Elliot. Dalam prakteknya level-level ekspansi Fibonacci digunakan untuk menentukan target profit atau level exit. Angka-angka rasio pada level-level ekspansi sama dengan level-level retracement, yaitu 23.6%, 38.2%, 50.0%, 61.8%, 76.4%, 100.0%, 138.2% dan seterusnya, tetapi yang sering digunakan adalah 50.0%, 61.8% dan 100.0%. Level ekspansi Fibonacci ditandai dengan FE (Fibonacci Expansion) misal FE 50.0 atau FE 100.0.

Berbeda dari level-level retracement Fibonacci yang dibuat berdasarkan trend utama (gelombang pertama Elliot), level-level ekspansi dibuat setelah retracement trend utama (gelombang kedua Elliot) selesai, dan dimulainya gelombang ketiga Elliot. Dengan ekspansi Fibonacci bisa diperkirakan level-level berakhirnya gelombang ketiga, dengan demikian bisa diperkirakan level exit atau target. Pada umumnya gelombang ketiga Elliot akan berakhir pada level-level ekspansi 61.8% atau FE 61.8, 100.0% atau FE 100.0 dan 161.8% atau FE 161.8.

                         Menggunakan Level Ekspansi

Pada gambar diatas tampak bahwa untuk menentukan level-level ekspansi kita harus menunggu hingga retracement selesai (titik 2-3), dan harga mulai bergerak kembali sesuai dengan arah trend utama (titik 1-2). Dengan demikian level-level ekspansi ditentukan berdasarkan tiga titik (titik 1, 2 dan 3).

Menentukan level-level ekspansi Fibonacci dari platform Metatrader
Pada platform trading populer Metatrader tersedia alat untuk membuat level-level ekspansi Fibonacci. Bisa masuk ke Insert - Fibonacci - Expansion, atau langsung menggunakan tool yang terdapat pada toolbar seperti berikut:

              Menggunakan Level Ekspansi


Setelah muncul cursornya, tentukan terlebih dahulu panjang trend utama dengan mengatur titik 1 dan 2, kemudian atur titik 2 dan 3 untuk menentukan panjang retracement. Kemudian akan muncul level-level ekspansi yang diinginkan. Jika diinginkan level-level tambahan, bisa masuk ke Expansion Properties (klik kanan pada garis ekspansi) - Fibo Levels - Add.


Contoh penggunaan ekspansi Fibonacci pada kondisi uptrend

Menggunakan Level Ekspansi

Pada chart GBP/USD daily diatas tampak bahwa gelombang ketiga Elliot berakhir pada sekitar level FE 100.0. Jika kita entry pada level sekitar titik 3, maka level exit bisa ditentukan pada FE 50.0, FE 61.8 atau FE 100.0. Atau kita bisa juga entry pada level FE 38.2 dan exit pada level FE 61.8 atau FE 100.0.

Contoh penggunaan ekspansi Fibonacci pada kondisi downtrend

Menggunakan Level Ekspansi

Sama seperti contoh sebelumnya, pada kondisi downtrend EUR/USD daily diatas, gelombang ketiga Elliot juga berakhir pada sekitar level FE 100.0. Jika entry pada level sekitar titik 3, level exit bisa ditentukan pada FE 50.0, FE 61.8 atau FE 100.0. Atau entry pada level FE 38.2 dan exit pada level FE 61.8 atau FE 100.0.

Yang harus selalu diingat adalah bahwa level-level ekspansi Fibonacci selalu ditentukan sesuai dengan arah trend. Untuk uptrend, level-level ekspansi akan di-plot kearah atas, dan sebaliknya untuk downtrend akan di-plot kearah bawah.







SHARE:

SHARE:

 
Komentar: 7