Advertisement

iklan

Koin Meme Paling Potensial Di Tahun 2022

Penulis

+ -

Berinvestasi di koin meme bisa menjadi prospek menjanjikan. Sayangnya, pemula masih kebingungan memilih koin yang tepat. Yuk, simak koin meme terbaik untuk dibeli di tahun 2022 berikut.

iklan

iklan

Koin meme adalah salah satu peluang investasi terpanas industri cryptocurrency belakangan ini. Namun, harus diakui pula bahwa pendapat investor terbagi mengenai berapa lama tren koin meme akan bertahan.

koin meme terbaik

Berinvestasi dalam meme cryptocurrency pada tahun 2022 sudah tidak semudah tahun sebelumnya. Ini disebabkan adanya banyak hal untuk dipertimbangkan, seperti DeFi, game kripto, NFT, dan koin metaverse. Masing-masing memiliki kekuatan dan kelemahannya, namun hampir semuanya mengalami pertumbuhan signifikan selama 12 bulan terakhir.

Lantas, apa sajakah koin meme teratas yang bisa dibeli pada tahun 2022? Saat ini, dengan adanya ribuan cryptocurrency, mendapatkan koin meme terbaik menjadi sangat sulit terutama jika Anda baru mengenal dunia kripto.

Artikel ini akan berusaha memberikan beberapa koin meme teratas yang menjanjikan, yang bisa menjadi pertimbangan sebelum Anda memutuskan berinvestasi.

 

Apa Itu Koin Meme?

Sebelum membahas lebih jauh akan koin meme apa saja yang bisa dibeli tahun ini, mungkin banyak yang masih bertanya-tanya mengenai apakah sebenarnya koin meme itu.

Sederhananya, koin meme adalah token yang terinspirasi oleh meme internet. Koin meme ialah salah satu fenomena paling aneh di pasar cryptocurrency. Tren ini dimulai dengan Dogecoin yang awalnya merupakan lelucon.

Dogecoin dibuat oleh insinyur perangkat lunak Billy Markus dan Jackson Palmer sebagai cara untuk menyindir spekulasi liar yang mengelilingi pasar cryptocurrency di tahun 2013 silam.

Namun, meskipun diciptakan untuk mengolok-olok para pemain besar, Dogecoin tumbuh menjadi nama besar di industri ini, hingga berhasil masuk ke dalam kategori sepuluh token teratas dalam hal kapitalisasi pasar.

Selain Dogecoin, berbagai koin meme lain sudah masuk ke pasar, termasuk Shiba Inu dan Safemoon yang heboh diperbincangkan tahun lalu. Saat artikel ini ditulis, ada lebih dari 250 koin meme rilis di pasaran.

 

Koin Meme Tahun 2021

Meskipun telah diluncurkan sejak 2013, koin meme baru menarik perhatian masyarakat ketika harga Dogecoin melonjak hingga 800% dalam waktu kurang dari 24 jam pada Januari 2021 silam. Setelahnya, permintaan koin meme tiba-tiba meningkat dan proyek-proyek alternatif ini dipandang sebagai aset investasi menjanjikan.

Nah, apa sih yang menyebabkan kenaikan tiba-tiba ini?

Mungkin Anda masih ingat tentang gegernya Wall Street akibat saham GameStop. Pada saat itu, sekitar awal 2021,  saham perusahaan penyedia game, GameStop mengalami penurunan. Akhirnya, para penggemar perusahaan tersebut berkumpul di komunitas subreddit WallStreetBeats dan mengorganisir kampanye pembelian, yang dengan cepat membuat harga saham Gamestop meroket.

Tidak lama setelahnya, hal yang sama terjadi pada Dogecoin, ketika pengguna Reddit mencoba menaikkan harga Dogecoin. Kampanye pembelian Dogecoin dibantu oleh beberapa tweet dan komentar publik dari pemilik Tesla, Elon Musk, yang ikut serta mempromosikan Dogecoin. Hal ini tak pelak memicu kegilaan pembelian DOGE.

