Menggunakan Level Ekspansi Fibonacci

Trader pro menggunakan cara trading Fibonacci Ekspansi untuk menentukan target profit dari tren yang sedang berlanjut. Bagaimana cara mereka melakukannya?

FirewoodFX

iklan

Advertisement

iklan

Belum lancar belajar Fibonacci Retracement, tiba-tiba Anda menemukan istilah serupa tapi berbeda, yaitu Fibonacci Ekspansi. Awas, jangan sampai tertukar pengertiannya, karena dua pendekatan analisa teknikal tersebut ditujukan untuk situasi dan target berbeda, bahkan berlawanan. Perlu diketahui, level-level ekspansi Fibonacci (Fibonacci Expansion levels) digunakan untuk memperkirakan berakhirnya gelombang ketiga Elliot. 

Masih belum jelas? Artikel ini menguraikan pengertian dasar, perbedaan dengan Fibonacci Retracement, dan bagaimana cara trading menggunakan Fibonacci Ekspansi pada terminal trading Metatrader.

 

cara trading menggunakan fibonacci ekspansi

 

 

Apa Itu Fibonacci Ekspansi?

Sebelum memulai langkah pertama, ada satu kondisi spesial yang akan sangat membantu Anda dalam memahami artikel ini. Cara trading Fibonacci Ekspansi memiliki relasi kuat dengan fraktal-fraktal pada gelombang Elliott (Elliott Wave). Jadi, jika Anda belum memahami apa itu Elliott Wave, sekaranglah waktu yang tepat untuk mempelajarinya.

 

elliott wave

 

 

Pada dasarnya, Fibonacci ekspansi adalah alat bantu teknikal yang digunakan trader, untuk memprediksi seberapa jauh harga akan lanjut bergerak searah dengan tren utama setelah mengalami Retracement sementara. Kata kunci yang perlu Anda garis bawahi adalah tren utama dan proyeksi pergerakan harga.

Secara visual, beginilah penampilan Fibonacci Ekspansi:

 

cara trading menggunakan fibonacci ekspansi dasar

 

 

Perhatikan, titik 1 ke titik 2 merupakan tren utama, sedangkan titik 2 ke titik 3 adalah Retracement. Trader akan menggunakan Fibonacci Ekspansi untuk memproyeksikan sejauh mana harga akan kembali bergerak searah dengan tren utama, setelah sempat "tertarik mundur" ke titik Retracement.

Bila Anda sudah memahami dasar teori Elliott Wave, pada dasarnya Fibonacci Ekspansi menunjukkan proyeksi gelombang ketiga pada Gelombang Impuls Elliot. Umumnya, gelombang ketiga adalah pergerakan terkuat dan terpanjang selama tren berlangsung dengan target berkisar di antara level FE (Fibonacci Ekspansi) 0.5, 0.68, 1, 1.27, sampai 1.68.

 

Apa Perbedaan Cara Trading Fibonacci Ekspansi Dengan Fibonacci Retracement?

Sekali lagi, metode penggunaan Fibonacci Ekspansi berbeda dengan pemakaian Fibonacci Retracement. Kunci perbandingannya terletak pada prediksi kemana harga akan bergerak (proyeksi) dari tren utama.

Dari sudut pandang teori Elliott Wave, cara trading Fibonacci Ekspansi ditujukan untuk memperkirakan panjang gelombang ketiga dan (jika tren kuat) gelombang kelima dari tren utama. Sedangkan Fibonacci Retracement digunakan untuk memetakan gelombang kedua atau keempat sebagai koreksi dari tren utama.

 


Sebagai contoh, beginilah perbandingan cara trading Fibonacci Ekspansi dengan Fibonacci Retracement:

 

perbandingan cara trading menggunakan fibonacci ekspansi dengan fibonacci retracement

 

Menggunakan Chart dan Timeframe sama (EUR/USD, H4), gambar baris atas adalah Fibonacci Retracement, sedangkan contoh cara trading Fibonacci Ekspansi ditunjukkan pada baris bawah. Selain itu, Gelombang Impuls Elliot mewakili tren utama dan ditandai dengan lingkaran bernomor dari urutan angka 1 sampai 5.

Anak panah merah pada Fibonacci Retracement menunjukkan koreksi dari tren utama, sedangkan anak panah biru pada Fibonacci Ekspansi dan Retracement memproyeksikan kelanjutan pergerakan harga searah tren utama setelah mengalami koreksi.


