Punya pertanyaan tentang forex?
Silahkan kirimkan pertanyaan Anda disini, tim kami akan berusaha memberikan jawaban yang terbaik.


Kirim Pertanyaan Baru

Advertisement

iklan

Advertisement

iklan

Setting Indikator BB Dan RSI

Indikator

28 Sep 2017
Gimana cara menyeting priede idiktr bollinger bansd dan RSI ketika pasar sedang sideways dan waktu chartnya brapa 5m ,10m atau brapa ya . Trs untuk membedakan periode 20,14 dll di garis BB gimana ya ..
01 Okt 2017

@ Yudi:

- Gimana cara menyeting periode indikator Bollinger Bands dan RSI ketika pasar sedang sideways

Jawaban:
1. Bollinger Bands:
Trader yang berpengalaman menganjurkan untuk tidak menggunakan indikator Bollinger Bands pada kondisi sideways karena dianggap kurang akurat. Tetapi kalau ingin digunakan juga, maka perhatikan ketika harga berada pada area overbought (menyentuh level resistance) atau pada area oversold (menyentuh level support).

Setting untuk parameternya adalah default, yaitu periode sma = 20, deviasi = 2 dan shift= 0.



Ketika harga di area overbought: untuk entry sell tunggu hingga harga turun dan menembus kurva middle band, pastikan penutupan harga dibawah kurva middle band sebelum entry sell.

Ketika harga di area oversold: untuk entry buy tunggu hingga harga naik dan menembus kurva middle band, pastikan penutupan harga diatas kurva middle band sebelum entry buy.

Baca juga:
Menggunakan Indikator Bollinger Bands
Strategi Trading Dengan Kurva Middle Bollinger Band

2. RSI:
Untuk setting periode RSI tergantung dari time frame trading yang digunakan. Semakin kecil setting periode akan semakin sering dihasilkan sinyal trading. Jadi untuk trader dengan tf rendah sebaiknya menggunakan periode yang lebih kecil dari default-nya (14).

Trader harian dengan time frame 1 jam kebawah biasanya menggunakan RSI periode 9, scalper dengan tf 30 menit kebawah menggunakan periode 7, sementara untuk tf 1 jam, 4 jam, daily dan weekly menggunakan periode 14.
Baca juga:
3 Tip Trading Dengan Indikator RSI

- …. dan waktu chartnya brapa 5m ,10m atau brapa ya

Jawaban:
Itu tergantung dari type kepribadian Anda ketika trading. Baca: Termasuk Tipe Trader Yang Manakah Anda?

Jadi sepenuhnya tergantung dari kenyamanan ketika Anda trading. Jika Anda lebih nyaman trading dengan time frame rendah maka tidak harus merubah style trading ke time frame tinggi.

Jika Anda scalper biasanya menggunakan time frame rendah hingga sangat rendah (H1, M30, M15, M5 dan M1), day trader (trader harian) biasanya menggunakan time frame rendah hingga medium (H1, H4), dan swinger biasanya menggunakan time frame medium hingga tinggi (H4, Daily)

Tidak ada time frame berapa yang paling baik. Selama Anda merasa nyaman (bisa profitable) pada time frame tertentu maka tidak perlu ganti time frame.

Yang penting Anda ketahui adalah bahwa semakin rendah time frame akan semakin banyak noise, biasanya pada time frame H1 kebawah (M30 dst). Baca: Pengaruh Time Frame Pada Hasil Trading
Tetapi profitable atau tidaknya tergantung dari sistem trading yang Anda gunakan, dan yang telah di-backtest atau di-forward test. Sistem trading terdiri dari metode entry dan exit, strategi entry dan money management.

- … Trs untuk membedakan periode 20,14 dll di garis BB gimana ya ..

Jawaban:
Pada middle band-nya. Middle bands itu default-nya adalah sma periode 20, sementara upper band dan lower band itu deviasinya.

02 Okt 2017
Malam master ..
Kalau pasar lagi sindeways biar lebih akurat pakai indikator apa ya , soal susah banget menganalisa chartnya .. 
04 Okt 2017

@ Yudi:

Untuk time frame H1, H4 dan daily trader biasanya menggunakan indikator exponential moving average (ema) 55 dan stochastic (14,3,3). Untuk time frame dibawah H1 (M30, M15, dst) bisa digunakan ema 21 dan stochastic (5,3,3).

Berikut contohnya pada GBP/USD H1 dan USD/JPY H1:





Cara trading:
- Tentukan dulu level resistance dan support-nya
- Entry sell jika indikator stochastic berada pada area overbought, dan atau kurva %K memotong kurva %D dari arah atas, dan harga sudah menyentuh level resistance atau menembus kurva ema 55 dari arah atas.
- Entry buy jika indikator stochastic berada pada area oversold, dan atau kurva %K memotong kurva %D dari arah bawah, dan harga sudah menyentuh level support atau menembus kurva ema 55 dari arah bawah.

- Perhatikan juga price action yang terbentuk untuk konfirmasi entry (misalnya terbentuk pin bar dsb).
- Jika kondisi masih sideways maka indikator ema masih cenderung datar, tetapi jika trend sudah mulai menguat indikator ema biasanya akan bergerak keatas atau kebawah (tergantung dari arah trend) dengan sudut kemiringan yang semakin besar.

Selamat mencoba.

Pertanyaan-Pertanyaan Kategori Indikator

Pertanyaan Penanya Balasan Dilihat Aktivitas
Indikator Untuk Membantu Memilih Waktu Martingale? Agung 7 2042 17 Feb 2016
Indikator News Mt4? Karina A 7 1610 16 Mei 2018
Lebih akurat mana setting close-close atau high-low pada Stoch... Gatoot 6 14575 12 Okt 2016
Cara setting indikator Bollinger Bands? Sunoko 6 7707 01 Jan 2017
Indikator MT4 di Android? Newbie 6 3185 30 Des 2016
mengenai Indikator ter compile? Johny Santiago 6 113 20 Jun 2019