 

Berinvestasi Dalam Koin Meme

Investor sudah pasti harus waspada terhadap koin meme. Mereka digambarkan sebagai motodede jangka pendek yang didorong sepenuhnya oleh popularitas, tanpa nilai asli atau contoh penggunaannya di dunia nyata. Mereka juga terkenal akan volatilitasnya yang tinggi.

Penting juga untuk menunjukkan bahwa terlepas dari asal-usulnya yang sederhana, banyak dari koin meme didasarkan pada teknis fundamental yang kuat. Dogecoin misalnya, didasarkan pada cetak biru Litecoin.

Namun, penting juga untuk dicatat bahwa hype seputar koin meme baru benar-benar signifikan sejak tahun 2021. Pada tahap ini, ia masih menjadi 'tren'. Karena itu, penting bagi investor untuk mempertimbangkan keuntungan dan prospek dari setiap proyek, daripada hanya sekedar mengikuti popularitas mereka saat ini.

Branding adalah segalanya dalam hal koin meme. Jika kita mempertimbangkan meme itu sendiri, meskipun ada ribuan bahkan mungkin jutaan yang beredar online, namun hanya sedikit dari mereka yang berlisensi. Hal yang sama juga berlaku untuk token meme. Agar berhasil, mereka harus mencapai target audiens dan membina komunitas penggemarnya.

Sampai batas tertentu, calon investor dapat dengan mudah menggunakan penilaian mereka. Jika koin meme terlihat memiliki branding yang bagus dan potensi daya tarik yang luas, maka ini saja bisa membuatnya layak untuk dipertimbangkan. Pada akhirnya, hanya ada ruang bagi segelintir koin meme untuk mencapai tingkat ketenaran yang sama dengan yang dimiliki Dogecoin.

Baca Juga: Penjelasan Tentang Investasi Cryptocurrency (Mata Uang Kripto)

 

Di mana Tempat Membeli Koin Meme?

Jika Anda ingin membeli koin meme, Anda harus mencari broker atau exchange yang dapat memberi Anda akses ke pasar cryptocurrency, serta dompet kripto untuk menyimpan token Anda. Karena token dibuat di platform yang berbeda, Anda mungkin memerlukan lebih dari satu dompet. Demikian pula, koin meme yang kurang dikenal sering kali tidak terdaftar di exchange kecil, sehingga Anda mungkin perlu membuka lebih dari satu akun trading.

Baca Juga: Situs Jual Beli Bitcoin Terpopuler Di Indonesia

 

Koin Meme Terbaik untuk Dibeli di 2022

Memilih koin meme terbaik untuk dibeli sedikit berbeda dari memilih token mainstream, karena kita harus mempertimbangkan tidak hanya rincian teknis suatu proyek tetapi juga popularitasnya dan kemungkinan harga akan berjalan dalam waktu dekat.

Namun tentu saja, meskipun tidak ada jaminan, tetapi berikut ini penulis pilihkan beberapa koin meme teratas untuk dibeli di tahun 2022.

 

1. Dogecoin

Dogecoin adalah koin meme asli dan masih menerima manfaat akibat hubungannya dengan Elon Musk. Di masa lalu, Musk telah memposting tweet dan menyatakan ketertarikannya pada HODL Dogecoin.

Dia juga telah berjanji untuk meluncurkan satelit yang didanai sepenuhnya oleh Dogecoin, menjadikannya "crypto pertama di luar angkasa." Nilai Dogecoin juga melonjak 10% ketika ada pengumuman bahwa Musk telah mengakuisisi saham Twitter baru-baru ini.

dogecoin

Dogecoin masih memiliki pengikut online terbesar dari token kripto meme populer lainnya, dan jika terus mendukung Musk, maka ada kemungkinan kita dapat melihat peningkatan Dogecoin besar lainnya di masa depan. Jika Anda baru mengenal koin meme dan ingin masuk dalam dunia tersebut, maka Dogecoin bisa dibilang adalah koin meme terbaik untuk dibeli.