 

Secara teknis, Fibonacci Retracement memang lebih multifungsi karena dapat membantu trader memprediksi koreksi sekaligus kelanjutan tren. Lalu dalam situasi apa cara trading Fibonacci Ekspansi lebih berguna daripada Fibonacci Retracement?

Kalau hanya menggunakan Fibonacci Retracement, Anda tidak dapat mengukur seberapa jauh harga lanjut bergerak searah tren utama setelah mengalami koreksi. Itulah mengapa, trader menggunakan Fibonacci Ekspansi karena keunggulan utamanya dalam memetakan level-level kelanjutan tren.

Dalam prakteknya, trader dapat mengombinasikan Fibonacci Ekspansi dengan Fibonacci Retracement untuk mendapatkan sinyal terbaik. Analoginya, Fibonacci Retracement digunakan sebagai garis Start untuk membuka posisi, sedangkan Fibonacci Ekspansi sebagai garis Finish untuk menutup posisi trading.

 

Bagaimana Cara Trading Menggunakan Fibonacci Ekspansi Di Platform Metatrader?

Pada platform trading populer Metatrader (MT4/MT5) tersedia alat untuk membuat level-level Fibonacci Ekspansi. Caranya mudah, Anda dapat mengakses tool tersebut dengan mengklik dropdown menu sesuai dengan urutan berikut: Insert → Fibonacci → Expansion, atau langsung menggunakan shortcut yang terdapat pada toolbar seperti berikut:

 

menu dropdown mt4 untuk mengakses fibonacci ekspansi

Mengakses Fibonacci Ekspansi dari menu dropdown

 

toolbar mt4

Mengakses Fibonacci Ekspansi dari toolbar

 

Pertama, arahkan kursor pada Chart, lalu tentukan letak tren utama dengan mengindentifikasi titik 1 dan 2. Kedua, atur titik 2 dan 3 untuk menentukan letak Retracement. Selanjutnya, level-level (default: garis kuning) Fibonacci Ekspansi akan muncul pada chart.

 

cara trading menggunakan fibonacci ekspansi menggunakan mt4

 

Jika Anda menginginkan level-level tambahan, atur opsi dengan klik kanan pada garis Fibonacci Ekspansi atau menekan tombol CTRL+B pada keyboard. Di jendela opsi Expansion pilih tab "Fibo Levels", pilih "Add" untuk menambah level Fibonacci Ekspansi sesuai kebutuhan.

 

opsi fibonacci ekspansi pada mt4

 

 

Membuat level-level Fibonacci Ekspansi lebih mudah daripada Fibonacci Retracement, karena Anda tidak perlu menentukan di mana titik Swing High dan Swing Low. Jadi, tidak ada lagi kemungkinan bagi pemula untuk terbalik menentukan titik awal dan akhirnya.

 

 

Teknik Trading Sederhana Dengan Fibonacci Ekspansi

Cara trading menggunakan Fibonacci Ekspansi memungkinkan fleksibilitas tinggi. Maksudnya, Anda dapat mengombinasikannya dengan indikator-indikator lain untuk meningkatkan akurasi. Misalnya, seorang trader veteran sudah terbiasa menggunakan sistem trading dengan beragam indikator osilator (MACD, RSI, dsb.) beserta sinyal-sinyal dari formasi candlestick (Price Action) untuk menentukan Entry. Ia juga dapat memanfaatkan level-level FE untuk menentukan poin-poin penutupan posisi (Exit).

Tenang, tak perlu belajar semua teknik-teknik rumit dari trader veteran tersebut. Di sini, Anda akan mulai belajar cara trading menggunakan Fibonacci Ekspansi dengan metode-metode paling sederhana terlebih dulu.

Pada kondisi pasar ideal dengan tren kuat, Fibonacci Ekspansi dapat digunakan secara eksklusif tanpa perlu menambah indikator-indikator lain. Berikut adalah langkah-langkah praktisnya:

1. Temukan Pair-Pair dengan kondisi tren kuat.

Kondisi tren kuat dapat ditemukan pada segala macam pair dan Timeframe. Namun, bagi pemula disarankan untuk menggunakan Pair Mayor (EUR/USD, GBP/USD, USD/JPY) dan Timeframe H4 sampai Daily untuk mengurangi risiko gejolak harga.

 

strategi cara trading menggunakan fibonacci ekspansi

 

Dari Chart EUR/USD (H4) di atas, tren menurun (Downtrend) terlihat jelas karena barisan candle terus menghasilkan nilai tinggi dan nilai rendah yang terus melandai (Lower High dan Lower Low). Tren kuat biasanya berlangsung setelah harga mengalami Breakout dari kondisi Sideways atau konsolidasi.

