Keuntungan Trading Pada Pasangan Mata Uang Cross

167435

Peluang dan perolehan profit trading pada pasangan mata uang cross bisa lebih besar dari pasangan mata uang utama, jika Anda jeli.

Advertisement

iklan

FirewoodFX

iklan

Laporan berita dan analisa teknikal di situs-situs trading kebanyakan membicarakan pergerakan pasangan mata uang utama (FX majors). Informasi ini memang sangat bermanfaat untuk mengetahui mana mata uang yang sedang kuat dan yang sedang lemah, namun dengan hanya memperhatikan pasangan mata uang utama, peluang trading Anda akan terbatas. Sebagian besar trader memang tertarik pada pasangan mata uang utama seperti EUR/USD, USD/JPY dan GBP/USD. Ini bisa dimengerti karena sebagian besar pemberitaan, prediksi dan analisa selalu mengacu pada pasangan mata uang utama.


                                                                 Keuntungan Trading Pada Pasangan Mata Uang
Seperti pada penyebaran klien broker FXCM pada gambar diatas, konsentrasi trader terbanyak adalah pada pasangan EUR/USD, sekitar 30%, Emas-US Dollar atau XAU/USD sekitar 15%, GBP/USD dan USD/CHF sekitar 10%. Pasangan mata uang utama lainnya adalah USD/JPY, AUD/USD, NZD/USD dan USD/CAD, antara 5 hingga 7%. Pasangan mata uang cross yang tidak melibatkan USD berada dibawah 5%.

Ketidak-seimbangan penyebaran tersebut disebabkan oleh banyaknya trader yang ikut arus dalam menentukan pasangan mata uang untuk trading tanpa memperhatikan peluang pasangan mata uang cross dilihat dari analisa fundamental maupun teknikal.


Keuntungan Pasangan Mata Uang Cross

Jika Anda melihat indeks kekuatan suatu mata uang (strength index) pada suatu saat seperti gambar di bawah (sumber: DailyFX), maka Anda bisa memilih untuk trading pada pasangan mata uang yang paling lemah versus yang paling kuat, tidak pada yang lemah versus lemah atau yang kuat versus kuat. Dan pasangan tersebut tidak harus pasangan mata uang utama.

                                                                           Keuntungan Trading Pada Pasangan Mata Uang
Kuat lemahnya suatu mata uang disebabkan oleh level permintaan dan penawarannya dibandingkan mata uang lainnya, dan hal ini sering kali dipengaruhi oleh kebijakan moneter atau suku bunga dari bank sentral negara mata uang tersebut. Seperti pada pasangan USD/JPY, JPY kembali menguat dari pelemahan bulan Oktober 2013 hingga Januari 2014, namun penguatan tersebut mentok di level 100.72 pada awal Pebruari 2014, dan tampak kembali melemah. Pada saat yang sama USD juga cenderung melemah.

Sementara belum ada faktor pendorong yang jelas untuk penguatan USD sejak awal Januari lalu, EUR dan GBP cenderung menguat. Bagi seorang swing trader yang cenderung mengikuti arah trend (trend following) untuk meraup keuntungan, akan lebih tertarik untuk masuk di pasangan EUR/JPY atau GBP/JPY daripada USD/JPY atau EUR/GBP, yaitu dengan mempertimbangkan mata uang yang kuat versus yang lemah. Berikut perbandingan perolehan pip antara USD/JPY versus EUR/JPY pada periode waktu yang sama ketika USD dan EUR sama-sama menguat terhadap JPY. Hal ini terjadi karena EUR pada saat itu memang sedang lebih kuat dari USD.

Keuntungan Trading Pada Pasangan Mata Uang

Contoh lain adalah pasangan mata uang AUD/CAD. Jika Anda lihat gambar penyebaran klien pada broker FXCM diatas, pasangan mata uang ini tidak tercantum atau persentasi yang trading pada pasangan ini dibawah 3%. Namun jika Anda cermati baik dari analisa fundamental maupun teknikal, pasangan mata uang ini cukup menarik untuk di-trading-kan. Dari segi fundamental, data tenaga kerja Australia sedang bagus dan Canada sedang mengecewakan, dan dari segi teknikal, level resistance angka psikologis kuat 1.0000 sedang akan ditembus.

                           Keuntungan Trading Pada Pasangan Mata Uang


Setelah level support psikologis 1.0000 ditembus (titik A) dan berubah jadi resistance, level ini rawan untuk ditembus kembali. Kemungkinan pergerakan uptrend cukup besar mengingat AUD sedang menguat terhadap USD dan CAD sedang melemah terhadap USD. Jika Anda punya posisi buy, exit target bisa pada level 1.0300 yang berimpit dengan level 100% Fibonaaci expansion.


Kesimpulan

Peluang dan perolehan profit trading pada pasangan mata uang cross bisa lebih besar dari pasangan mata uang utama jika Anda jeli melihat potensi masing-masing mata uang melalui analisa fundamental maupun teknikal. Untuk spread memang relatif lebih besar dari pasangan mata uang utama, tetapi apa artinya spread tinggi jika Anda memang yakin akan meraup profit?

Happy trading !

Martin Singgih memulai trading sejak 2006. Pernah menjadi scalper dan trader harian, tetapi sekarang cenderung beraktivitas sebagai trader jangka menengah-panjang dengan fokus pada faktor fundamental dan Money Management. Strategi trading yang digunakan berdasarkan sinyal dari Price Action dengan konfirmasi indikator teknikal.