 

2. Shiba Inu

Shiba Inu masuk dalam jajaran koin meme terbaik untuk jangka panjang. Ia juga dianggap sebagai salah satu crypto yang paling undervalued pada tahun 2022.

shiba inu

Shiba Inu muncul pada tahun 2020 dan mengaku sebagai Pembunuh Dogecoin. Menggunakan jenis anjing Jepang sebagai ikonnya, Shiba Inu tidak berusaha menyembunyikan kredensial koin meme dan selalu menjadi proyek berbasis komunitas. Memang, Shiba Inu tidak berhasil menggulingkan Dogecoin, tetapi ia memiliki pergerakan harga yang cukup mengesankan pada tahun 2021, ketika nilainya melonjak lebih dari 21.000%.

Pergerakan harga yang signifikan seperti itu telah membuat keajaiban bagi profil Shiba Inu. Saat ini ia menjadi salah satu koin meme paling terkenal dan terkemuka di seluruh dunia. Shiba Inu juga telah membuat beberapa perkembangan yang mengesankan, seperti meluncurkan DEX miliknya sendiri, serta protokol staking tambahan untuk memungkinkan pemegang SHIB mendapatkan lebih banyak crypto.

Menurut situs webnya, proyek Shiba Inu akan segera memasuki Metaverse, dengan platform real estate virtual Shiba Lands. Hal ini menjadikannya sebagai salah satu koin meme terbaik untuk dibeli tahun ini.

Maka, jika Anda ingin berinvestasi dalam cryptocurrency dan mencari koin meme yang paling menjanjikan, kami merekomendasikan SHIB.

 

3. Safemoon

Safemoon adalah mata uang kripto meme lainnya yang relatif baru karena baru muncul pada Maret 2021. Harga token SAFEMOON terlihat memiliki beberapa pergerakan yang cukup mengesankan sejak awal, melonjak puluhan ribu poin persentase di bulan Mei pada tahun 2021.

safemoon

Lantas, apa yang menyebabkan Safemoon menjadi salah satu koin meme teratas? Bisa dibilang fitur yang paling menonjol adalah fakta bahwa Safemoon membebankan biaya untuk menjual token. Setiap kali seseorang melepas token Safemoon, mereka membayar biaya 10%.

Setengah dari biaya ini kemudian didistribusikan kembali di antara pemegang token yang tersisa, sementara setengah lainnya ditambahkan ke dalam kumpulan likuiditas untuk memastikan selalu ada pasokan bagi pembeli potensial. Idenya adalah bahwa biaya akan mencegah pump-and-dump, dan secara teori dapat membawa stabilitas bagi Safemoon,yang tentu saja akan membuatnya lebih menonjol jika dibandingkan koin meme lainnya.

 

4. Akita Inu

Akita Inu adalah koin meme terbaik lainnya, yang dinamai berdasarkan jenis anjing Jepang. Ia menyebut dirinya sebagai 'adik' dari Dogecoin dan Shiba Inu, meski Akita Inu sebenarnya adalah anjing yang lebih besar dari Shiba.

akita inu

Sejak awal, Akita Inu telah berfokus pada komunitas. Menurut situs webnya, pengembang di belakang Akita Inu ingin membangun komunitas terlebih dahulu, kemudian bekerja untuk mengubah koin meme mereka menjadi cryptocurrency yang lengkap guna "berbagai kasus penggunaan".

Token meme dibangun di atas ekosistem Ethereum dan memiliki banyak kesamaan dengan Shiba Inu. Namun, Akita Network sudah mengumumkan bahwa mereka telah menjembatani ke Avalanche dan sekarang menawarkan interoperabilitas lintas-rantai.

 

5. Samoyed Coin

Diluncurkan kembali pada April 2021, Samoyed Coin adalah koin meme yang dibangun di atas blockchain Solana. Token meme dibuat oleh co-creator Solana Anatoly Yakovenko dan pemilik pertukaran crypto FTX, Sam Bankman-Fried.

Koin meme terkemuka, yang juga kebetulan dinamai berdasarkan jenis anjing lain (kali ini dari Siberia), didirikan dengan tujuan tunggal untuk membina komunitas online yang akan membantu Solana menarik massa.

samoyed coin

SAMO disebut-sebut memiliki tokenomik superior dan transparansi lebih dari koin anjing terkemuka lainnya. Pengembang di balik token juga mengklaim bahwa ia dapat menawarkan transaksi yang lebih cepat dan lebih murah daripada rekan-rekannya yang berbasis di Ethereum.