2. Buat level-level Fibonacci Ekspansi.

Level-level Fibonacci Ekspansi hanya dapat ditentukan setelah harga siap lanjut bergerak searah dengan tren utama. Dengan kata lain, level-Level ekspansi hanya berlaku ketika koreksi atau Retracement telah berakhir, lalu harga menampilkan potensi untuk kembali bergerak searah dengan tren utama.

Pertanyaannya, bagaimana cara mengetahui kapan harga akan kembali bergerak searah tren utama? Ada beberapa alternatif untuk mengidentifikasinya:

 


a. Gunakan Fibonacci Retracement untuk mengestimasi kekuatan tren berdasarkan panjang koreksi (Retracement): kondisi tren kuat umumnya adalah bila Retracement berakhir di kisaran level Fibonacci Retracement 0.38 sampai 0.50.

 

cara mengukur kekuatan tren dengan fibonacci retracement

 

b. Cermati formasi candlestick selama Retracement berlangsung: formasi candle seperti Pin Bar dan Inside Bar dapat memberikan sinyal berakhirnya Retracement.

 

strategi cara trading menggunakan fibonacci ekspansi

 

 

c. Pakai indikator pendukung untuk mencari konfirmasi: indikator suplemen seperti Bollinger Bands, RSI, dan MACD dapat dimanfaatkan untuk mengonfirmasi ujung Retracement.

 

strategi cara trading menggunakan fibonacci ekspansi


 

3. Tentukan peraturan masuk (Entry Rules) dan keluar (Exit Rules).

Setelah mendapatkan level-level Fibonacci Ekspansi, Anda harus menentukan kapan posisi trading dapat dibuka, lalu ditutup. Entry dan Exit Rules bisa berbeda-beda antara satu trader dengan trader lainnya, bergantung pada sistem trading mereka. Namun paling tidak, trader harus dapat memastikan target profit dan batas kerugiannya.

 

strategi cara trading menggunakan fibonacci ekspansi

 

Salah satu cara untuk menentukan target profit dan batas kerugian adalah menggunakan Rasio Risk dan Reward. Pada chart di atas, rasio ditentukan sebesar 1:3, karena batas kerugiannya diatur sebesar 80 pip dari Entry (diletakkan di ujung Retracement). Maka dari itu, target profitnya adalah 240 pip.

 

strategi cara trading menggunakan fibonacci ekspansi

 

Berikutnya, posisi dapat ditutup ketika harga mendekati kisaran level Fibonacci Ekspansi 50 sampai 61.8. Jika Anda berani mengambil risiko lebih besar, posisi dapat dipertahankan sampai mencapai level Ekspansi berikutnya, yaitu 1.27 dan 1.68.

 

Masih Penasaran Dengan Kesaktian "Angka Tuhan" Dari Perhitungan Deret Fibonacci?

Deret angka Fibonacci adalah dasar dari pengunaan Fibonacci Ekspansi dan Fibonacci Retracement. Deretan angka tersebut secara ilmiah menjelaskan bagaimana pola-pola beraturan muncul pada konstruksi alami seperti ruas tanaman, diameter melingkar cangkang siput, dan tentu saja juga berlaku pada dinamika pergerakan harga pasar. Bila Anda tertarik untuk mempelajari rincian-rinciannya, unduh E-booknya berikut.

 

ebook fibonacci

(Klik di sini untuk mengunduh E-book)

 

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut perihal Fibonacci Ekspansi, selain kolom komentar, Anda juga bisa langsung bertanya pada ahli kami pada forum tanya jawab special Fibonacci berikut ini.

Martin Singgih memulai trading sejak 2006. Pernah menjadi scalper dan trader harian, tetapi sekarang cenderung beraktivitas sebagai trader jangka menengah-panjang dengan fokus pada faktor fundamental dan Money Management. Strategi trading yang digunakan berdasarkan sinyal dari Price Action dengan konfirmasi indikator teknikal.