Nurhadi Laksono
tapi kalau dari segi akses beritta dan analisa untuk cross pair kan lebih sulit? disini sudah jelas kita mesti cari2 informasi sendiri di sumber2 tertentu.
Martin S
@ Nurhadi Laksono:
Untuk cross pair yang populer sudah banyak yang memberikan analisanya, baik fundamental, teknikal maupun sentimen. Seperti misalnya untuk EUR/JPY, EUR/GBP, EUR/CHF dan GBP/JPY.
Dodik Sugiono Ms
Asyik nih gan, boleh juga trading cross pair kalau pengambilan pairnya seperti ini.
Masalahnya kita perlu tahu dulu ya sentimen pergerakan dari masing2 mata uang biar bisa trading di pair yang menarik.

Sebenarnya alasan cross pair jarang dipilih itu apa sih?
Dan kenapa EUR/USD dan GBP/USD jadi yang paling banyak ditradingin? Apa pergerakannya selalu menarik diikuti?
Apa cuman karena melibatkan USD?
Martin S
@ Dodik Sugiono Ms:
USD yang paling banyak ditradingkan karena memang hampir semua negara di dunia menggunakan USD sebagai mata uang cadangan devisanya, dan saat ini USD memang dianggap sebagai mata uang internasional sehingga peredarannya sangat likuid dan jumlah permintaan dan penawarannya juga lebih tinggi dibandingkan mata uang negara lainnya. Tidak semua cross pair jarang ditradingkan, ada cross pair yang populer dan likuid yaitu EUR/JPY dan EUR/GBP (terutama di Eropa).
Ken Taufik
@nurhadi: slama tradingnya masi melibatkan mata uang mayor, gampang aja kok nyari sumber beritanya. walau ndak sesering pair2 utama, tapi selalu ada update fundamental dari negara2 yg mata uangnya mayor.

yg jadi tantangan mungkin sama kyak yg dibilang sama @dodik. ngumpulin analisa2 fundamental dr masing2 mata uangnya. karna mungkin jarang juga ada berita ma analisa yg langsung bahas di cross pairnya. jadi disimpulin2 sendiri baru bisa...
Yahya Hermansyah
Kira-kira peluang nya sebesar apa? Apa nanti woth it kalau kena spread yang lebih lebar dari biasanya?
Kenapa spread di cross pair dan pair-pair yang cenderung jarang ditradingkan lebih lebar dari pair-pair utama?
Martin S
@ Yahya Hermansyah: Kalau Anda tidak scalpingan sebenarnya spread tidak masalah kecuali spread-nya besar sekali, yang penting prediksi arah pergerakannya. Spread di cross pair lebih besar karena kebanyakan cross pair lebih kurang likuid dibandingkan pair major. Tapi untuk cross pair yang cukup likuid spread-nya juga bersaing seperti EUR/JPY dan EUR/GBP.
Ken Taufik
@yahya: makanya itu bro dikalkulasi dulu sebelum yakin entry posisi, kira2 potensinya bisa nutupin biaya spread gag? kalo gwe bilang sepertinya ini lebih cocok buat trader yg udah ada pengalaman. karna analisanya juga lebih sulit dan yg pasti mesti bisa nyesuaiin sama pola pergerakan harga di cross pair. buat bener2 tahu bisa dicoba bandingin hasil trading di waktu yg bebarengan antara trading di cross pair sm pair mayor, apa kira2 profit di cross pair trading bisa nutupin biaya spread dan lebih besar dari trading di pair mayor atau gag? pastinya ada trader2 yg cocok dan yg gag, jadi dicoba dulu aja sapa tau bisa oke. ini saran trading yg lumayan kalo menurut gwe pribadi.
Kuntoro
Menarik..tapi masih terganjal spread yang segede gajah gtu. hehehehe
Fari Na
Lha kan tinggal sesuaiin stop loss ny aj kan..bro. Nah..kalo gak bisa, tinggal bikin aja strategi yang baru. Tugas kita sebagai trader kan mencari peluang yang minim risiko. Ini dah ada bantuan pake pengukur kekuatan pair.. harusnya lebih mudah lah.
Ling Ye
Gak mudah-mudah amat lah. Lagian biasanya kalo cross pair sedikit peminatnya. Jadi cenderung lama bergerak. Gak sabar nunggunya. Kalo aku sih masih fokus di major aja. Dah pasti dilihat banyak orang dan pasti bergerak lebih cepat. Sinyal yang muncul juga lebih sering.
Muse
Bukannya GJ itu pairnya cepat pergerakannya dalam sehari lebih dari 100 pip pergerakannya lo
Martin S
@ Kuntoro:
Spread sebenarnya tidak begitu jadi masalah kalau Anda trading jangka menengah panjang, kecuali kalau spread-nya sangat tinggi. Yang mempersoalkan spread biasanya yang trading dengan metode scalping.
Mira Mizdi
Jujur sih, kalo trading di pairs utama yang muter2 di USD soalnya temen2ku jg banyak yang di sana jg, jadi kan enak tuh bisa saling tukar informasi langsung. Kalo trading di mata uang macem EUR/JPY masih takut2 gimana gitu, ga ada temen buat diajak konsultasi, terus informasi juga terbatas, jadi takut pasang posisi gitulah
Jumadi
Bagaimana cara menentukan nilai straingh index suatu mata uang...apakah menggunakan indikator....mohon bantuan nya pak...artikel ini sangat menarik bagi saya...
Martin S
@ Jumadi:
Perhitungan tersebut yang membuat situs dailyfx.com sebagai nara sumber. Jika ingin tahu, silahkan menghubungi langsung penulis di nara sumber (dailyfx.com) tersebut disini.