Samoyed Coin secara efektif dirancang untuk menjadi alat pemasaran yang akan membantu pengguna baru dan meningkatkan penyerapan blockchain Solana. Tampaknya cukup berhasil sejauh ini, dan SAMO sekarang berhasil duduk di antara lima token meme teratas dalam hal kapitalisasi pasar.

 

6. Monacoin

Monacoin adalah salah satu koin meme yang lebih tua di luar sana, karena berasal dari tahun 2013 (tahun yang sama ketika Dogecoin diluncurkan) dan menggunakan kucing sebagai maskotnya. Token ini diluncurkan di Jepang dan memperoleh pengikut yang cukup besar akibat adanya kampanye iklan televisi.

monacoin

Sebagai token yang lebih tua, koin meme Monacoin sangat mirip dengan Dogecoin karena merupakan sistem pertukaran nilai yang cukup sederhana yang menggunakan mekanisme konsensus bukti kerja. Dan, sama halnya dengan Dogecoin, Monacoin telah mengukir tanda bagi dirinya sendiri sebagai cryptocurrency pilihan untuk tip online.

Sekali lagi, proyek krypto ini berfokus pada pembangunan komunitas. Meskipun ia merupakan token paling populer di negara Jepang, Monacoin kini mulai mendapat lebih banyak perhatian di seluruh dunia.

Baca Juga: Apa Itu Tokenisasi Dalam Dunia Kripto?

 

7. Dogelon Mars

Cukup mudah untuk mengetahui asosiasi Dogelon Mars dari namanya. Secara terbuka, proyek ini didirikan untuk mengikuti perkembangan Dogecoin dan dukungan yang diterimanya dari Elon Musk. Situs webnya menampilkan ajakan sebagai berikut: "Saya Dogelon. Dogelon Mars. Bergabunglah dengan saya dan bersama-sama kita akan mencapai bintang-bintang."

Sekali lagi, ajakan tersebut menjelaskan banyak hal terkait tujuan proyek.

dogelon mars

Apa yang membuat Dogelon Mars (ELON) menonjol adalah bahwa ia berusaha menjadi berbeda. Dogs of Elon telah membangun proyeknya di sekitar karakter kartun dan bahkan memiliki strip komik sendiri. Dogelon Mars bertujuan membangun komunitas untuk meniru kesuksesan Dogecoin, sangat jelas dan sederhana. Dogelon Mars telah masuk dalam daftar ini karena memiliki merek unik yang menarik bagi kelompok crypto online yang lebih muda.

 

8. Dogedash

Dogedash menghadirkan sesuatu yang sedikit berbeda. Meskipun telah memposisikan dirinya dengan baik dalam tren koin meme teratas, Dogedash sebenarnya adalah game play-to-earn yang memungkinkan penggunanya mendapatkan cryptocurrency DOGEDASH.

Ia didirikan oleh direktur kreatif yang turut masuk nominasi Grammy, Paul Caslin, bersama dengan tim di belakangnya yang terdiri atas beberapa nama top di dunia game dan kripto.

dogedash

Permainannya sendiri cukup sederhana. Ini melibatkan seekor anjing kartun yang berlari di sepanjang layar dan pengguna harus membantunya mengatasi rintangan dan mengumpulkan power-up saat permainan berlangsung.

Format permainan ini telah terbukti sangat sukses selama bertahun-tahun, dan DogeDash tampaknya berharap untuk menguangkan tren koin meme bersama dengan selera orang demi sebuah nostalgia. Mengingat bahwa game play-to-earn telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir, penulis pikir DOGEDASH pasti bisa menjadi koin meme yang perlu dicermati dalam waktu dekat.

 

9. Dogs of Elon

Koin meme lain yang membangkitkan Elon Musk dengan namanya, Dogs of Elon, sebenarnya adalah proyek yang cukup unik di dunia koin meme. Dogs of Elon bertujuan untuk menjadi saingan platform NFT CryptoPunks, dengan menyediakan sendiri koleksi berjumlah lebih dari 10.000 NFT untuk dijual di pasar OpenSea.