Mickey
Pelajaranx sangat membantu saya yang belum terlalu paham tentang fibonacci.
Sebagai tambahan, apakah ini berarti fibonacci expansion tidak bisa dijadikan sebagai support dan resistan seperti halx di fibonacci retracement?
Martin S
@ Mickey:
Bisa. Baik level-level Fibonacci retracement atau Fibonacci expansion (ekspansi Fibonacci) keduanya menunjukkan level-level support dan resistance. Pada dasarnya level take profit (TP) juga ditentukan pada level resistance (untuk posisi buy) atau level support (untuk posisi sell).
Angga Saparudin
to mickey: sebenarnya bisa saja, kalau dilihat level fe 100 bisa sebagai resistan/support terakhir kalau harga bounce dari level itu. cuman memang nggak bisa dua2nya kali ya secara ini cuman bisa diaplikasiin di salah satu kondisi tren aja, jadi kalau keluarnya support ya support aja, resistan ya resistan aja. baru kalau levelnya ditembus bisa jadi level2 support/resistan yg baru.
Reyno.s
sipp nih fibo expnsion, kl tp bs d set d fe 100 bs untung bnyk dg aman tuh. dsni apa msh ada kemungkinan hrg bounce d fe sblm 100 y?
kl spt itu trs gmn? msk tp msti di set d fe trdkt biar lbh aman, pdhl kl tren bs smp d fe 100 kn lmyn bgt itu
Martin S
@ reyno.s:
Tergantung dari kekuatan trend saat itu (bisa dimonitor dengan indikator ADX) dan tergantung dari risk/reward ratio yang telah Anda sepakati. Kalau ragu-ragu bisa menggunakan fasilitas trailing stop agar lebih
aman. Untuk penggunaan trailing stop Anda bisa baca: Menggunakan Fasilitas Trailing Stop.
Hari Santoso
Setiap poin FE bisa menjadi titik-titik yang layak dipertimbangkan sebagai level untuk exit posisi. Jika khawatir akan terjadi reversal tapi masih ingin mencapai profit maksimal, lebih baik gunakan saja trailing stop di poin-poin FE itu.

Jadi ketika harga mulai berbalik kerugian akan di cut dengan stop loss itu di level yang tidak terlalu merugikan karena stop loss sebelumnya sudah bergerak mengikuti pergerakan harga.
Trio Screamer
menarik banget,,
sayang kayanya kurang maksimal kalo buat sideways,,
Martin S
@ trio screamer:
Kalau untuk sideways Anda cukup menggunakan Fibonacci retracement dengan titik swing low pada level support dan swing high pada level resistance dari range tradingnya. Jika terjadi beakout baru Anda menggunakan ekspansi Fibonacci.
Bebi
Semakin jelas. Selama ini pake Fibo ya cuma buat nentuin titik koreksi. Ternyata level ekspansinya bisa juga untuk nentuin kapan harus ambil TP. Kebiasaan cuma TP di titik swing hig dan low ny aj sih jadi kalo mo ambil lebih dari itu masih belum kuat mental aj sih. Mudah2an ke depan akan makin berani memaksimalkan profit..btw thanks ya pak guru.
Ron
Apakah Fibonacci Expansion levels layak dipake untuk TF yang lebih kecil? M15 misalnya?
Goreta
kepada bung Ron..salam knal ya. Sedikit masukan aj ya, level-level dalam Fibo gak tergantung oleh time frame. Angka level Fibo bisa anda gunakan ke sembarang strategi time frame yang akan anda gunakan, bahkan dengan time frame M1 sekalipun.
Martin S
@ ron:
Baik Fibonacci retracement maupun Fibonacci expansion (ekspansi Fibonacci) keduanya berlaku pada semua time frame dan bisa berjalan dengan baik termasuk M15. Menurut penemunya Leonardo Pisano teori ini adalah berdasarkan hukum alam.
Berikut contoh ekspansi Fibonacci pada EUR/USD M5 dan GBP/USD M15:

Gandung
Pak Martin nanya lagi..mencari sinyal habisnya gelombang kedua pada Elliot Wave..gimana caranya ya? Kan kuncinya disitu. Fibo retracement sih tinggal tarik aja. Mohon bantuannya pak.
Martin S
@ Gandung:
Habisnya gelombang ke 2 Elliot bisa dilihat dari level Fibonacci retracement, sedang habisnya gelombang ke 3 Elliot bisa dilihat dari level Fibonacci expansion, seperti pada contoh berikut ini:



Pada contoh diatas gelombang ke 2 Elliot habis pada level 50% Fibonacci retracement, sedang gelombang ke 3 Elliot habis pada level 100% Fibonacci expansion.
Akwan
Mantap bosku. Kata2 nya tu gw suka bgt kaya pengalaman bgt. Baru aja belajar retrace udah mau ke expansion. Gw ngerasa kesindir wkwk. Di artikel2 lain juga begitu seperti tau bngt pengalaman trader