Dogs of Elon juga menampilkan permainan play-to-earn gaya 8-bit yang unik. Menurut situs webnya, Dogs of Elon berusaha untuk "menyatukan semua komunitas meme".

dogs of elon

Jadi mengapa Dogs of Elon juga termasuk dalam daftar ini? Penyebabnya ialah bahwa proyek ini memiliki beberapa perkembangan, termasuk peluncuran Dex miliknya sendiri yang akan memungkinkan pemegang DOE untuk mempertaruhkan token mereka.

Platform ini juga bertujuan untuk meluncurkan pasar NFT–nya sendiri, dan telah menggoda dengan banyak pembaruan menjanjikan lainnya. Kami pikir pembaruan ini dapat menghadirkan banyak hal untuk meningkatkan profil Dogs of Elon, dan juga dapat menaikkan harga token DOE-nya.

 

10. Hoge Finance

Hoge Finance diluncurkan pada tahun 2021 dan pada dasarnya adalah platform auto–staking DeFi yang dibangun di atas Ethereum pada blockchain.

Di permukaan, ia terlihat mirip dengan sebagian besar token meme lainnya, dengan branding yang mudah diidentifikasi, serta koleksi NFT–nya sendiri. Tentu saja, fitur-fitur ini penting untuk proyek apa pun yang ingin membangun komunitas yang kuat.

hofe finance

Apa yang membuat Hoge Finance menonjol dari token lain dalam daftar ini? Penyebabnya tentu saja karena tokenomics-nya, yang secara efektif memberi penghargaan kepada orang-orang yang memegang HOGE. Pertama, Hoge Finance memiliki jumlah total pasokan 1 triliun HOGE. Ini berarti bahwa HOGE juga merupakan mata uang deflasi yang akan semakin langka seiring berjalannya waktu.

Platform ini juga memungut pajak 2% untuk semua transaksi. Dari jumlah itu, 1% dibakar dan 1% lainnya dibagikan kepada para pemegang HOGE.

 

Kesimpulan

Tidak dapat disangkal, berinvestasi dalam token meme adalah bisnis yang berisiko. Tetapi banyak dari proyek di atas patut dibanggakan, sama halnya seperti banyak cryptocurrency top lainnya dan banyak dari mereka dengan cepat dapat membangun pengikut setia secara online, yang tentunya merupakan pertanda baik dalam hal koin meme.

Secara realistis, pasar cryptocurrency adalah tentang momentum. Jika cryptocurrency dapat menghasilkan buzz yang cukup dan mempertahankan profilnya, maka ada kemungkinan ia dapat menawarkan pengembalian bagi investor. Dogecoin adalah bukti nyata akan hal ini.

Baca Juga: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pasar Cryptocurrency Saat Ini

Namun, menaikkan harga koin meme tidaklah mudah. Komunitas yang mendukung Dogecoin dan Shiba Inu telah menunjukkan kemampuan mereka untuk mendorong harga. Dukungan selebriti juga tampaknya memiliki pengaruh yang jauh lebih besar pada harga koin meme daripada pada token yang lebih umum.

Sekali lagi, sangat sulit untuk memprediksi siapa dan kapan seorang tokoh besar (seperti Elon Musk) akan mengeluarkan komentar sehingga menaikkan harga koin setinggi langit. Namun bisa saja yang terjadi adalah bahwa publisitas atau kritik negatif justru akan menurunkan harganya.

 

Jika di tahun 2021 industri kripto dihebohkan dengan fenomena koin meme, maka tahun awal tahun ini diramaikan dengan kemunculan NFT, yang diperjualbelikan menggunakan koin ETH. Belakangan ini, muncul alternatif transaksi NFT yang lebih murah menggunakan Polygon (MATIC). Baca selengkapnya di artikel berikut.

297695
Penulis

Memiliki latar belakang sarjana Ilmu Hubungan Internasional, namun kemudian masuk ke dalam bidang jurnalistik sejak 2017. Pernah bekerja sebagai jurnalis di desk humaniora, olahraga, dan ekonomi pada salah satu surat kabar nasional. Saat ini tengah menyelesaikan pendidikan magister di Universitas Indonesia sembari bekerja sebagai freelancer penulis berita, artikel, maupun konten. Mulai tertarik dan mendalami dunia trading dan investasi sejak 2021.